Sukses

10 Manfaat Tepung Beras untuk Wajah dan Cara Membuat Masker, Mudah Dipraktikkan

Tepung beras mampu mengatasi masalah jerawat dan membuat wajah tampak flawless.

Liputan6.com, Jakarta Tepung beras merupakan jenis tepung yang terbuat dari biji gandum yang dihaluskan. Meski kerap dijadikan sebagai bahan membuat makanan, ternyata ada segudang manfaat tepung beras untuk wajah yang bisa diandalkan.

Tepung beras mampu mengatasi masalah jerawat dan membuat wajah tampak flawless atau menonjolkan kecantikan secara alami. Terdapat pula kandungan inositol, allantoin, dan senyawa vitamin B kompleks yang menjadikan manfaat tepung beras untuk wajah ampuh melawan tanda penuaan.

Manfaat tepung beras untuk wajah tersebut bisa didapatkan dengan membuatnya menjadi masker wajah. Kombinasikan tepung beras dengan putih telur, minyak zaitun, madu, kayu manis, kunyit, lidah buaya, dan masih banyak lagi yang bisa dicoba.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat tepung beras untuk wajah dan cara membuat maskernya dari berbagai sumber, Jumat (29/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah dan Cara Membuatnya

1. Efektif Mengatasi Jerawat

Manfaat tepung beras untuk wajah sangat efektif untuk mengurangi jerawat. Sifat antiseptik yang dimiliki tepung beraslah yang menjadikan manfaat tepung beras untuk wajah patut diandalkan. Antiseptik dalam tepung beras efektif melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain sifat antiseptik, manfaat tepung beras untuk wajah juga berasal dari kandungan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat baik. Allantoin dalam tepung beras dapat membantu perbaikan dari tekstur kulit bagi pemiliki wajah berjerawat, wajib dicoba!

Untuk mendapatkan manfaat tepung beras untuk wajah ini, cara membuat maskernya mudah banget. Siapkan 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya. Semua bahan tesebut dicampur rata hingga membentuk pasta halus. Aplikasikan secara lembut, diamkan selama 5 menit, dan bilas.

2. Melindungi dari Sinar UV

Mampu melindungi dari paparan sinar UV merupakan manfaat tepung beras untuk wajah yang tak boleh disepelekan. Tepung beras dapat memainkan peran sebagai tabir surya atau sun screen. Manfaat tepung beras untuk wajah ini berasal dari konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid.

Agar bisa mendapatkan manfaat tepung beras untuk wajah, cara membuat maskernya mudah banget. Campurkan menggunakan susu dingin hingga membentuk pasta kental. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke wajah. Diamkan 15 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

3. Mencerahkan Wajah Secara Alami

Memiliki kulit wajah yang cerah bisa didapat dengan manfaat tepung beras untuk wajah. Tepung beras mengandung asam amino dan vitamin yang dapat meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Terdapat pula kandungan tirosinase yang ampuh mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit wajah.

Agar bisa mendapatkan manfaat tepung beras untuk wajah ini, cara membuat maskernya cukup mencampur 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, serta 4 sdm air jeruk nipis. Aduk sampai jadi adonan pasta yang halus. Bersihkan wajah terlebih dahulu, aplikasikan ramuan ke kulit wajah dan diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas.

4. Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

Tepung beras memiliki tekstur yang sedikit kasar, inilah asal muasal manfaat tepung beras untuk wajah yang ampuh mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu, manfaat tepung beras untuk wajah juga dapat berperan menyerap seluruh sebum pada kulit, dan membuat kulit lebih bersih.

Agar bisa merasakan manfaat tepung beras untuk wajah ini, cara membuatnya mudah banget. Campur bubuk tepung beras, bubuk cokelat, gula, dan madu ke dalam mangkuk hingga kental seperti lulur. Efek yang diberikan tergantung intensitas dan kondisi kulit itu sendiri dalam merespon bahan alami ini.

5. Melawan Tanda Penuaan

Manfaat tepung beras untuk wajah dapat diandalkan untuk melawan tanda-tanda penuaan di usia muda. Tepung beras memiliki ferulic acid, sejenis anti-oksidan yang dapat membantu mengencangkan kulit, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap.

Tepung beras sangat kaya akan vitamin B, ini yang menjadikan manfaat tepung beras untuk wajah bisa meregenerasi sel-sel wajah. Mempertahankan elastisitas serta kekencangan kulit pun bisa mengandalkan manfaat tepung beras untuk wajah ini.

Agar bisa merasakan manfaat tepung beras untuk wajah, gunakan masker wajah dari tepung beras. Campur 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu. Oles masker ke wajah, diamkan hingga benar-benar kering. Lepas masker secara perlahan ke arah, dan bilas dengan air dingin.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah dan Cara Membuatnya

6. Ampuh Menyerap Minyak Berlebih

Bagi pemiliki kulit wajah berminyak, manfaat tepung beras untuk wajah ini wajib dicatat dan dipraktikkan! Sifat partikel tepung beras sangat efektif menyerap minyak. Banyak orang pun mengandalkan tepung beras sebagai pengganti bedak tabur karena sifatnya yang mudah menyatu dengan lapisan kulit.

Agar bisa merasakan manfaat tepung beras untuk wajah ini, campur tepung beras serta tepung maizena dengan perbandingan 2: 1. Aplikasikan secara merata ke wajah menggunakan brush. Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation terlebih dahulu supaya hasil makeup tidak cracky, cakey, serta membantu makeup bertahan lebih lama.

7. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah sangat baik bila dikombinasikan dengan putih telur. Tepung beras akan menjadi efektif mengecilkan pori-pori wajah dan menjadikan kulit wajah menjadi lebih kencang. Agar bisa merasakan manfaat tepung beras untuk wajah ini, campurkan kedua bahan dan terapkan pada wajah. Gunakan telur segar agar tidak terkontaminasi bakteri salmonella.

8. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah mampu mengencangkan kulit secara alami. Buat masker tepung beras sendiri dengan cara mencampurkan putih telur, madu, dan tepung beras. Kemudian oleskan pada wajah secara merata dan bersihkan bisa sudah mengering.

9. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah dapat diandalkan untuk menghaluskan kulit wajah loh. Madu merupakan bahan terbaik untuk merawat kecantikan. Kaya pelembap dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Sementara oatmeal merupakan pembersih lembut yang cocok untuk kulit sensitif.

Campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan setengah sendok teh oatmeal dan beberapa tetes madu. Diamkan sebentar hingga oatmeal melunak. Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Sebelum masker benar-benar kering, gosok perlahan dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

10. Mengatasi Mata Panda

Masalah mata panda atau kantung mata yang menghitam dapat diatasi dengan manfaat tepung beras untuk wajah. Manfaat tepung beras ini berasal dari kandungan asam amino serta vitaminnya. Masker tepung beras pun bisa memberikan efek menyegarkan pada mata yang lelah.

Agar bisa merasakan manfaat tepung beras untuk wajah ini, haluskan setengah buah pisang, kemudian campur dengan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras. Gunakan ramuan tersebut ke area kantung mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bersihkan sisa masker memakai kapas yang sudah dibasahi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.