Sukses

Pengertian Fitur adalah Bagian Penting dan Menarik Perhatian, Simak Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Memahami fitur adalah dalam bahasa Inggris “feature” dijelaskan Merriam Webster sebagai bagian yang menarik atau penting, kualitas, kemampuan, dan lain-lain. Dicontohkan fitur adalah bagian dari wajah seperti mata, hidung, mulut.

“Maka, bagian mata adalah fitur terbaik dari bagian wajah manusia,” dijelaskan.

Fitur adalah karakteristik dari sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian fitur adalah karakteristik khusus yang terdapat pada suatu alat seperti televisi, ponsel, dan lain sebagainya.

“Apabila dicontohkan pada perangkat komputer, fitur adalah fungsi, kemampuan, atau desain khusus dari perangkat keras atau perangkat lunak,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian fitur hingga pengaruhnya pada sebuah produk, Senin (17/1/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengaruh Fitur pada Sebuah Produk

Pada sebuah produk, pengertian fitur adalah unsur-unsur yang dipandang penting dan fitur memengaruhi keputusan konsumen untuk memilih produk tersebut. Hal ini memberikan sebuah pemaknaan makna, fitur adalah bagian terpenting dan berpengaruh bagi sebuah produk.

“Pengertian fitur adalah unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian,” dijelaskan Fandy Tjiptono dalam Permitasari (2016) melansir kajian teori penelitian yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Apa yang membuat sebuah fitur itu mudah dikenali? Kotler dan Amstrong (2008) melansir kajian teori penelitian yang diterbitkan Universitas Medan Area, pengertian fitur adalah aspek sekunder dari suatu produk.

“Fitur adalah mudah dikenali karena identik dengan sesuatu yang unik, khas, dan istimewa yang tidak dimiliki oleh produk lainnya,” dijelaskan.

Masih melansir sumber penelitian yang sama, ahli dalam bidang ini Dewi dan Jatra (2013) memberikan kesimpulan sederhana dari pengertian fitur. Fitur adalah asosiasi dari kemanfaatan atau fungsionalitas dari suatu produk.

“Indikator yang digunakan untuk mengukur fitur adalah kelengkapan fitur, kebutuhan fitur, ketertarikan fitur, dan kemudahan dalam penggunaan,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Contoh Fitur pada Aplikasi WhatsApp

Fitur adalah bagian yang dipandang penting, dapat diandalkan, dan menarik perhatian. Ini contoh dari fitur pada aplikasi chatting Whatsapp yang mulai diluncurkan tahun 2022 melansir The Indian Express, pada Senin (17/1/2022).

1. Fitur Tema pada Chat

WhatsApp memungkinkan pengguna mempersonalisasi pengalaman chatting hingga batas tertentu. Mulai dari wallpaper khusus hingga tema terang dan gelap sesuai dengan tema smartphone.

Kehadiran tema tambahan sebagai fitur WhatsApp ini bakal mengizinkan pengguna untuk mempersonalisasi obrolannya dan membuat pengalaman chatting jadi lebih intuitif.

2. Mendukung Banyak Perangkat

Fitur multi-perangkat WhatsApp akan memungkinkan pengguna menghubungkan akun WhatsApp ke empat perangkat selain smartphone utama. Di era multi-layar seperti saat ini ada banyak orang memakai beberapa perangkat sekaligus untuk mengerjakan berbagai tugas berbeda.

Terhubung hanya ke empat perangkat jelas jadi batasan bagi pengguna yang butuh memakai banyak perangkat sekaligus. Maka adanya kemungkinan di 2022 WhatsApp akan menghadirkan dukungan untuk terhubung ke lebih banyak perangkat.

3. Auto-Hapus Akun

Salah satu fitur unggulan di Telegram adalah layanan pesan ini memungkinkan pengguna untuk mengatur penghitung waktu untuk menghapus akun Telegram mereka.

Maka adanya fitur auto hapus akun ini, saat pengguna tidak menggunakan aplikasi Telegram (misalnya 6 bulan), akun akan dihapus secara otomatis guna mempertahankan pengguna agar tetap privat.

WhatsApp memang sudah mengizinkan pengguna menghapus akun secara manual dari Setting. Akan tetapi, kehadiran fitur auto-hapus akun WhatsApp jika sudah berbulan-bulan tak digunakan mungkin jadi hal yang positif bagi pengguna.

4. Ulangi Notifikasi

Fitur WhatsApp memungkinkan melakukan pengulangan notifikasi. Saat pengguna tengah berada jauh dari smartphone dan menerima sejumlah notifikasi dari beberapa aplikasi, mungkin notifikasi yang penting bakal terlewatkan atau tidak disadari.

Maka dari itu, notifikasi berulang di WhatsApp menjadi hal yang penting untuk memperingatkan ke pengguna agar tidak melewatkan pesan yang penting.

4 dari 4 halaman

Contoh Fitur pada Instagram

Pada tahun Juli 2021, Meta Facebook merilis fitur untuk Instagram berupa opsi untuk mengontrol seberapa banyak konten sensitif yang bisa dilihat pengguna di media sosial tersebut.

"… Kontrol Konten Sensitif di Instagram, yang memungkinkan kamu memutuskan seberapa banyak konten sensitif yang muncul di Jelajahi," tulis Facebook di laman newsroom mereka tentang fitur Instagram terbaru, dilansir pada Senin (17/1/2022).

Disebutkan ada aturan tentang jenis konten yang bisa ditampilkan kepada pengguna di tempat seperti "jelajahi" atau "explore" yang mereka sebut Pedoman Rekomendasi.

Cara mengaktifkan fitur Kontrol Konten Sensitif atau Sensitive Control Content pada Instagram adalah:

1. Masuklah ke bagian profil dengan menekan simbol atau foto profil di bagian kanan bawah.

2. Buka menu "pengaturan" atau "settings" lewat simbol tiga garis di bagian kanan atas, lalu pilih "akun" atau "account."

3. Pilihlah "Kontrol Konten Sensitif" atau "Sensitive Control Content."

4. Di situ,  bisa memilih opsi "Batasi Lebih Banyak" atau "Limit Even More" untuk melihat lebih sedikit konten yang mengganggu pengguna.

5. Dalam panduan resmi di laman Instagram, mereka mengatakan bahwa opsi tersebut mungkin tidak tersedia bagi pengguna di bawah 18 tahun.

6. Tekan tombol "OK" untuk mengonfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.