Sukses

12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Ampuh dan Mudah Dipraktikkan

Kumpulan cara menghilangkat karat pada besi yang wajib diketahui, begini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Karat atau korosi pada besi umumnya terjadi karena pengaruh oksigen, air, arus listrik, reaksi dengan klorida, hidrogen, hingga kotoran, dan bakteri. Bagaimana cara menghilangkan karat pada besi yang ampuh? Mudah banget, karena bisa mengandalkan bahan-bahan yang tersedia di rumah saja.

Bahan yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi adalah cuka, baking soda, asam sitrat, lemon, garam, kentang, sabun, oli, stempet, pembersih keramik, pasta gigi, minuman soda, dan masih banyak lagi. Cara menghilangkan karat pada besi ini menerapkan teknik merendam dan menggosok besi.

Cara menghilangkan karat pada besi ini tak hanya cocok digunakan pada besi biasa yang membandel, tetapi mencakup peralatan rumah tangga berbahan besi, sepeda, hingga sepeda motor. Penasaran dengan cara menghilangkan karat pada besi ini? Berikut Liputan6.com ulas 12 cara menghilangkan karat pada besi yang ampuh dari berbagai sumber, Senin (1/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

1. Cuka

Cuka putih adalah bahan yang efektif dijadikan cara menghilangkan karat pada besi. Trik ini cocok untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam. Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan karat secara permanen. Cara menghilangkan karat pada besi cukup mudah.

Untuk mengatasi benda-benda dengan karat yang signifikan, rendam alat logam Anda yang berkarat dalam mangkuk cuka dan biarkan semalaman. Setelah direndam dengan baik, cara menghilangkan karat pada besi adalah angkat logam dari rendaman cuka dan gosok karat dengan sikat baja atau sikat kawat.

Jika ada beberapa titik karat yang tersisa, ulangi cara menghilangkan karat pada besi dan rendam objek lebih lama. Setelah semua karat dihilangkan, bersihkan dengan sabun dan air dan keringkan sampai bersih.

2. Baking Soda

Baking soda cocok dijadikan cara menghilangkan karat pada besi. Baking soda bekerja dengan baik pada benda-benda dengan karat ringan atau yang terbuat dari logam tipis.

Cara menghilangkan karat pada besi adalah dengan mencampurkan air dan baking soda hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada benda berkarat tersebut.

Pastikan bahwa bintik-bintik berkarat tertutup dengan baik. Biarkan pasta menempel pada objek selama satu jam atau lebih. Gunakan sikat kawat untuk menggosok benda dan menghilangkan karat. Bilas pasta dengan air dan keringkan sampai bersih.

3. Lemon

Asam dalam lemon adalah cara menghilangkan karat pada besi alami yang terkenal. Anda juga akan membutuhkan garam untuk membuatnya bekerja. Cara menghilangkan karat pada besi ini menggabungkan keasaman lemon dengan abrasivitas garam untuk mengatasi bintik-bintik karat kecil.

Tutupi bagian yang berkarat dengan garam lalu peras jus lemon di atas lapisan garam. Biarkan campuran garam dan lemon selama sekitar dua jam. Gosok objek dengan kulit lemon, atau jika bintik-bintiknya membandel, gunakan sikat kawat.

Bilas sisa lemon, garam, dan karat, dan keringkan sampai bersih. Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan karat pada besi dengan jus lemon. Taruh jus lemon pada noda karat dan kemudian taburkan krim tartar ke atas jus.

Gosokkan larutan dan biarkan di atas sampai noda karat hilang. Beberapa noda mungkin akan sulit hilang, tetapi dengan waktu 15 hingga 30 menit akan bekerja dengan baik menghapus noda tersebut. Bilas dengan air bersih dan rendam air berlebih dengan handuk.

4. Sabun

Untuk logam polos tanpa relief atau motif, cara menghilangkan karat pada besi dapat menggunakan sabun cuci piring dan kentang biasa untuk menghilangkan karat. Selain itu, tambahkan denga kentang karena mengandung asam oksalat, yang membantu memecah karat.

