Sukses

6 Contoh Pidato Berbagai Acara, Pilih Sesuai Kebutuhan

Pidato biasa ditampilkan untuk berbagai tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Contoh pidato sangat diperlukan bagi kamu yang mendapat kesempatan untuk membuka atau mengisi sebuah acara. Pidato berarti tindakan berbicara tatap muka kepada audiens langsung. Pidato biasa ditampilkan untuk berbagai tujuan. 

Contoh pidato bisa berisi pengajaran, persuasi, atau hiburan. Tiap jenis pidato membutuhkan pendekatan dan teknik yang sedikit berbeda. Contoh pidato sangat beragam tergantung pada acaranya.

Pidato adalah hubungan dinamis antara pembicara dan audiens. Contoh pidato yang baik harus melibatkan pendengarnya dengan ide atau proposisi sentral. Contoh pidato dibuat untuk memenuhi tujuan umum menginformasikan penonton.

Contoh pidato ini akan membantumu memberi gambaran ketika menyusun pidato. Berikut 6 contoh pidato beragam acara, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(8/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Contoh pidato perpisahan sekolah

Assalamualaikum wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna dalam acara perpisahan sekolah ....

Para hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatahdua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guruyang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kamipun dapat lulus dari Sini. Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yangbaik dan diberi kebahagiaan selalu. Juga untuk teman-teman semua.

Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kitasudah bersama-sama selama...tahun ini. Tapi tetap saya Juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke...., maupun institusi pendidikanlainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan. Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua Amin.

Wassalamualaikum Wr, wb.

3 dari 7 halaman

Contoh pidato tentang kesehatan

Assalamualaikum wr wb.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena telah diberikan kesehatan untuk mampu berdiri di mimbar ini dalam rangka menyampaikan sebuah pesan penting.

Hadirin, salah satu hal yang penting di dalam kehidupan kita adalah kesehatan. Kesehatan adalah hargayang tidak ternilai serta merupakan modal untuk menciptakan kehidupan yang Jauh lebih baik. Tanpa kesehatan, maka banyak aktivitas tidak mampu kita laksanakan. Sebuah kehidupan tanpakesehatan sama dengan pohon yang hanya mendapatkan sedikit air.

Kesehatan terbagi ke dalam dua hal yaitu kesehatan tubuh dan kesehatan spiritual. Dua jenis kesehatan ini harus mempunyai keseimbangan. Jika salah satu mengalami kerusakan, maka seseorang tidak bisa dikatakan sehat secara utuh.

Menjaga kesehatan tubuh dan mental dapat dilakukan melalui beragam cara. Pertama, tentu saja Anda disarankan untuk berolahraga. Anda bisa Jogging sebanyak 30 menit setiap hari, mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta beristirahat dengan cukup.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental, Anda disarankan untuk terus menjaga komunikasi dengan orang lain dan keluarga. Olahraga yoga juga mampu memberikan kenyamanan mental bagi Anda. Anda bisa melakukan yoga satu minggu sekali untuk mendapatkan kesehatan pikiran dan jiwa yang lebih baik.

Hadirin, kita semua tahu bahwa Indonesia saat ini mengalami pergantian iklim yang begitu cepat. Situasi ini membuat cuaca yang ada di sekitar kita mampu menyebarkan virus penyakit sehingga kitaharus selalu waspada. 1irus demam berdarah, batuk, dan pilek dapat menyerang tubuh kita secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya terus menjaga kebersihan tempat tinggal serta menggunakanmasker apabila meninggalkan rumah. Anda juga disarankan untuk meningkatkan kualitas dayatahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan.

Hadirin, kesehatan merupakan bagian terpenting di dalam kehidupan. Saya menganjurkan kepada Anda untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Terima kasih, wassalamualaikum wr wb.

4 dari 7 halaman

Contoh pidato kebersihan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi, marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin sekalian,

Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita, maka kita pun akan mendapat manfaatnya. Oleh karenanya, mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas, dan suka berbuat kebaikan.

Dengan mengajarkan menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

5 dari 7 halaman

Contoh pidato Kemerdekaan

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 76 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Seharusnya, peringatan Hari Kemerdekaan ini dapat dijadikan momen untuk merenungkan jasa dan perjuangan para pahlawan, sekaligus merenungkan kembali bagaimana kondisi negara ini, apakah merdeka yang dikatakan sudah sepenuhnya dirasakan, atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara panggung musik, padahal jika dicermati di antaranya tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini.

Mungkin memang sah-sah saja mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakannya. Tetapi, lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk merenungi bagaimana jasa para pahlawan serta kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini. Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, senantiasa agar negara ini damai.

Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita kelak nanti. Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini.

Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

6 dari 7 halaman

Contoh pidato Sumpah Pemuda

Selamat pagi, Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Salam sejahtera buat kita semua.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan berbahagia ini saya akan membawakan pidato tentang pemuda sebagai generasi kunci masa depan Indonesia.

Tahukah saudara-saudara, mau tidak mau kita sebagai pemuda generasi sekarang adalah pelopor kesuksesan NKRI. Sama seperti para pemuda dan pemudi pada zaman prakemerdekaan. Mereka adalah generasi penentu Indonesia pada zaman mereka.

Kenapa bisa saya berkata demikian? Ini dibuktikan dari perjuangan mereka untuk menciptakan sumpah pemuda. Mereka berjanji bahwa kita bertanah air satu, bertumpah darah satu, dan berbahasa satu, Indonesia. Selanjutnya janji mereka diperjuangkan lagi dengan cara mendesak para pemimpin negara untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Bahkan mereka menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok hanya untuk mendesak mereka.

Tanpa aksi pemuda-pemudi tersebut, para golongan tua hanya menunggu janji kemerdekaan dari Jepang, yang mungkin belum diketahui pasti apakah akan diberikan atau tidak.

Lalu beberapa puluh tahun berikutnya, para pemuda era 90-an melancarkan aksinya melawan pemerintahan otoriter Soeharto. Era reformasi dan negara demokrasi lahir berkat para pemuda.

Dari dua contoh itu, bisa dibayangkan betapa kuatnya pengaruh pemuda bagi bangsa. Kita tidak bisa diam, asyik dengan gawai kita, dan malas-malasan untuk berkegiatan. Kitalah yang menentukan nantinya Indonesia akan seperti apa. Kitalah masa depan Indonesia. Sekian pidato saya, terima kasih.

7 dari 7 halaman

Contoh pidato menjaga lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas

Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan, pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Satu di antara cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMA N xx Kota xx. Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari Jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk ades aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman sekalian, sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman", maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Ke depannya, saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.