Sukses

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli Beserta Fungsi dan Tujuannya

Pengertian apresiasi perlu dipahami setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian apresiasi perlu dipahami setiap orang. Apresiasi merupakan istilah yang sudah sangat sering dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Istilah ini memang digunakan secara umum, namun juga identik dengan pendapat seseorang terhadap sebuah karya seni ataupun karya sastra. 

Apresiasi adalah memberikan pendapat terhadap apa yang telah dibuat atau dilakukan seseorang. Tidak hanya terbatas digunakan terhadap sebuah karya seni ataupun karya sastra, istilah ini juga sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan sederhana.

Pengertian apresiasi perlu kamu pahami juga dari pendapat para ahli. Pasalnya, istilah apresiasi dipakai dalam segala bidang kehidupan. Bahkan, saat kamu memberikan pujian untuk seseorang yang sudah mencucikan piring di dapur juga merupakan suatu apresiasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021) tentang pengertian apresiasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Apresiasi

Pengertian apresiasi perlu dipahami dari asal katanya. Secara etimologis, apresiasi berasal dari bahasa Latin “apreciatio” yang artinya penghargaan. Dalam bahasa Inggris, “appreciate” berarti menyadari, memahami, menghargai, dan menilai. Sementara secara terminologi, pengertian apresiasi adalah proses menilai yang dilakukan untuk sesuatu hal dari satu orang ke orang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian apresiasi adalah bentuk kesadaran terhadap nilai seni dan budaya. Pngertian apresiasi juga dapat dimaknai sebagai bagian dari penilaian atau penghargaan terhadap sesuatu. Dalam ekonomi, pengertian apresiasi adalah bentuk kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik dan permintaan akan barang bertambah. Dapat disimpulkan, pengertian apresiasi adalah penghargaan dan penilaian terhadap sesuatu untuk mengungkap perasaan puas.

Bagi penikmat karya seni, fungsi apresiasi adalah menciptakan rasa puas, kecewa, dan tidak menimbulkan perasaan apapun. Apresiasi adalah bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Untuk memberikan apresiasi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipahami. Apresiasi dilakukan dengan mengamati, menghayati, memahami, menanggapi, menilai, dan melakukan implementasi atau penerapan. Apresiasi melibatkan pikiran, perasaan, penghayatan, analisis, evaluasi, hingga deskripsi.

3 dari 5 halaman

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

- Albert R. Candler. Pengertian apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

- Prayogi. Pengertian apresiasi adalah setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu. Apresiasi dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.

- Hornby. Apresiasi mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

- Elliyati. Apresiasi adalah setiap kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, apresiasi membutuhkan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ia dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

- John Dewey. Pengertian apresiasi adalah menikmati sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap sesuatu.

- Jarret. Pengertian apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

-  Effendi. Apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

- Syoyan Zakaria. Apresiasi adalah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan intisari yang dihasilkan dari pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang disebabkan oleh jiwa yang berkembang.

4 dari 5 halaman

Fungsi dan Tujuan Apresiasi

Selain mengenali pengertian apresiasi, kamu juga perlu mengetahui fungsi dan tujuannya. Seperti Liputan6.com kutip dari Fimela, berikut beberapa fungsi dan tujuan apresiasi.

 

Fungsi Apresiasi

- Untuk memberikan penghargaan terhadap karya atau usaha seseorang yang sudah berhasil.

- Sebagai cara untuk memberikan penilaian, edukasi, empati, terhadap sebuah karya seni atau sastra.

- Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat, terhadap karya anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesama.

- Sebagai cara untuk meningkatkan, mengembangkan, dan memotivasi seseorang, untuk menguji kemampuan manusia dalam berbagai hal.

 

Tujuan Apresiasi

Tujuan umum dari apresiasi yaitu untuk mengedukasi orang lain, agar lebih memahami dan mengerti tentang alasan dari suatu karya diciptakan. Hal ini bisa membantu orang lain untuk menilai suatu karya, dan mengembangkan nilai keindahan dari karya tersebut.

Selain itu, apresiasi memiliki tujuan untuk mengevaluasi, meningkatkan, mengembangkan kemampuan, dan menyempurnakan karya orang lain.

5 dari 5 halaman

Manfaat Apresiasi dan Contohnya

Apresiasi memiliki banyak manfaat untuk orang lain. Manfaat apresiasi ini bisa memberikan dampak positif kepada seseorang yang sudah menyelesaikan hasil karyanya, dan yang sudah berjuang hingga garis akhir.

Apriasi memiliki manfaat untuk memahami karya seni dari berbagai sisi, meningkatkan rasa cinta dengan karya seni, meningkatkan rasa peduli kepada sesama manusia, dan merupakan sarana untuk melakukan edukasi, hiburan, empati dan lain-lain.

Manfaat apresiasi juga bisa membantu meningkatkan, mengembangkan, dan memberikan tingkat kepercayaan diri, untuk memotivasi orang lain, terhadap suatu karya seni, karya sastra, dan usaha orang lain, untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

 

Contoh Kalimat Apresiasi

- “Terima kasih atas bantuanmu hari ini, saya sangat menghargainya.”

- "Saya sangat menghargai semua yang Anda lakukan untuk saya."

- "Saya menikmati menghabiskan waktu dengan Anda."

- "Terima kasih telah mencoba memperbaikinya, saya mengapresiasi Anda."

- "Terima kasih karena sudah mencuci piring. Saya sangat menghargai bantuan Anda."

- "Terima kasih telah memperbaiki sepeda adikku, kamu sangat membantu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.