Sukses

Bacaan Doa Tahajud dan Artinya, Lengkap Dzikir dan Tata Caranya

Liputan6.com, Jakarta Apa keutamaan dari membaca bacaan doa tahajud dan artinya? Islam mengistimewakan malam saat sholat tahajud ditunaikan, terutama di sepertiga malam terakhir karena ini waktu paling mustajab untuk berdoa.

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah SWT berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Kementerian Agama Blitar menjelaskan ada bacaan doa tahajud dan artinya yang berasal dari riwayat hadis Imam Bukhari dan Rasulullah SAW jika bangun dari tidurnya di tengah malam selalu membaca bacaan doa tahajud dan artinya tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas bacaan doa tahajud dan artinya, dzikir tahajud, dan tata cara sholat tahajud, Senin (9/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tahajud dan Artinya

Sholat tahajud adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak bacaan doa tahajud terutama di sepertiga malam terakhir. Ini waktu paling mustajab untuk berdoa.

Ketika banyak orang terlelap tidur, Allah SWT turun pada sepertiga atau penghujung malam untuk melihat hambanya yang memanjatkan bacaan doa tahajud. Sepertiga malam terakhir merupakan waktu mustajab untuk berdoa, di mana doa-doa mudah diijabah.

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah SWT berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Kementerian Agama Blitar menjelaskan sesuai tata cara sholat tahajud ada bacaan doa tahajud dan artinya yang berasal dari riwayat hadis Imam Bukhari. Dinyatakan, Rasulullah SAW jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu membaca bacaan doa tahajud sebagai berikut.

 

Bacaan Doa Tahajud Bahasa Arab:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Doa Tahajud dan Artinya:

“Ya, Allah!

Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.

Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.”

 

Memahami bacaan doa tahajud dan artinya di atas adalah dimulai dengan memuji kebesaran Allah SWT. Bacaan doa tahajud dan artinya juga memuat banyak permohonan berupa keridaan-Nya. Kemudian bacaan doa tahajud dan artinya ditutup dengan memohon pengampunan dosa serta mengakui ke-Esaan-Nya.

3 dari 4 halaman

Bacaan Dzikir Tahajud dan Artinya

Apabila sudah memahami bacaan doa tahajud dan artinya, lengkapi dengan memahami bacaan dzikir selesai sholat tahajud.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, bacaan dzikir selesai sholat tahajud dibaca 100 kali. Tujuan dari membaca bacaan dzikir selesai sholat tahajud adalah memuji dan mensyukuri nikmat Allah SWT.

Begini bacaan dzikir selesai sholat tahajud dan artinya yang dianjurkan:

1. Tasbih (سبحان الله)

“Subhanallah”

Artinya: Maha Suci Allah.

2. Tahmid (الحمد لله)

“Alhamdulillah”

Artinya: Segala Puji Bagi Allah.

3. Takbir (الله أكبر)

“Allahu Akbar”

Artinya: Allah Maha Besar.

4. Istighfar Pendek

“Astaghfirullah”

Artinya: aku mohon ampun kepada Allah.

5. Istighfar Panjang

“Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih"

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

6. Tambah Sayyidul Istighfar

Dzikir ini kerap dilantunkan oleh Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

"Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta."

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu."

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat tahajud berbeda dengan sholat qiyamul lail. Dalam buku berjudul Sholat Tahajud & Kebahagiaan: Sholat Tahajud & Kebahagiaan oleh Abd. Muqit, sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan sesudah tidur.

Begini tata cara sholat tahajud sesuai sunah:

1. Waktu Sholat Tahajud

Kapan waktu sholat tahajud dilakukan? Tata cara sholat tahajud untuk waktunya dibagi menjadi tiga sebagaimana dijelaskan dalam buku berjudul Panduan Sholat Sunnah Rekomendasi Rasulullah oleh Zezen Zainal Alim.

Waktu sholat tahajud adalah di sepertiga malam pertama, yaitu kira-kira dari jam 20:30 sampai dengan jam 23:00. Lalu di sepertiga malam kedua, yaitu kira kira dari jam 23:00 sampai dengan jam 1:30 dini hari.

Terakhir di sepertiga malam ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1:30 dini hari sampai dengan masuknya waktu subuh. Waktu sholat tahajud ini adalah saat yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

2. Bacaan Niat Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud adalah dimulai dengan membaca niat. Paling sedikit, sholat tahajud ditunaikan sebagai dua rakaat salam. Ini bacaan niat sholat tahajud:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla.

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

3. Sholat Tahajud

Apabila sudah membaca niat sholat tahajud, selanjutnya melakukan sejumlah gerakan sesuai tata cara sholat tahajud berikut ini:

- Takbiratul ikhram diikuti doa iftitah

- Membaca surat Al Fatihah

- Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an

- Rukuk

- Itidal

- Sujud

- Mengulang gerakan seperti rakaat pertama

- Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua

- Salam

4. Doa Sholat Tahajud

Lanjutkan tata cara sholat tahajud dengan membaca doa sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah SAW seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya.

5. Membaca Istighfar

Tak hanya membaca doa, sesuai tata cara sholat tahajud yang dianjurkan adalah selesai membaca doa dilanjutkan membaca banyak istighfar. Ini bacaannya:

Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih

Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.