Sukses

Unik, Pengantin Ini Potong Kue Pakai Kapak Manusia Prasejarah

Momen pasangan pengantin potong kue dengan kapak prasejarah.

Liputan6.com, Jakarta Momen pernikahan menjadi kebanggan setiap orang untuk dirayakan secara spesial. Berbagai cara unik dilakukan untuk membuat momen sekali seumur hidup ini lebih mudah diingat. Lebih lagi menjadi fenomenal. Seperti momen yang dilakukan oleh sepasang pengantin asal Inggris Barat Daya.

Sally Hollingworth dan Neville memang merupakan ahli paleontologi yang sering mencari keberadaan peninggalan bersejarah. Lebih tepatnya fosil atau tulang hewan prasejarah yang terawetkan menjadi batu. Saat itu keduanya tengah berburu fosil laut di Wiltshire. Sekitar fosil tulang dari lima mamut, dua dewasa, dua remaja dan bayi ditemukan. 

Hollingworth percaya mungkin ada lebih banyak hewan terkubur di situs, dekat Swindon. Saat itulah ia menemukan kapak kuno yang membuatnya semakin bersemangat menguak fosil mamut tersebut. 

Selang setelah temuan berharganya, mereka berencana akan menggunakan kapak manusia prasejarah yang berjenis Neanderthal untuk memotong kue pernikahan mereka. Ini menjadikan keunikan tersendiri, di saat kue yang biasanya dipotong dengan pisau terbaru, mereka malah menggunakan kapak manusia prasejarah berusia ratusan ribu tahun. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya dari BBC, Sabtu (1/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasangan Ahli Fosil

Diketahui Sally Hollingworth dan Neville bekerja sebagai ahli fosil atau bidang paleontologi. Berbagai benda prasejarah telah mereka kumpulkan untuk mengeksplorasi kehidupan di masa lalu. Saat itu mereka mengaku melihat struktur seperti kayu yang mencuat dari tanah. Tanpa berlama-lama mereka menggali tanah di sekitarnya. 

Keberuntungan berpihak pada mereka yang telah berhasil mengungkap fragmen tersebut merupakan tulang mamut. Mereka kemudian menyadari ada ada "ratusan" fragmen tulang dan sisa-sisa mamut lainnya di lokasi tersebut.

3 dari 4 halaman

Kapak Batu Berusia 200.000 Tahun

Pakar arkeologi DigVentures kemudian mengambil alih situs tersebut. Namun sebelum beranjak  Sally Hollingworth ditimba keberuntungan untuk yang kedua kalinya. Ia secara tidak sengaja menemukan kapak batu berusia 200.000 tahun. Ia menjadi orang pertama yang menyentuhnya selama kurun waktu ratusan ribu tahun. 

"Saya memegang kapak yang menakjubkan ini di tangan saya. Kapak itu belum pernah disentuh oleh manusia lain selama 200.000 tahun. Ini masih momen merinding sekarang, saya masih bisa mengingat perasaan yang saya miliki,” ujar Sally Hollingworth kepada BBC News.

Kapak tangan berjenis Neanderthal ini kemudian yang dijadikan pisau pemotong kue di perayaan pernikahan mereka. Mereka juga memastikan telah mencuci kapak batu prasejarah tersebut dengan air bersih. 

4 dari 4 halaman

Dikunjungi David Attenborough

Momen kebahagiaan mereka semakin tergambar saat keduanya dikunjungi oleh sejarawan alam dan presenter senior BBC, David Attenborough. Mereka membahas fosil yang telah ditemukan pasangan Hollingworth. Mereka menyebutnya sebagai pengalaman yang luar biasa dapat dikunjungi oleh David Attenborough. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.