Sukses

Cara Bermain UNO dan Aturannya yang Benar, Pahami Fungsi Kartu

Cara bermain UNO cukup mudah dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Cara Bermain UNO perlu diketahui oleh orang-orang yang ingin memainkannya. Pasalnya, ada berbagai peraturan yang perlu diikuti saat kamu seru-seruan main kartu warna-warni ini. Main UNO menjadi pilihan yang tepat saat bersantai bersama teman-teman. 

Tidak jarang kamu melihat tersedianya kartu UNO di kafe-kafe, karena memang permainan ini cocok dimainkan sembari nongkrong bareng teman-teman. Bahkan, anak-anak hingga orang dewasa pun bisa ikut bermain karena UNO tidak begitu sulit dimainkan.

Cara bermain UNO cukup mudah dipahami. Namun, sebelum bermain kamu tentu perlu memahami fungsi-fungsi dari setiap kartu. Melihat angka dan warna dari kartu UNO juga sangat penting dalam permainan ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/4/2022) tentang cara bermain UNO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Simbol pada Kartu UNO

Sebelum mengenali cara bermain UNO, kamu perlu mengetahui penjelasan dari simbol-simbolnya terlebih dahulu. Seperti yang telah diketahui, dalam kartu UNO terdapat berbagai macam simbol, seperti angka, warna, +2, +4, reverse, skip, blank, wild, hingga blank.

Setiap simbol pada kartu UNO tersebut memiliki fungsi masing-masing dan sangat penting dipahami sebagai cara bermain UNO. Berikut penjelasan simbol pada kartu UNO:

1. Kartu angka

Kartu angka memiliki 4 warna, yaitu merah, kuning, hijau, dan biru. Setiap kartu bertuliskan 1 angka mulai dari 0 sampai 9. Angka 1 hingga 9 memiliki 2 kartu di setiap warna. Sementara itu, angka 0 hanya berjumlah 1 kartu setiap warnanya. Jadi, total dari setiap warna adalah 19. Sehingga ada 19 merah, 19 kuning, 19 biru, dan 19 hijau.

2. Kartu +2

Kartu +2 digunakan ketika warna kartu teratas sama dengan warna kartu +2 yang kamu miliki, atau sama-sama merupakan kartu +2. Pemain selanjutnya yang terkena kartu ini dan tidak memiliki kartu +2 saat pemain sebelumnya mengeluarkan kartu +2, harus mengambil 2 kartu, dan tidak mendapat kesempatan bermain.

3. Kartu reverse atau putar balik

Kartu reverse boleh dikeluarkan menyesuaikan warna kartu sebelumnya, atau bisa juga dikeluarkan saat ada sesama reverse card. Kartu ini berfungsi untuk mengubah arah permainan, misal sebelumnya kita bermain searah jarum jam. Dengan adanya kartu reverse, maka perputaran permainan harus berubah berlawanan. Sementara itu, jika hanya ada dua pemain, maka kartu ini berubah menjadi kartu skip, artinya kamu bisa bermain lagi setelah mengeluarkan kartu ini.

4. Kartu skip

Untuk mengeluarkan kartu skip juga perlu menyesuaikan warna atau simbol pada kartu sebelumnya. Fungsi dari kartu ini adalah memberhentikan pemain selanjutnya sesuai dengan jumlah kartu skip yang dikeluarkan. Kalau kartu ini keluar pada awal permainan maka pemain pertama yang ada di sebelah kiri pengocok tidak boleh bermain, langsung lanjut ke pemain kedua.

5. Kartu +4

Kartu +4 hanya boleh digunakan ketika kamu tidak memiliki kartu lain di tangan yang dapat dimainkan. Maksud dari kartu ini hampir sama dengan +2, namun kali ini yang harus diambil adalah 4 kartu. Selain itu, kamu juga diperbolehkan memilih warna yang akan dimainkan selanjutnya jika mengeluarkan kartu ini. Kartu ini tidak sah di awal permainan, jadi jika pada permulaan yang muncul adalah kartu ini maka harap untuk dimasukkan lagi ke tumpukan kartu dan diganti dengan kartu lain.

