Sukses

8 Cara Membuat CV yang Baik dan Benar, Perhatikan Formatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat CV yang baik dan benar menjadi pengetahuan dasar sebelum anda melamar pekerjaan. Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang digunakan pelamar kerja untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka.

Cara membuat CV yang baik dan benar dapat dilakukan dengan menggunakan laptop atupun handphone. Bahkan cara membuat CV yang baik dan benar juga dapat dilakukan dengan online maupun offline.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, cara membuat CV yang baik dan benar menjadi terlihat mudah. Meskipun begitu, anda juga perlu mengetahui format CV yang wajib dicantumkan supaya CV anda dapat dilirik oleh HRD.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara membuat CV yang baik dan benar dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Isi Format CV yang Wajib Ada

Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.

2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.

3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.

4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui isi format yang wajib dicantumkan dalam CV, berikut ini terdapat cara membuat CV yang baik dan benar:

1. Memasukkan Identitas Diri

Pada umumnya, identitas diri dibutuhkan dalam pembuatan dokumen apapun termasuk CV. Data diri menjadi sangat penting untuk dicantumkan ke dalam CV supaya perusahaan yang anda lamar mengetahui tentang siapa diri anda. Selain itu, jika perusahaan berminat merekrut anda akan mudah untuk dihubungi.

Dalam cara membuat CV yang baik dan benar, biasanya identitas diri yang dimasukkan, seperti nama lengkap, nomor telepon, email, alamat, dan media sosial. Untuk meningkatkan daya tarik perusahaan kepada anda maka tidak ada salahnya untuk memberikan foto dengan pakaian yang sopan di dalam CV yang anda buat.

2. Memasukkan Jenjang Pendidikan

Setelah memasukkan identitas diri maka selanjutnya hal yang perlu dimasukkan ke dalam CV adalah memasukkan jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan merupakan salah hal penting yang perlu dicantumkan di dalam CV karena hal ini bisa menjadi penilaian HRD perusahaan. Penilaian yang dimaksud adalah apakah pendidikan yang anda miliki sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja yang anda lamar atau tidak. Oleh karena itu, jangan lupa mencantumkan jenjang pendidikan di dalam CV.

Saat ini, penulisan jenjang pendidikan di dalam CV diurutkan dari pendidikan yang baru diselesaikan. Misalnya, perguruan tinggi, SMA, SMP, SD. Namun, pada umumnya perusahaan hanya meminta dua pendidikan terakhir yang anda tempuh.

3. Memasukkan Pengalaman Kerja

Seperti yang kita ketahui bahwa HRD perusahaan akan lebih menyukai pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman. Oleh karena itu, anda harus memperbanyak pengalaman kerja. Semakin banyak pengalaman kerja atau semakin lama anda bekerja di sebuah perusahaan maka anda akan memiliki nilai tambah di mata perusahaan. Hal ini akan menguntungkan anda dan membuka kesempatan untuk diterima di perusahaan yang anda lamar.

4. Memasukkan Pengalaman Organisasi (jika ada)

Apabila semasa menempuh pendidikan, anda bergabung dengan organisasi maka sebaiknya dimasukkan ke dalam  CV. Hal ini akan memberikan nilai tambah yang bermanfaat untuk diri anda sendiri. Namun, bagi anda yang tidak ikut organisasi mungkin bisa memasukkan pengalaman sebagai panitia atau volunteer. Di mata perusahaan, jika anda ikut organisasi atau jadi panitia maka dianggap sebagai seorang pelajar atau mahasiswa yang aktif. Oleh karena itu, semasa menempuh pendidikan jangan pernah ragu untuk ikut berbagai macam aktivitas. Hal ini akan memberikan manfaat untuk diri anda khususnya dalam melamar pekerjaan.

5. Memasukkan Keahlian yang Dimiliki

Cara membuat CV yang baik dan benar selanjutnya yaitu memasukkan keahlian yang dimiliki. Keahlian-keahlian yang dimasukkan ke dalam CV bisa menambah kualitas dari CV itu sendiri. Alangkah baiknya keahlian yang dimasukkan ke dalam CV sesuai dengan posisi yang anda lamar.

Keahlian dibagi menjadi dua jenis, ada yang berasal dari otodidak dan ada juga yang berasal dari pelatihan-pelatihan yang telah diikuti. Dari manapun keahlian yang anda dapatkan akan selalu menjadi nilai tambah untuk CV anda.

6. Tuliskan Capaian atau Penghargaan yang Pernah Diraih

Apabila anda memiliki capaian khusus, maka hal tersebut adalah sebuah nilai lebih. Tuliskan capaian atau penghargaan yang pernah anda dapatkan secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.

7. Tuliskan secara Singkat, Padat, dan Jelas

Setelah anda melengkapi cara membuat CV yang baik dan benar dengan lengkap, pastikan bahwa anda bisa menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan kata yang kaya makna, cerdas, dan efisien. Kemudian tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut. Termasuk di jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang pernah anda raih. Jangan menuliskannya secara melompat-lompat.

8. Baca dan Cek Kembali CV yang Telah Dibuat

Cara membuat CV yang baik dan benar terakhir adalah baca dan cek CV yang sudah anda buat. Langkah terakhir ini perlu dilakukan supaya CV yang sudah dibuat tidak ada kesalahan. CV yang sudah anda baca dan cek kembali setelah selesai membuatnya akan menghasilkan CV yang berkualitas. Dengan membaca dan mengecek kembali CV yang telah anda buat, anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang masih kurang di dalam CV dan hal-hal apa saja yang tidak perlu dicantumkan ke dalam CV.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat CV Secara Online

Selain cara membuat CV yang baik dan benar di atas, anda juga dapat membuat CV dengan mudah menggunakan aplikasi di website. Aplikasi ini dapat mempermudah anda dalam membuat CV, sebab anda tidak perlu mendesain secara manual. Aplikasi ini sudah menyediakan tamplate CV yang menarik dan contohnya. Salah satu aplikasi membuat CV secara online adalah aplikasi Canva. Berikut langkah-langkah atau cara membuat CV yang menarik secara online lewat Canva, yaitu:

1. Login atau daftar di Canva.

2. Kunjungi laman ini: https://www.canva.com/id_id/resume/contoh/

3. Pilih dari pustaka Canva atau melalui template-template CV yang telah disediakan.

4. Anda bisa juga mendesain dari awal dengan template A4 kosong.

5. Klik kotak teks untuk menambahkan data diri, riwayat hidup, pengalaman profesional yang pernah Anda miliki, dan isi format CV lainnya dengan mudah pada template yang tersedia.

6. Sesuaikan warna, font, dan tata letak sesuai kebutuhan Anda.

7. Setelah selesai, Anda hanya perlu mengunduh CV lamaran kerja dalam format apapun sesuai yang Anda butuhkan, sematkan secara online atau cetak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.