Sukses

Ribuan Sampah Ini Disulap Jadi Hutan Plastik, 7 Potretnya Keren

Seniman ini mengumpulkan banyak sampah dan disulap jadi hutan plastik yang keren.

Liputan6.com, Jakarta Sampah kerap menjdi masalah lingkungan yang sulit ditangani. Terlebih sampah plastik yang kian hari jumlahnya semakin membludak. Selain merusak pemandangan, sampah plastik juga dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kelangsungan hidup berbagai satwa.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan daur ulang. Sampah plastik dapat diolah kembali menjadi barang yang berguna, sehingga lebih bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, di tangan orang-orang kreatif, sampah plastik dapat disulap menjadi kerajinan dan karya seni yang unik.

Seperti yang dilakukan oleh Thomas Dambo, seorang seniman asal Denmark. Menyadari akan masalah sampah terhadap bumi ini, ia berusaha memanfaatkan tumpukan sampah plastik untuk menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Bersama para relawan yang terdiri dari siswa sekolah, anak panti asuhan, penghuni panti jompo, dan sukarelawan lainnya, ia mengubah 3 ton sampah plastik menjadi sebuah hutan plastik yang indah dan menakjubkan di Meksiko.

Hutan plastik warna-warni tersebut memiliki luas 500m2 yang dipenuhi ribuan replika bunga, pohon, dan hewan. Seniman dan para relawan tersebut membutuhkan waktu 8 minggu untuk mengumpulkan sampah dan membangun hutan, yang sekarang dipajang di kebun raya Chapultepec itu. Hutan plastik tersebut diberi nama The Future Forest.

Hutan plastik yang indah ini dapat dikunjungi selama beberapa bulan ke depan. Sang seniman berharap karya seni tersebut dapat menginspirasi, mengajarkan dan menunjukkan bahwa sampah plastik dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang indah. Berikut beberapa potret keren dari hutan plastik yang dibangun Thomas Dambo bersama para relawan, dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Selasa (26/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ribuan sampah di Meksiko ini disulap jadi hutan plastik yang keren.

3 dari 7 halaman

2. Menyadari akan masalah sampah yang menumpuk, seniman Thomas Dambo mengubahnya jadi karya seni unik.

4 dari 7 halaman

3. Hutan plastik warna-warni tersebut tampak dipenuhi ribuan replika bunga, pohon, dan hewan.

5 dari 7 halaman

4. Sang seniman berharap karya seni tersebut dapat menginspirasi, mengajarkan dan menunjukkan bahwa sampah plastik dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang indah

6 dari 7 halaman

5. Seniman dan para relawan tersebut membutuhkan waktu 8 minggu untuk mengumpulkan sampah dan membangun hutan.

7 dari 7 halaman

6. Hutan plastik yang keren ini pun diberi nama The Future Forest.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.