Sukses

Tata Cara Sholat Tahajud, Bacaan, dan Keutamaannya

Sholat tahajud harus dikerjakan pada waktu malam hari dan sesudah tidur.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu sholat tahajud? Memahami sholat tahajud berbeda dengan qiyamul lail yang bisa dilakukan sebelum tidur. Sholat tahajud harus dikerjakan pada waktu malam hari dan sesudah tidur. 

Dalam buku berjudul Sholat Tahajud & Kebahagiaan: Sholat Tahajud & Kebahagiaan oleh Abd. Muqit, ditegaskan tata cara sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan sesudah tidur.

Keutamaan menunaikan sholat tahajud tak perlu dipertanyakan lagi. Tahajud adalah sholat sunnah paling utama dibanding sholat sunnah lainnya. Sholat tahajud adalah pembuka pintu surga, termasuk sedekah rahasia, diampuni segala dosa, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang tata cara sholat tahajud, bacaan, dan keutamaannya, Jumat (15/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

Memahami tata cara sholat tahajud dan bacaannya adalah ditunaikan pada malam hari sesudah tidur. Tata cara sholat tahajud adalah berbeda dengan sholat qiyamul lail yang boleh dilaksanakan sebelum dan sesudah tidur.

Dalam buku berjudul Sholat Tahajud & Kebahagiaan: Sholat Tahajud & Kebahagiaan oleh Abd. Muqit, tata cara sholat tahajud dan bacaannya adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan sesudah tidur.

Ini tata cara sholat tahajud dan bacaannya:

1. Waktu Sholat Tahajud

Kapan waktu sholat tahajud dilakukan? Tata cara sholat tahajud untuk waktunya dibagi menjadi tiga sebagaimana dijelaskan dalam buku berjudul Panduan Sholat Sunnah Rekomendasi Rasulullah oleh Zezen Zainal Alim.

Waktu sebagai tata cara sholat tahajud yang tepat adalah di sepertiga malam pertama, yaitu kira-kira dari jam 20:30 sampai dengan jam 23:00. Lalu di sepertiga malam kedua, yaitu kira kira dari jam 23:00 sampai dengan jam 1:30 dini hari.

Terakhir waktu sebagai tata cara sholat tahajud di sepertiga malam ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1:30 dini hari sampai dengan masuknya waktu subuh. Waktu sebagai tata cara sholat tahajud ini adalah saat yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

2. Tata Cara Sholat Tahajud Bagian Niat

Tata cara sholat tahajud dan bacaannya adalah dimulai dengan membaca niat. Paling sedikit, tata cara sholat tahajud ditunaikan sebagai dua rakaat salam.

Ini tata cara sholat tahajud bagian niat:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla.

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

3. Tata Cara Sholat Tahajud Bagian Inti

Apabila sudah membaca niat sholat tahajud atau memahami tata cara sholat tahajud bagian niat, selanjutnya melakukan sejumlah gerakan sesuai tata cara sholat tahajud bagian inti berikut ini:

- Tata cara sholat tahajud gerakan pertama adalah takbiratul ikhram diikuti doa iftitah.

- Tata cara sholat tahajud dan bacaan kedua adalah membaca surat Al Fatihah.

- Tata cara sholat tahajud dan bacaan ketiga adalah membaca surat pendek dalam Al-Qur’an.

- Tata cara sholat tahajud gerakan keempat adalah rukuk.

- Tata cara sholat tahajud adalah dilanjutkan itidal.

- Tata cara sholat tahajud adalah kemudian sujud.

- Tata cara sholat tahajud gerakan ketujuh adalah mengulang gerakan seperti rakaat pertama dari takbiratul ihram.

- Tata cara sholat tahajud dan bacaannya kedelapan adalah membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua.

- Tata cara sholat tahajud terakhir adalah salam.

