Sukses

4 Fakta Meninggalnya Gilbert Gottfried Pengisi Suara Film Aladdin, Idap Penyakit Langka

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka tengah menyelimuti dunia perfilman Internasional. Gilbert Gottfried yang dikenal sebagai pengisi suara film Aladdin telah menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (12/4/2022) waktu setempat. Gilbert Gottfried yang terkenal dengan suara khasnya kini meninggalkan dunia hiburan untuk selamanya. 

Melansir dari Los Angeles Times, kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh keluarganya. Gilbert meninggal tepat di kota Manhattan, Amerika Serikat. Mantan komedian dan pengisi suara burung beo Iago di “Aladdin,” ini meninggal di usia 67 tahun setelah sekian  lama berjuang melawan penyakit. 

"Kami dengan sedih mengumumkan meninggalnya Gilbert Gottfried yang kami cintai setelah lama sakit," tulis keluarga artis itu dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di media sosial. 

Tak hanya Film Aladdin, deretan film besutan Disney turut menggaet Gilbert Gottfried. Meninggalnya Gilbert tentu menjadi duka mendalam bagi keluarga juga para penggemarnya. Berikut Liputan6.com merangkum fakta meninggalnya Gilbert Gottfried melansir dari berbagai sumber, Rabu (13/4/2022).

2 dari 5 halaman

Idap Penyakit Langka

Bukan tanpa alasan, diketahui pengisi suara karakter burung beo Iago dalam film Aladdin ini punya penyakit menahun. Siapa sangka, pria kelahiran 28 February 1955 ini mengidap penyakit langka yang menyerang jantungnya. 

“Gottfried meninggal karena penyakit otot genetik langka yang dapat memicu detak jantung abnormal yang berbahaya,” ujar teman lamanya, Glenn Schwartz mengatakan kepada Associated Press.

Atas meninggalnya Gilbert, ia turut meninggalkan seorang istri, Dara Kravitz, dan dua anak, yakni Lily dan Max.

3 dari 5 halaman

Bela Sungkawa dari Hollywood

Kabar meninggalnya Gilbert seketika tersebar dan menjadi duka di dunia perfilman. Kalangan artis Hollywood juga turut mengungkapkan duka atas kepergian Gilbert Gottfried, salah satunya adalah Dane Cook.

"Gilbert Gottfried tidak pernah tidak lucu. Dia pria yang menyenangkan, selalu ramah, dan membuat banyak orang tertawa," kata Dane Cook.

4 dari 5 halaman

Komedian Fenomenal

Gottfried menjadi terkenal berkat gaya stand up comedy-nya yang terbilang fenomenal. Ia mulai menggeluti komedi di pusat kota New York City pada usia 15 tahun. Kariernya makin melejit usai tampil di layar kaca membawakan program televisi Saturday Night Live membawakan 12 episode. 

Setelahnya bahkan GIlbert  juga tampil di program MTV. Awal tahun 90-an, Gilbert mulai membintangi film Hollywood berjudul “Problem Child’. Kala itu Gottfried berperan sebagai Mr. Igor Peabody. 

5 dari 5 halaman

Langganan Dubber Film Aladdin

Gilbert Gottfried selama ini dikenal lewat karakter Iago, karakter burung beo dalam film animasi Aladdin (1992), The Return of Jafar (1994), Aladdin and the King of Thieves (1996), dan sederet film Disney lainnya.

Aktor pengisi suara terkenal itu juga dikenal usai memerankan vokalnya yang menusuk dan melengking kepada burung Jafar dalam animasi klasik Disney "Aladdin. Tak hanya itu, Gilbert juga sempat mengisi suara bebek Aflac yang khas.