Sukses

Pengantin Ini Menikah Diperagakan Animasi, Resepsi Unik Dunia Metaverse

Liputan6.com, Jakarta Resepsi pernikahan merupakan hal yang sakral bagi setiap orang. Oleh karenanya, dalam menyongsong momen pernikahan dilakukan berbagai persiapan beragam. Mulai dari tempat, gaun, hingga jamuan makanan. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh pasangan pengantin asal Amerika ini. Mereka membuat sebuah gagasan unik untuk melangsungkan pernikahan mereka melalui animasi avatar

Pernikahan tersebut bertajuk metaverse yang belakangan merupakan teknologi kecerdasan buatan. Metaverse ini dikemas dalam bentuk avatar, yakni representasi grafis dari pengguna atau karakter pengguna. Bentuk wajah, tubuh manusia dikemas menjadi wujud 2 dan 3 dimensi. Yang kemudian akan ditampilkan dalam sebuah forum dunia digital.

Bayangkan saja, semua orang akan punya karakter mereka, dan berkumpul menjadi satu dalam momen pernikahan Traci dan Dave Gagnon bahkan momen pernikahan mereka dihadiri oleh tamu undangan yang juga tampil dalam bentuk avatar atau animasi digital. 

Uniknya, dalam bentuk avatar mereka turut berdansa dan merayakan momen sakral ini. Cara menikah unik ini diyakini akan menghemat biaya dan tentu memberikan kesan unik. Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (14/12/2021).

2 dari 4 halaman

Pasangan Pertama Menikah Menggunakan Avatar

Teknologi metaverse akhir-akhir ini sedang dikembangkan secara ambisius untuk kemajuan teknologi di masa mendatang. Sebelumnya wabah Covid-19 telah menjadi pembatas bagi banyak orang untuk berkumpul, termasuk resepsi pernikahan. Saat itu momen pernikahan dikembangkan melalui siaran video melalui Instagram, Youtube, hingga Zoom. 

Traci dan Dave Gagnon sendiri menjadi pasangan pertama menggunakan avatar sebagai sarana pernikahan. Selain menjajal sensasi menikah diperagakan animasi, mereka memang tertarik dengan teknologi terbaru yang tengah dikembangkan ini. 

Nampak bentuk animasi keduanya berpakaian dengan jas dan gaun pengantin. Benar-benar seperti kartun, namun kali ini gerak-gerik animasi ini menirukan tubuh aslinya. 

3 dari 4 halaman

Tamu Undangan Harus Membuat Avatarnya

Sebagaimana yang diketahui, para tamu undangan bisa bergabung ke dalam pesta pernikahan ini dengan syarat mereka punya avatar. Sebagaimana mengutip New York Times, para tamu upacara virtual hadir melalui komputer, yang membutuhkan pengunduhan perangkat lunak dan kemudian membuat avatar.

Nampak dalam resepsi pernikahan menggunakan avatar ini para tamu undangan dapat berjoget diiringi lantunan musik. Sang pasangan pengantin turut melakukan seremoni berjalan menyusuri lorong yang disambut para tamu undangan. Mirip yang diperagakan di dunia nyata. 

4 dari 4 halaman

Resepsi Pernikahan yang Baru

Mempelai wanita, Gagnon menyewa dua videografer, satu untuk merekam acara secara langsung dan satu lagi untuk menyiarkan upacara secara bersamaan ke internet yang menjadi inti dari elemen metaverse. 

Cara menikah yang unik ini masih dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Pasangan pernikahan memungkinkan dapat memilih dari tempat yang telah dirancang sebelumnya, bunga, pemandangan meja, gaun, hiburan musik, dan elemen lainnya.