Sukses

Ayam Terus Berkurang, Peternak Kaget Temukan Ular Piton Bersarang di Kandang Ayam

Ayamnya banyak yang hilang akibat dimakan ular.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menganggap ular sebagai hewan berbahaya, lantaran dapat mengancam keselamatan. Kebanyakan orang pun tak jarang menghindari hewan melata tersebut. Tak hanya itu, ular juga termasuk predator yang cukup ganas.

Salah satu jenis yang membahayakan adalah ular piton. Jenis ular ini memiliki lilitan yang sangat kuat hingga bisa menghentikan peredaran darah. Bahkan ketika mendapat mangsanya, ular piton langsung menelannya tanpa mengunyah makanan tersebut.

Bahkan seringkali, ular ditemukan memakan hewan ternak milik warga. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh seorang peternak ayam. Nasib apes yang menimpanya pun ia bagikan lewat unggahan video TikTok @echa_363, Senin (3/1/2022).

Dalam video itu, ia mengungkapkan mengalami banyak kerugian di tengah naiknya harga telur ayam yang menguntungkan. Pasalnya, ayamnya terus berkurang karena ternyata dimakan ular piton yang bersarang di kandang ayamnya. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @echa_363, Kamis (6/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ayamnya Berkurang Dimakan Ular Piton

Awalnya ia curiga ayam miliknya terus berkurang tanpa diketahui penyebabnya. Kemudian, dalam video berdurasi 24 detik tampak seseorang mengambil sesuatu dari dalam kandang ayam milik pria itu.

Setelah didekati, pria tersebut ternyata sedang mengeluarkan seekor ular dari dalam kandang. Rupanya ular tersebut bersemayam di sepanjang petak-petak kandang yang berisi ratusan ekor ayam petelur.

Saat diangkat dari dalam kandang, ular tersebut berukuran cukup besar, sebesar lengan orang dewasa. Ia pun merasa kesal karena ayamnya banyak yang hilang akibat dijadikan makanan oleh ular. Lalu perut hewan yang diketahui ular piton itu tampak membesar.

"Telur lagi mahal, ayam dimakan ular, oalah nasibnya orang gini banget," tutur pria tersebut dalam bahasa Jawa dengan nada kesal.

@echa_363

#fyp #2022

♬ suara asli - Ika Istiana219 - Ika Istiana219
3 dari 3 halaman

Netizen Meminta Peternak untuk Sabar

Pria tersebut pun menduga bahwa ular pito menelan beberapa ekor ayamnya bulat-bulat. Namun ular piton itu tak melawan saat diangkat karena sudah terlalu kenyang memakan ayam.

Unggahan ular piton bersarang di kandang ayam ini pun viral dan mengundang berbagai komentar netizen. Banyak yang meminta peternak tersebut untuk tabah dan sabar menghadapi ujian.

"sing sabar mas bro, kabeh ono hikmah," komentar @wiryo212

"sabar.cobaan Allah," komentar @Aries73

"modal buat ternak ayam smua abis berapa mas bro," komentar @Istikharoh Iis

"makanan gratis kata ulernya," komentar @user3389136178555

"sabaaaar ujian tuhan," komentar @sicantik0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.