Sukses

Kisah Wanita Lakukan Perjalanan 3.500 Km Naik Bus Tanpa Biaya Sepeser Pun

Liputan6.com, Jakarta Angkutan umum menjadi solusi dan memberikan sensasi tersendiri dalam bepergian. Selain berjumpa dengan orang banyak, kita tinggal duduk dan menikmati perjalanan sebaik mungkin. Meski tidak bisa dipungkiri angkutan umum akan meminta kita untuk mengeluarkan biaya perjalanan. Biaya ini umumnya berdasar pada jarak tempuh yang diambil. Semakin jauh jaraknya, semakin mahal biayanya. 

Tidak dengan seorang wanita ini, ia bernama Penny Ibbott yang bepergian dengan bus tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Kesempatan ini bermula saat ia mendapatkan kartu identitas yang dijamin oleh penyedia bus gratis. Dengan semangat ia memanfaatkan momen di usianya yang ke-70 ini dengan bepergian mengelilingi negara Britania Raya tersebut. 

Siapa sangka, jarak tempuhnya mencapai 3.500 km mengelilingi dataran Britania Raya. Pengalaman unik ini telah ia pikirkan dengan matang. Setelah melakukan perjalanannya keliling Inggris, Penny sadar bahwa hal tersebut lebih baik daripada berdiam diri di rumah. 

Seperti apa kisah dan perjuangan Penny Ibbott dengan perjalananan ribuan kilometer gratisnya? Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (12/12/2021).

2 dari 4 halaman

Habiskan Waktu 6 Minggu

Jarak perjalanannya terbilang sangat jauh bagi seorang lansia. Tak heran, perjalanan jauh yang ditempuhnya dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu. Penny Ibbott memulai perjalanan bus enam minggu keliling Inggris hanya dengan tiket bus gratisnya. Wanita tua itu menghabiskan delapan jam sehari bepergian dengan bus yang berbeda untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. 

"Seluruh perjalanan memakan waktu lima minggu dan lima hari, dan, pada waktu itu, saya bertemu banyak orang yang sangat menarik dan baik. Saya cukup kuat tetapi saya membutuhkan tempat tidur yang nyaman untuk tidur di sepanjang jalan, hingga memilih tempat tidur dan sarapan, ”katanya mengutip India Times, Senin (13/12/2021).

3 dari 4 halaman

Tanpa Bayar Uang Bus

Kartu ini adalah identitas pensiunan yang digunakan nenek di beberapa bus di Inggris secara gratis. Satu-satunya saat dia harus membeli tiket adalah ketika dia berada di perbatasan sisi Skotlandia di mana tiketnya tidak valid. Penny bepergian ke seluruh Inggris untuk mengumpulkan uang untuk Rumah Sakit St Wilfrid di Sussex Barat, yang merawat suaminya, Geoff, sebelum dia meninggal pada 2016.

4 dari 4 halaman

Kesulitan Mencari Stasiun dan Hotel

Beberapa kali ia mendapatkan kesulitan karena tidak mendapatkan tempat tinggal untuk beristirahat. Bahkan beberapa kali ia tidak menemukan stasiun bus untuk melanjutkan perjalanannya. 

"Pada titik tertentu, itu cukup menakutkan ketika saya tidak dapat menemukan stasiun bus atau tempat tinggal. Saya memiliki catatan Robin, tetapi meskipun sangat teliti, saya terkadang masih bingung," kenangnya.

Perjalanannya dimulai pada 6 September dan berakhir pada 16 Oktober. Penny menaiki  sekitar 120 bus secara total.