4. Tata Cara Sholat Tahajud Bagian Doa

Kementerian Agama Blitar menjelaskan sesuai tata cara sholat tahajud ada bacaan doa sholat tahajud yang berasal dari riwayat hadis Imam Bukhari. Dinyatakan, Rasulullah SAW jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa ini setelah menunaikan sholat tahajud sesuai tata cara sholat tahajud:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

5. Tata Cara Sholat Tahajud Bagian Membaca Istighfar

Tak hanya membaca doa, sesuai tata cara sholat tahajud yang dianjurkan adalah selesai membaca doa dilanjutkan membaca banyak istighfar. Ini bacaan istighfar sesuai tata cara sholat tahajud:

Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih

Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Ada enam keutamaan atau keistimewaan sholat tahajud yang perlu diketahui. Ini penjelasan keutamaan sholat tahajud yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pembuka Pintu Surga

Keutamaan sholat tahajud yang pertama adalah pembuka pintu surga. Adapun hadits yang mengamini keutamaan sholat tahajud, seperti dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan salat tahajud.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Sedekah Rahasia

Keutamaan sholat tahajud yang kedua adalah seperti sedekah yang dirahasiakan. Salat tahajud diumpakan seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia). Bila dibanding sedekah yang dilaksanakan secara terang-terangan di depan publik.

Maka dari itu, tidak heran ganjaran dari keutamaan sholat tahajud adalah dibukakan pintu surga untuknya. Sebuah kemuliaan yang dapat menuntunmu selamat dunia akhirat.

Dalam Al-Wur’an surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan keutamaan sholat tahajud. Bahwa orang yang senantiasa melakukan salat tahajud, akan mendapatkan ganjaran oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Berikut terjemahan Al-Qur’an Surat Az-Zariyat Ayat 15-18:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

3. Menghapus Dosa

Keutamaan sholat tahajud yang ketiga adalah dapat menghapus dosa. Selama menjalani kehidupan di dunia, manusia tidak pernah luput dari dosa, baik dosa besar dan dosa kecil.

Maka dengan keutamaan sholat tahajud, ada kesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Sebagaimana yang disampaikan oleh hadits mengenai k keutamaan sholat tahajud yang dapat menghapus dosa:

“Lakukanlah salat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Setelah mengerjakan salat malam atau tahajud di bulan Ramdan, ungkapkanlah berdoa kepada Allah SWT. Memohon ampunan atas dosa-dosa yang pernah diperbuat selama ini. Berdoa hingga menangis mengakui dosa bisa membuatmu tenang karena pada saat itu Allah SWT berada sangat dekat denganmu.

4. Kedudukan Terpuji

Keutamaan sholat tahajud yang keempat adalah mendapat kedudukan yang terpuji. Orang-orang yang melaksanakan ibadah salat tahajud di bulan Ramadan, akan keistimewaan yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat 79, yang artinya:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Tidak hanya mendapatkan kedudukan yang terpuji di akhirat kelak. Keutamaan sholat tahajud akan membuat orang-orang yang selama hidupnya, kedudukan terpuji akan didapatkan pula di dunia.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya.” (HR. Hakim; Hasan)

5. Doa Dikabulkan

Keutamaan sholat tahajud yang kelima adalah doa akan selalu diijabah atau dikabulkan. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir. Keutamaan sholat tahajud ini bisa didapat setelah sahur di bulan Ramadan.

Penegas dari keutamaan sholat tahajud atas segala doa yang dikabulkan tercantum dalam hadits berikut:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya.

Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Dalam hidup, manusia pasti memiliki hajat atau keinginan dan berharap dapat direalisasikan. Keutamaan sholat tahajud adalah satu dari banyak ikhtiar yang bisa dilakukan. Berdoa dan utarakan semua keinginan pada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mendengarkan dan mengabulkannya.

6. Sunnah Utama

Keutamaan sholat tahajud yang keenam adalah termasuk sunnah utama. Diantara Salat sunnah lain, salat tahajud merupakan yang paling utama. Salat yang disebut dengan qiyamul lail menjadi salat sunanyang paling utama.

Penjelasan mengenai keutamaan sholat tahajud ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya:

“Salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.” (HR. An Nasa’i)

Salat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Tentunya orang-orang saleh tersebut mengetahui bagaimana tata cara salat tahajud dan manfaatnya bagi diri mereka. Inilah keutamaan sholat tahajud sebagaimana rahasia kesalehan yang sesungguhnya.

“Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

Keutamaan sholat tahajud pun bisa menolak penyakit. Orang-orang yang mengamalkan salat sunnah yang diutamakan ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan penyakit daripadanya, dengan izin Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.