6. Kartu wild

Kartu ini bisa dikeluarkan kapan saja, dan pada warna apa saja. Fungsinya hanyalah untuk mengganti atau memilih warna. Ini biasanya digunakan ketika pemain tidak mempunyai warna yang ada pada bagian atas kartu buangan. Jika kartu ini muncul pada permulaan permainan, pemain yang berada di sebelah kiri pengocok pada pemain pertama bisa bebas memilih warna apa yang ingin dia mainkan, kemudian mengeluarkan kartu pertamanya.

7. Kartu blank

Kartu ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu yang hilang. Misal kartu 7 kuning hilang, kamu bisa menggantinya dengan kartu kosong ini. Bisa juga dijadikan kartu lain dengan aturan yang kamu buat sendiri. Misalnya menjadi kartu keberuntungan yang bisa digunakan sesuka hati ketika hampir kalah, atau sebagai kartu mirror yang menduplikat kartu sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Cara Bermain UNO

Cara bermain UNO tidak begitu sulit untuk dipahami. Kamu juga bisa belajar dengan langsung praktik agar lebih cepat mengerti cara bermain UNO. Memahami cara bermain UNO akan membantu kamu untuk memenangkan permainan.

Berikut cara bermain UNO:

1. Kamu bisa bermain dengan 2 hingga 10 pemain. Setalah pemain terkumpul dan siap bermain, kocok kartu dan bagikan 7 kartu ke setiap pemain.

2. Setelah itu, letakkan sisa kartu UNO di tengah meja. Pastikan kartu dalam keadaan tertutup dalam tumpukan. Nantinya, tumpukan kartu tersebut akan diambil masing-masing pemain sepanjang permainan.

3. Selanjutnya, kamu bisa memulai pertandingan, balik kartu teratas di tumpukan kartu. Lalu, letakkan kartu teratas di sebelah tumpukan kartu dengan posisi menghadap ke atas.

4. Cara bermain UNO berikutnya yaitu keluarkan kartu sesuai warna, simbol, atau angka pada kartu yang telah dibuka.

5. Ambil kartu dari tumpukan jika kamu tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan.

4 dari 4 halaman

Cara Bermain UNO

6. Langkah selanjutnya tergantung pada kartu apa yang kamu keluarkan.

- Jika mengeluarkan kartu wild, kamu dapat menentukan warna yang harus dimainkan pada giliran selanjutnya.

- Jika kamu mengeluarkan kartu "Ambil 2" (+2), pemain berikutnya harus mengambil 2 kartu dan gilirannya dilewati.

- Sementara itu, jika kamu mengeluarkan kartu “Reverse” atau "Putar Balik", arah giliran di balik, sehingga pemain yang bermain sebelum kamu mengeluarkan kartu kembali mendapatkan giliran.

- Hal ini berlaku juga saat kamu mengelurkan kartu +4 dan skip. Langkah selanjutnya tergantung pada fungsi kartu-kartu spesial tersebut.

7. Katakan "UNO" jika kamu tinggal menyisakan satu kartu di tangan. Pastikan untuk tetap memainkan giliran sampai seorang pemain memiliki satu kartu saja.

8. Jika tidak mengatakan "UNO" di tahap ini, pemain lain yang mengetahuinya akan menghukum kamu. Namun, jika tidak ada pemain yang menyadari bahwa kamu tidak mengatakan "UNO", maka kamu tidak perlu mendapatkan hukuman.

9. Jika kamu bisa mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain selesai, maka kamu akan memenangkan permainan.

10. Cara bermain UNO terakhir yaitu menghitung poin setiap ronde. Pemain yang memenangkan permainan akan mendapatkan poin dari jumlah kartu yang tersisa di tangan para pemain lain. Catat poin untuk setiap ronde dan tetap bermain sampai ada pemain yang bisa mencapai 500 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.