Sukses

12 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami yang Cepat dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi hidung tersumbat tentunya perlu segera dilakukan bagi yang mengalaminya. Pasalnya, kondisi ini bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Hidung tersumbat sendiri terjadi ketika saluran hidung meradang. 

Kondisi ini membuat saluran hidung dipenuhi banyak lendir yang menyumbat pernapasan. Hidung tersumbat bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali cara alami dalam mengatasi kondisi ini.

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa menggunakan langkah-langkah sederhana di rumah. Biasanya memang hidung tersumbat bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bila kamu ingin lebih cepat dalam mengatasinya, maka kamu bisa melakukan cara mengatasi hidung tersumbat secara alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/3/2022) tentang cara mengatasi hidung tersumbat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Tetap Terhidrasi

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama adalah dengan tetap terhidrasi. Selaput lendir bisa meradang selama sinus tersumbat. Tetap terhidrasi dapat membantu fungsi membran bekerja sebagaimana mestinya. Minum banyak air dan cairan lain dapat membantu meringankan gejala penyumbatan sinus.

Mencukupi kebutuhan cairan membantu mengencerkan lendir kental yang dapat menyumbat saluran hidung. Ketika hidung terasa mampat, cobalah untuk memenuhi asupan cairan minimal sekitar 11,5 gelas (untuk wanita) hingga 15,5 gelas (untuk pria).

Menghirup Uap

Menghirup uap adalah salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif. Menghirup uap atau bernapas di antara uap bisa membantu melonggarkan lendir di sinus. Menghirup uap dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Cara mudah menggunakan uap untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar, lalu hirup uapnya sambil membungkuk di atas mangkuk dengan handuk di atas kepala.

Sup Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi sup hangat. Mengonsumsi sup dari kaldu ayam yang hangat bisa membantu membersihkan hidung tersumbat serta mengencerkan lendir. Konsumsi kaldu ayam juga memiliki efek antiinflamasi ringan yang dapat membantu meringankan gejala flu atau pilek. Uap yang dikombinasikan dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi dari bahan-bahan sup inilah yang membantu membersihkan sinus.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Minyak Esensial

Minyak esensial adalah perawatan alami yang populer sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Orang-orang menggunakannya untuk meredakan penyumbatan sinus, membuka sumbatan hidung, dan meningkatkan drainase sinus. Minyak esensial yang bisa digunakan seperti minyak peppermint, lavender, eukaliptus, atau kayu putih.

Minyak esensial dapat dikombinasikan dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba, dan dioleskan ke kulit. Minyak esensial juga dapat ditambahkan ke diffuser dan digunakan sebagai aromaterapi.

Menggunakan Handuk Hangat

Handuk basah yang hangat menempel di wajah juga dapat membantu meredakan pembengkakan dan radang hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini juga dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap dengan menghirup udara lembap.

Cobalah merendam handung bersih ke dalam air hangat. Peras, lalu lipat dan letakkan di atas hidung bagian atas dan dahi bagian bawah. Kehangatan dapat membantu meredakan peradangan di lubang hidung dan sinus. Pada akhirnya ini akan mempermudah bernapas.

Menaikkan Kepala saat Tidur

Untuk membantu mendorong kelonggaran sinus, kamu bisa menaikkan kepala saat tidur. Caranya adalah menggunakan bantal ekstra untuk menopang kepala. Meninggikan kepala dapat mencegah lendir berkumpul di sinus di malam hari. Cara mengatasi hidung tersumbat ini juga dapat meredakan tekanan sinus.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Menggunakan Humidifier

Humidifier adalah alat yang berfungsi menambah kelembapan udara. Pelembap udara ini dapat membantu dengan memompa kelembapan ke udara yang dihirup. Ini pada gilirannya, dapat meningkatkan kelembapan di hidung dan mempermudah pernapasan. Menjalankan humidifier saat tidur juga dapat membantu membuka saluran hidung dan membuat tidur lebih nyaman. Cara mengatasi hidung tersumbat ini bahkan bisa meningkatkan kualitas tidur kamu.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang tidak akan menghilangkan pilek atau flu, tetapi dapat membantu mengatasi gejala yang tidak nyaman seperti hidung tersumbat. Mandi air hangat bisa mengendurkan dada yang tersumbat dengan menghirup uap. Cara mengatasi hidung tersumbat ini juga bisa membersihkan saluran hidung yang pengap dengan kelembapan.

Jahe Hangat

Buat ramuan teh jahe dengan menambahkan beberapa potong jahe dalam satu cangkir air, rebus selama 10 menit dan minum ramuan ini tiga kali sehari untuk menghilangkan atau mengatasi hidung tersumbat. Jahe hangat juga baik dikonsumsi saat flu. Jahe bisa mencegah pilek, mengatasi sakit tenggorokan, dan mengurangi peradangan. Jahe segar juga bersifat antibakteri dan dapat membantu melindungi dari virus flu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Teh Mint

Meskipun mint tidak benar-benar menghilangkan penyumbatan, kandungan mentol di dalamnya dapat menstimulasi reseptor saraf di saluran hidung. Ini akan membuat kamu merasa lebih mudah bernapas. Menyeduh secangkir teh peppermint dan menghirup uapnya dapat menenangkan tubuh dan melancrkan pernapasan.

Mentol dekongestan aromatik yang dapat membantu memecah dahak dan lendir, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Mentol dalam peppermint mengencerkan lendir, memecah dahak, dan meredakan batuk. Ini sebabnya peppermint banyak digunakan sebagai bahan untuk pengobatan flu.

Pijat Hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan pemijatan. Lakukan pemijatan hidung ketika hidung sedang tersumbat. Pemijatan beberapa bagian hidung bisa meningkatkan sirkulasi, sekaligus membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di hidung

Pijat hidung dengan jari telunjuk, lalu beri pijatan pada bagian tepi hidung selam 30 detik. Ulangi cara ini beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah untuk dikeluarkan.

Minyak Kayu Putih

Aroma dan hangatnya minyak kayu putih terbilang manjur melegakan hidung tersumbat. Caranya dorong wajah hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian, gantungkan handuk sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit.

Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS