Sukses

AFK Adalah Away From Keyboard, Pahami Definisi dan Penyebabnya

AFK adalah pemain meninggalkan permainan sementara atau hingga game berakhir.

Liputan6.com, Jakarta AFK adalah away from keyboard yang artinya meninggalkan ke keyboard. Istilah AFK ini dahulu digunakan digunakan saat chattingan dengan orang lain di internet. Sekarang istilah AFK populer pada game online, seperti Mobile Legends, dan game-game lainnya.

Istilah AFK adalah tergolong dalam bahasa gaul anak muda sekarang yang memiliki arti  orang atau pemain tersebut telah meninggalkan permainan. Dengan berbagai alasan apapun tiba-tiba pemain meninggalkan permainan ditengah-tengah putaran permainan.

Secara luas dalam game online, istilah AFK adalah pemain meninggalkan permainan sementara atau hingga game berakhir. Hal ini dianggap dapat melemahkan kekuatan tim dalam bermain di game online.

Berikut ini penjelasan mengenai definisi dan penyebab AFK pada game online yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Definisi AFK

Saat bermain game online pasti kita kerap mendengar istilah AFK. Biasanya kita mengucap AFK pada teman se-tim atau teman bermain yang keluar dari game secara tiba-tiba dan tanpa sebab. Pemain yang dilabeli AFK adalah pemain yang diam saja selama game berlangsung dan tidak bergerak padahal rekan satu timnya sedang berjuang untuk memenangkan pertarungan.

Pada mulanya istilah ini disematkan kepada pemain game khususnya mereka yang memainkan game multiplayer di PC. Istilah ini sudah dipakai jauh hari sebelum game mobile sangat populer seperti sekarang. Lalu semenjak game mobile multiplayer populer, istilah AFK kerap terucap ketika bermain game online dengan menggunakan ponsel. AFK adalah singkatan dari "Away From Keyboard". Istilah AFK dipakai untuk menunjukkan bahwa seorang pemain sedang menjauh dari perangkat keras atau komputernya.

Gamers yang melakukan AFK biasanya sedang tidak standby di komputernya padahal mereka tengah berada dalam match. Singkatnya, pemain AFK ini seakan tidak menyentuh keyboard dan diam saja saat game berlangsung.

Namun seiring waktu, istilah AFK ini banyak juga digunakan oleh para gamer multiplayer online di ponsel. Istilah AFK terbawa oleh para gamers yang kerap mengucapkannya pada device yang berbeda. Meskipun sebenarnya para gamer mobile atau ponsel tidak menggunakan keyboard seperti di PC tapi istilah ini masih dirasa relevan untuk menggambarkan situasi seorang pemain yang diam saja atau tiba-tiba keluar dari game yang sedang berlangsung.

3 dari 3 halaman

Penyebab Terjadinya AFK

Berikut ini ada beberapa penyebab seorang pemain dapat dikatakan AFK adalah:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab AFK yang pertama adalah karena koneksi internet tidak stabil. Masalah ini kerap ditemui oleh pemain yang sedang AFK. Hal tersebut bisa saja terjadi karena dalam game online koneksi internet digunakan agar tetap terhubung dalam sebuah permainan. Kalau sambungan internet tidak stabil atau bahkan terputus bisa saja menyebabkan Anda tidak bisa bermain ketika bertanding sehingga menyebabkan AFK. Beberapa penyebab internet tidak stabil adalah wifi bermasalah, kuota habis atau ada panggilan masuk.

2. Perangkat Mati

Penyebab lainnya yang bisa ditemukan saat pemain AFK adalah perangkat yang digunakan untuk bermain mati. Perangkat apa pun yang digunakan baik PC ataupun ponsel jika mati maka akan mengakibatkan AFK. Biasanya masalah tersebut terjadi karena perangkat rusak atau ponsel kehabisan daya batre. Maka secara otomatis pemain akan diam atau bahkan keluar dari permainan yang sedang berlangsung.

3. Ada Keperluan Lain

Penyebab lainnya dari AFK adalah ada keperluan lain. Hal-hal mendesak juga bisa menjadi salah satu faktor seseorang untuk AFK. Hal seperti telepon masuk, hendak membeli sesuatu atau bahkan ingin ke toilet bisa saja menjadi faktor seorang gamer AFK. Tentunya hal-hal mendesak seperti tadi tidak pernah direncanakan sebelumnya ketika sebelum bermain. Beberapa hal yang terjadi dan terlihat langsung maka tentunya akan lebih di prioritasnya ketimbang main game. Sebenarnya sah saja namun rekan satu tim Anda akan menerima dampaknya. Bisa saja mereka kekurangan pemain lalu kalah saat bertanding di momen krusial.

4. Kesal dengan Pertandingan

Kemungkinan lain yang bisa saja terjadi adalah pemain melakukan AFK dengan sengaja karena kesal dengan pertandingan. Beberapa hal bisa saja menjadi alasan seperti tim yang tidak solid dan merasa putus asa dengan jalannya pertandingan. Wajar saja memang karena ketika Anda bisa mengimbangi permainan musuh tapi pemain di tim Anda tidak ada yang bisa membantu ketika pertandingan. Selain itu, teman tim yang tidak komunikatif, tidak memiliki skill bisa jadi membuat pemain AFK. Sebab bila dilanjutkan pun hasilnya akan tetap kalah.

5. Ketiduran

Penyebab lainnya dari AFK adalah ketiduran. Sedikit aneh memang, tapi bisa saja terjadi ketika permainan sedang berlangsung. Biasanya kerap kita temui saat karakter yang dimainkan sedang mati dan player menunggu respon untuk kembali hidup. Pemain yang lelah dan tak bisa menahan kantuknya bisa saja tiba-tiba tertidur dalam hitungan detik. Jika pemain sudah mencapai fase ini maka isyarat bahwa harus melakukan istirahat yang cukup. Jangan sampai mengorbankan kesehatan demi meraih kemenangan dalam sebuah game online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.