Sukses

Ilmuwan Ciptakan Sumpit Pengubah Makanan Hambar Jadi Asin, Bikin Hemat Garam

Liputan6.com, Jakarta Alat makan sumpit bukanlah hal yang asing di dunia kuliner. Cara makan ala Tiongkok ini telah merambah ke seluruh penjuru dunia. Bukan hanya sepasang stik alat makan, kini sumpit mampu menambah cita rasa pada makanan yang disantap.

Sebuah terobosan unik ini diciptakan oleh Produsen makanan Kirin dan Universitas Meiji. Melalui penelitian ekstensif, mereka telah mengembangkan sepasang sumpit yang dapat merangsang rasa asin pada makanan dengan kadar garam rendah.

Dilansir dari Reuters, uji klinis telah dilakukan pada orang-orang yang mengikuti gaya hidup makanan rendah garam, dan hasilnya menyebut sumpit ini meningkatkan rasa asin pada makanan rendah garam hingga 1,5 kali lipat. Tak heran hanya dengan garam yang sedikit makanan bisa bertambah asin dengan sumpit elektrik ini. 

“Rasanya selezat miso normal”, ujar seorang karyawan yang menjajal sumpit elektrik,Toshiaki Hyodo kepada Reuters. 

Bahkan para peneliti berambisi menghadirkan varian rasa manis pada sumpit elektrik guna memberikan pengalaman cita rasa yang khas. Berikut Liputan6.com merangkum penemuan unik ini melansir dari Universitas Meiji, Senin, (4/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Ilmu Kimia dan Elektronik

Triknya adalah menemukan bentuk gelombang listrik yang tepat. Gelombang listrik bakal mempengaruhi ion seperti natrium klorida yang bertanggung jawab atas rasa asin. Hasilnya rasa asin yang dirasakan oleh lidah akan meningkat. Para peneliti mengungkapkan arus listrik  ini juga memengaruhi ion dalam monosodium glutamat, yang bertanggung jawab atas rasa umami makanan seperti sup miso.

Dalam tes terakhir, subjek disajikan gel rendah garam yang sama tetapi memakannya dengan sumpit listrik. Hasilnya, skor rasa asin yang dirasakan naik 50 persen, membuat gel dengan kadar garam yang dikurangi menjadi lebih asin daripada gel asin asli.

3 dari 3 halaman

Alat yang Ringkas

Para peneliti Universitas Meiji, Tokyo, Jepang bahkan sudah memikirkan jauh hari bagaimana gawai ini digunakan. Mereka merancang perangkat sumpit peningkat rasa asin dengan memadukannya pada semacam jam tangan. Arus listrik yang dihasilkan cukup ramah, dan bisa dipakai siapa saja. 

Para peneliti di balik perangkat ini mengatakan arus yang digunakan terlalu lemah untuk memiliki efek pada tubuh manusia. Sedangkan Kirin Holding berencana untuk mulai memasarkan produk ini tahun 2023 mendatang. Bahkan mereka merencanakan sistem alat makan ini dapat diterapkan ke hampir semua bentuk peralatan makan dari mangkuk hingga sendok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.