Sukses

Tes Kepribadian, Gambar Pertama yang Dilihat Ungkap Sifat Narsismu

Liputan6.com, Jakarta Narsis atau narsistik merupakan perilaku berlebihan pada diri sendiri yang ditandai dengan sikap arogan, percaya diri, dan egois. Sifat ini sebenarnya bisa jadi positif jika dilakukan atau terjadi pada momen yang tepat.

Namun, jika terjadi terlalu sering dan berlebihan, tentu saja tidak baik. Meski sifat narsis tidak merugikan orang lain secara langsung, tapi tetap saja melihat ada yang narsis pasti perhatianmu tertuju padanya.

Tak apa-apa kalau kamu pun merasa narsis. Pasalnya, setiap orang memiliki sisi narsisnya tersendiri. Hanya saja bentuk narsis itu berbeda-beda. Bisa jadi kamu dan saudaramu pun menyimpan sisi narsis yang tidak sama.

Sisi narsis yang dimiliki pun bisa saja terbentuk dari kepribadianmu. Jika kamu ingin mengetahui sifat narsismu, tes kepribadian berikut ini mungkin dapat menjadi alternatif menarik yang bisa dicoba.

Perhatikanlah ilustrasi yang ada di atas. Gambar pertama yang kamu lihat dapat ungkap sifat narsismu. Berikut penjelasan dari masing-masing gambar tersebut, dilansir Liputan6.com dai YourTango, Selasa (23/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Seorang wanita

Jika kamu langsung melihat seorang wanita, hal itu menunjukkan sisi narsis yang terletak pada penampilan fisikmu. Tak ada salahnya dari sisi narsis ini. Bukan berarti juga kamu selalu menilai orang dari penampilannya.

Namun memang harus diakui kamu memiliki sisi narsis dari segi tampilan fisik. Tanpa disadari, kamu juga sering membandingkan penampilanmu dengan orang lain.

3 dari 5 halaman

2. Sungai

Bagi kamu yang pertama melihat gambar sungai, berarti jika sifat narsis yang dimiliki adalah fokus pada status sosial. Kamu pada dasarnya tahu bahwa kualitas hubunganmu dengan orang lain itu sesuatu yang penting. Namun dalam perjalannya kamu tak terlepas dari ambisi mengejar karier.

Terkadang kamu berpikir bahwa status sosial seseorang menjadi lebih penting dibandingkan bagaimana sikapnya terhadapmu. Ambisi untuk mendapat status sosial itu menjadi semangatmu untuk maju. Namun kamu juga perlu mengetahui bahwa ada banyak hal menarik dari hidup di luar kemewahan dan penghasilan yang tinggi.

4 dari 5 halaman

3. Jembatan

Kalau kamu melihat jembatan maka sisi narsis kepribadianmu adalah kurangnya empati. Bukan berarti kamu orang yang dingin atau jahat Namun terkadang kamu terlalu cuek dengan lingkungan sekitar. Kamu pada dasarnya mampu merasakan perasaan orang lain. Kamu pun tahu bagaimana kondisi yang sedang terjadi.

Akan tetapi bagimu, perasaan orang lain bukanlah fokus tujuanmu. Sehingga terkadang kamu kurang menunjukkan kepedulian itu. Maka dari itu tak ada salahnya menunjukkan empati di momen yang tepat. Cobalah tanyakan lebih dalam bagaimana perasaan orang di sekitarmu dan tawarkan juga bantuan untuknya. Dengan begitu, kamu bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain.

5 dari 5 halaman

4. Perahu

Gambar pertama kali yang dilihat perahu, maka sisi narsismu terletak pada kepribadian mementingkan diri sendiri. Perlu disadari, bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam hidup perlu melepaskan ego dalam hati. Terkadang, kamu pun juga membutuhkan bantuan orang lain untuk mendapatkannya. Maka dari itu mengapa penting untuk membangun relasi dengan orang di sekitarmu.

Untuk menjadi hebat, kamu tak perlu meninggikan diri dan menjatuhkan orang lain. Kamu memang memiliki kemampuan hebat. Namun jangan lupakan juga untuk bangun hubungan yang baik dengan orang di sekitar. Hubungan timbal balik yang baik bisa mengantarkanmu pada kebahagiaan di masa depan. Sebab, kamu tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan bantuan orang lain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS