Sukses

Arti Mimpi Tenggelam Menurut Para Ahli dan Cara Menyikapinya

Mimpi tenggelam bisa jadi sebuah pertanda mengenai masalah dalam hidup atau tengah alami stress

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi dalam tidurnya. Bahkan bisa jadi mimpi-mimpi yang pernah dialami ada berbagai macam, mulai dari kejadian lucu hingga mengerikan, seperti tenggelam. 

Tenggelam di laut, kolam renang, hingga sungai bisa membuat orang yang mengalaminya panik hingga terengah-engah saat tersadar. Usai alami mimpi yang cukup mengerikan tersebut, terkadang tidak sedikit yang terbayang-bayang dan menganggap bahwa mimpi tersebut sebuah pertanda.

Namun banyak pula orang yang mengabaikannya bahkan lupa dengan mimpi yang baru saja dialami. Mengutip dari Bustle.com, Rabu (12/1/2022) mimpi tenggelam bisa terjadi karena alami stres maupun pertanda dari alam bawah sadar.

Berikut ulasan mengenai mimpi dari para ahli dan cara menyikapinya yang Liputan6.com lansir dari Bustle.com, Rabu (12/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti mimpi tenggelam menurut para ahli

Mengutip dari Bustle, setiap orang yang memiliki beban kerja berat, dikejar tenggat waktu hingga alami banyak pikiran. Bisa jadi akan berpengaruh terhadap mimpi yang akan dialami.

“Jadi tenggelam dalam mimpi bisa menjadi pertanda bahwa pada saat bermimpi kita mungkin merasa kewalahan di tempat kerja atau di rumah. Tenggelam juga bisa mewakili perasaan bahwa kita tidak bisa bernapas, yang merupakan metafora bahwa tidak memiliki waktu untuk diri sendiri" ungkap Delphi Ellis, konselor dan pakar mimpi kepada Bustle.

Dari pakar mimpi lainnya, Cynthia Richmond berpendapat bahwa menurutnya ketakutan tenggelam diinterpretasikan sebagai ketakutan untuk melibatkan perasaan atau takut kehilangan jati diri.

Selain itu menurut psikolog, Ian Wallace menyebutkan bahwa mimpi tenggelam bisa menjadi sebuah tanda dari situasi yang membuat seseorang terlalu terbawa suasana.

 
3 dari 4 halaman

Arti mimpi tenggelam memiliki pertanda yang berbeda dalam setiap keadaan

Menurut Lauri Loewenberg seorang analis mimpi bersertifikat, dan ahli mimpi untuk bintang-bintang, yang dikutip dari Bustle, "spesifikasi dalam masalah mimpi, tidak ada yang acak,".

"Setiap detail dalam mimpi adalah petunjuk, adalah bagian dari teka-teki dari pesan besar yang alam bawah sadar yang coba disampaikan kepada Anda."

Maka dari itu setiap arti mimpi tenggelam pun akan memiliki makna berbeda tergantung dari keadaannya. Seperti tenggelam di laut, sungai, danau hingga kolam renang.

“Kolam renang merupakan ruang publik, jadi jika dalam mimpi itu ramai, si pemimpi mungkin merasa ada terlalu banyak hal yang terjadi dalam kehidupan publiknya,” tambah Ellis. “Di mana lautan tenang dan damai dalam mimpi, itu mungkin merupakan cerminan dari apa yang dirasakan si pemimpi – atau ingin rasakan – dalam kehidupan sehari-hari.” ungkapnya.

Mimpi tenggalam namun bisa bernafas di dalam air merupakan kejadian yang cukup umum dan menjadi sebuah pertanda bahwa bisa melewati kesulitan dalam hidup yang tengah dilalui.

4 dari 4 halaman

Cara menyikapi mimpi menurut ahli

Membuat sebuah buku harian yang mencatat mimpi-mimpi yang baru saja dialami. Karena tidak sedikit orang mengabaikan sebuah mimpi usai bangun dari tidur.

“Menyimpan buku harian mimpi dapat membantu dalam memperhatikan pola yang dapat membantu memahami mimpi ketika kita bangun,” kata Ellis

Namun ada pula yang menganggap bahwa bila kerap alami mimpi tenggelam dan bangun dengan terengah-engah bisa jadi alami sebuah sleep apnea atau disebut gangguan tidur dan napas bisa saja terhenti menurut Loewenberg.

Memahami apa yang coba disampaikan oleh alam bawah sadar melalui mimpi bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki situasi dalam kehidupan. Selain itu mengurangi beban pikiran dan stress serta memperbaiki kualitas tidur akan membuat pengalaman tidur akan menjadi lebih nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.