Sukses

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena COVID-19, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan resminya pada 14 Januari 2022 lalu mengungkap gejala COVID-19 yang paling sering muncul di Indonesia dan berada di peringkat teratas adalah demam, batuk, dan pilek atau flu.

Ini mengapa hidung tersumbat setelah terinfeksi COVID-19 sangat mungkin terjadi karena pengaruh pilek atau flu. Dalam dunia medis disebut Sinusitis Post COVID. Apa penyebab hidung tersumbat karena COVID-19?

Melansir Health Line, pada Senin (21/3/2022) ahli bernama Meredith Goodwin, MD, FAAFP menjelaskan penyebab hidung tersumbat karena COVID-19 adalah virus yang menumpuk di hidung hingga menyebabkan infeksi sinus.

“… maka virus dapat menumpuk di rongga hidung dan sinus, kemudian menyebabkan gejala sinusitis,” dijelaskan.

Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Decsa Medika Hertanto, Sp.PD dan Dokter Spesialis THT-Bedah Kepala Leher, dr. Muslim Kasim Sp.THT-KL, MSc membagikan tujuh cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 di akun Instagram pribadinya @dokterdecsa.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 dan penyebabnya, Senin (21/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Penyebab Hidung Tersumbat karena COVID-19

Demam, batuk, dan pilek atau flu merupakan gejala COVID-19 yang paling sering terjadi. Ini mengapa hidung tersumbat setelah terinfeksi COVID-19 sangat mungkin terjadi.

Hidung tersumbat adalah pertanda gejala COVID-19 seperti flu atau pilek memburuk. Dalam dunia medis, kondisi hidung tersumbat dan sakit tenggorokan karena terinfeksi COVID-19 disebut Sinusitis Post COVID.

Apa penyebab hidung tersumbat karena COVID-19?

Penyebab hidung tersumbat karena COVID-19 melansir Health Line, ahli bernama Meredith Goodwin, MD, FAAFP menjelaskan proses ihalasi (proses menghirup oksigen melalui hidung dan masuk ke paru-paru) terjadi melalui hidung.

“… maka virus dapat menumpuk di rongga hidung dan sinus, kemudian menyebabkan gejala sinusitis,” dijelaskan.

Meski mirip dengan sinusitis, diungkap gejala akibat infeksi COVID-19 sebenarnya cukup berbeda dengan sinusitis. COVID-19 adalah penyakit pernapasan yang memengaruhi saluran udara dan paru-paru. Juga, COVID-19 ditegaskan Goodwin gejalanya dapat memengaruhi sistem pencernaan dan sinusitis tidak.

Sementara sinusitis paling umum terjadi karena infeksi saluran pernapasan atas. Oleh karena itu, COVID-19 secara teoritis dapat menjadi penyebab hidung tersumbat atau infeksi sinus, meski sebenarnya belum ada penelitian tentang hal ini.

“Sejauh ini, hanya ada laporan sinusitis jamur pada orang dengan COVID-19. Sinusitis jamur adalah bentuk infeksi sinus yang jarang namun serius,” dijelaskan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena COVID-19

Penderita sekaligus penyintas COVID-19 sangat mungkin mengalami hidung tersumbat karena telah terjadi infeksi pada sinus akibat virus SARS-CoV-2. Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Decsa Medika Hertanto, Sp.PD dan Dokter Spesialis THT-Bedah Kepala Leher, dr. Muslim Kasim Sp.THT-KL, MSc membagikan cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 di akun Instagram pribadinya @dokterdecsa.

Ada tujuh cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 yang bisa dicoba. Apa saja?

1. Mencuci Hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 terutama untuk memperbaiki keluhan bisa dengan mencuci hidung. Cuci hidung dengan NaCL 0,9%.

2. Minum Air Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 terutama untuk mengencerkan dahak bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak air putih.

“Tujuannya untuk mengencerkan dahak,” jelasnya.

Hal yang sama dijelaskan Health Line, bahwa dalam kondisi demikian dokter akan merekomendasikan pengobatan seperti menjaga tubuh tetap terhidrasi dan banyak beristirahat.

3. Menjaga Kelembapan Udara

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 dilakukan dengan memanfaatkan humidifier atau menghindari penggunaan AC berlebihan.

Dalam kesempatan berbeda, dr. Decsa menjelaskan pada beberapa orang yang sensitif, sebaiknya kurangi penggunaan AC dan mengganti dengan udara luar dengan membuka jendela kamar.

4. Uap Air

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 direkomendasikan untuk mengandalkan uap air. Cobalah dengan menghirup uap air hangat untuk melegakan hidung tersumbat.

5. Cek Sirkulasi Udara

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 bisa dilakukan dengan mengecek sirkulasi udara di rumah atau ruangan. Menurut dr. Decsa, sirkulasi udara rumah harus bagus dan ventilasi harus dijaga dengan baik.

6. Hindari Asap Rokok

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 selanjutnya direkomendasikan untuk menghindari paparan asap rokok. Para ahli mengatakan, asap rokok dapat membuat hidung semakin sensitif dan rongga sinus rentan mengalami peradangan.

7. Menghindari Alergi

Cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 terakhir menghindari alergi yang dapat memperburuk sinusitis. Apa saja alergi yang dimaksudkan?

Para ahli kesehatan mengungungkap alergi yang dapat memperburuk kondisi sinusitis adalah berada di udara yang kering, menghirup polusi udara, membuang ingus terlalu kencang.

Kemudian mengonsumsi produk susu dan olahannya, merokok, berenang, mengonsumsi obat antihistamin tanpa resep dokter, mengonsumsi alkohol, serta naik pesawat terbang.

Itu tujuh cara mengatasi hidung tersumbat karena COVID-19 yang perlu dicoba. Sementara untuk COVID-19 parah yang perlu rawat inap dengan bantuan oksigen, Health Line menjelaskan dokter biasanya akan meresepkan obat antivirus atau obat untuk mencegah komplikasi.

“Infeksi sinus yang parah mungkin memerlukan antibiotik,” dijelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.