Sukses

11 Contoh Alat Musik Ritmis, Kenali Fungsinya dalam Instrumen

Ada banyak contoh alat musik ritmis.

Liputan6.com, Jakarta Contoh alat musik ritmis dapat menjadi penyempurna sebuah instrumen. Alat musik ritmis adalah alat musik yang dimainkan untuk memberikan ketukan yang kuat pada sebuah musik. Ada banyak contoh alat musik ritmis yang bisa ditemukan.

Dalam musik, ritmis adalah penempatan suara dalam tempo tertentu. Contoh alat musik ritmis hadir untuk melengkapi instrumen musik. Contoh alat musik ritmis ini membuat sebuah musik lebih harmonis.

Contoh alat musik ritmis berperan penting dalam pengaturan tempo dalam sebuah lagu. Alat musik ritmis dapat menciptakan keharmonisan bila dipadukan dengan alat musik lainnya. Beberapa alat musik tradisional di Indonesia juga merupakan bagian dari contoh alat musik ritmis. Berikut contoh alat musik ritmis, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(23/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal alat musik ritmis

Contoh alat musik ritmis adalah alat musik yang hanya dapat mengeluarkan beberapa nada unik, untuk mengiringi alat musik lainnya dalam lagu. Berdasarkan fungsinya, alat musik terbagi menjadi tiga, yakni melodis, harmonis, dan ritmis. Peran utama alat musik ritmis adalah hanya untuk mengatur tempo lagu.

Alat musik ritmis ada bisa mengeluarkan bunyi saat dipukul, digoyang atau digesek, agar mengeluarkan bunyi yang ritmis. Alat musik ritmis tidak bisa membuat sebuah irama pada lagu. Alat musik ritmik adalah alat musik yang berperan dalam mengatur tempo lagu sehingga pada umumnya hanya dapat mengeluarkan beberapa nada yang khas.

3 dari 8 halaman

Fungsi alat musik ritmis

Contoh alat musik ritmis memiliki banyak fungsi, seperti membuat sebuah lagu menjadi lebih hidup dan menjadi lebih enak didengar. Fungsi alat musik ritmis adalah:

Mengatur tempo

Fungsi alat musik ritmis adalah untuk mengatur sebuah tempo, baik tempo dalam lagu maupun tarian. Lagu yang harmonis harus dibawakan dengan tempo yang tepat. Alat musik ritmis menjadi pemandu pemain musik lainnya dalam pengaturan tempo.

Pengiring lagu

Meski dengan alat musik melodik lagu sudah bisa dimainkan, alat musik ritmis akan membuat lagu lebih hidup.

Tanda untuk pemain musik

Alat musik ritmis juga berfungsi menjadi penanda yang biasanya digunakan oleh komposer musik. Alat musik ritmis biasanya dijadikan patokan intro, verse dan reff.

Penyempurna instrumen

Alat musik ritmis juga memiliki fungsi sebagai penyempurna dari instrumen lainnya, seperti di dalam pertunjukan orkesta.

Koreografi

Sebelum sebuah koreografi diiringi dengan musik bernada, tarian-tarian tersebut akan diiring oleh alat musik ritmis. Fungsi alat musik ritmis di sini adalah untuk mengatur tempo gerakan dan penanda perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya.

4 dari 8 halaman

Contoh alat musik ritmis

Alat musik ritmis bisa dimainkan dengan cara dipukul, digoyang atau digesek. Contoh alat musik ritmis adalah:

Rebana

Rebana berbentuk seperti drum kecil yang pada bagian kulitnya berbentuk besar dan keras. Rebana kerap dijadikan pengiring lagu-lagu melayu.

Kastanyet

Kastanyet berbentuk seperti kerang yang dimainkan dengan menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Kastanyet bisa dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, yaitu dengan jempol, telunjuk dan jari tengah.

Conga

Conga berasal dari negara Afrika, yang juga disebut dengan tumbora. Conga berbentuk seperti kendang. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

5 dari 8 halaman

Contoh alat musik ritmis

Simbal

Simbal merupakan contoh alat musik ritmis yang lumayan terkenal. Simbal memiliki banyak ukuran, mulai dari kecil hingga ukuran yang besar. Simbal terbuat dari logam, yang memiliki bentuk bulat seperti cakram. Simbal biasanya ditaruh di drum, dan ada juga simbal tangan, yang bisa dimainkan dengan memadukan dua simbal. Simbal juga bisa dimainkan dengan stik.

Tamborin

Tamborin memiliki dua jenis bunyi yang berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama merupakan bunyi pukulan, jika bagian kulit pada rebana dipukul. Dan bunyi yang kedua adalah bunyi gemerincing. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok.

6 dari 8 halaman

Contoh alat musik ritmis

Triangle

Triangle sudah ada sejak abad ke-16 dan telah banyak digunakan dalam musik klasik. Contoh alat musik ritmis ini terbuat dari logam berbentuk panjang yang dibengkokkan hingga menjadi segitiga. Namun, ujung satu dengan ujung lainnya tidak saling menyatu. Biasanya ada semacam tali di salah satu sudutnya untuk memegang alat musik ini.

Marakas

Marakas punya bunyi yang sangat meriah. Tak heran kalau marakas jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang bisa buat badan bergoyang. Bentuk marakas seperti permen lollipop besar. Alat musik ini punya pegangan serta bola besar di atasnya yang akan mengeluarkan bunyi saat digoyang-goyang.

7 dari 8 halaman

Contoh alat musik ritmis

Kendang

Kendang terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Contoh alat musik ritmis ini banyak digunakan dalam musik tradisional. Cara memainkan kendang adalah dipukul bagian kulit atau yang sering disebut sebutan kendang.

Tifa

Sama seperti kendang, tifa juga terbuat dari kayu yang diberi rongga di bagian tengah dan ditutup kulit di salah satu sisinya. Namun, bentuk tifa lebih panjang dan lebih ramping. Tifa biasanya dimainkan pada upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur, semisal Maluku dan Papua. Tifa biasa digunakan untuk mengiri lagu dan tari-tarian khas dari banyak suku Indonesia Timur.

8 dari 8 halaman

Contoh alat musik ritmis

Gong

Gong merupakan contoh alat musik ritmis dari Indonesia. Alat musik ini juga bisa ditemukan di Cina, Thailand, dan Jepang. Gong dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat kayu yang ditutup kain tebal.

Calung

Contoh alat musik ritmis dari Indonesia lainnya adalah calung. Calung memiliki bentuk mirip angklung. Tapi, alih-alih digoyangkan, calung dimainkan dengan cara dipukul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.