Cara menghilangkan karat pada besi dengan kentang ini sangat berguna dan tidak beracun. Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan karat dari loyang, pisau, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Iris kentang menjadi dua dan tutupi bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring. Gosok bagian yang berkarat dengan kentang untuk menghilangkan karat. Bilas dan keringkan dengan baik.

5. Asam Sitrat

Cara menghilangkan karat pada besi cocok dengan larutan asam. Salah satu larutan asam adalah asam sitrat. Asam sitrat dapat ditemukan di toko makanan kesehatan dan di lorong kue beberapa supermarket.

Cara menghilangkan karat pada besi adalah campurkan air hangat dengan asam sitrat, rendam benda berkarat selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah terendam, karat akan mulai melunak, gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat.

6. Oli Bekas

Cara menghilangkan karat pada besi dengan bantuan oli cocok untuk motor. Caranya sangat gampang, sebagai contoh dengan mengoleskan oli bekas tersebut hingga merata ke seluruh bagian knalpot yang berkarat.

Kemudian, nyalakan mesin motor dan biarkan knalpot panas kurang lebih satu hingga dua menit. Mengapa harus panas? Sebab dengan bantuan panas, akan membantu oli meluruhkan karat pada knalpot motor. Lubang knalpot bisa sekaligus dibersihkan.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Selanjutnya

7. Stempet atau Gemuk

Stempet atau gemuk bisa dijadikan cara menghilangkan karat pada besi motor. Stempet atau gemuk merupakan cairan yang memiliki tekstur sangat kental dan cenderung mirip dengan gel. Sebenarnya, fungsi dari stempet atau gemuk ini yaitu sebagai pelumas suku cadang motor.

Stempet atau gemuk memang memiliki sifat yang lengket dan inilah yang membuat stempet atau gemuk dapat bertahan lebih lama di bagian yang dilumasi, terutama jika dibandingkan dengan oli. Pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, cairan kental ini sering digunakan untuk mencegah karat pada bagian tersebut.

8. Pembersih Keramik

Pembersih keramik menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada besi motor yang sangat ampuh dan layak untuk dicoba. Caranya dengan mengoleskan pembersih keramik di bagian motor yang sudah berkarat.

Cara menghilangkan karat pada besi selanjutnya, diamkan beberapa saat lalu gosok dengan sikat agar karat benar-benar hilang. Namun jangan gunakan gunakan pembersih keramik ini pada area blok mesin. Sebab pembersih keramik bisa memberi dampak kurang baik pada blok mesin.

9. Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan salah satu bahan rumahan yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karat pada besi motor.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat, kemudian tunggu beberapa menit dan gosok menggunakan kain lap.

Cara menghilangkan karat pada besi motor ini memang tidak instan dan perlu diulangi hingga beberapa kali agar karatnya benar-benar hilang.

10. Minuman Soda

Minnuman soda seperti cola bisa dijadikan bahan cara menghilangkan karat pada besi. Ampuh menghilangkan karat dan korosi pada besi motor. Anda cukup menyiapkan minuman soda seperti cola dan aluminium foil.

Kemudian cara menghilangkan karat pada besi, perlahan basahi bagian yang berkarat dengan minuman cola tersebut. Gosok dengan aluminium foil hingga seluruh karat menghilang. Jangan lupa membilasnya, sebab asam pada cola bisa berbahaya bagi logam.

11. Pertamax Plus

Pertamax Plus merupakan salah satu jenis bensin yang punya oktan tinggi. Melansir dari Astra Motor, Pertamax Plus ampuh untuk digunakan untuk cara menghilangkan karat pada besi motor.

Anda bisa mencampur Pertamax Plus dan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian motor yang berkarat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi maupun sikat kawat.

12. Rust remover

Jika Anda  bisa menggunakan berbagai cara menghilangkan karat pada besi motor di atas belum juga berhasil, Anda bisa mencoba rust remover yang merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara menghilangkan karat pada besi dari rust remover tidak murah.

Cara menghilangkan karat pada besi pada motor adalah yang perlu Anda lakukan dengan merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam tergantung usia karat. Kemudian sikat hingga karat rontok dan besi bersih kembali. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.