Sukses

30 Tempat Wisata di Batu Malang yang Instagramable dan Kekinian

Tempat wisata di Batu Malang merupakan destinasi yang sangat tepat untuk liburan kamu.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Batu Malang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang Indonesia. Pasalnya, Batu menawarkan destinasi wisata yang sangat lengkap, dari destinasi alam hingga modern. 

Wisata Batu cocok untuk segala usia, baik bagi orang dewasa, anak muda, hingga wisata keluarga. Batu terkenal dengan kondisi alamnya yang indah dan berudara sejuk. Hal ini tentunya tidak lepas dari lokasinya yang terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian rata-rata 700-2.000 m di atas permukaan laut. 

Tempat wisata di Batu Malang merupakan destinasi yang sangat tepat untuk liburan kamu. Jika menginginkan perjalanan yang tenang dan nyaman, kamu bisa menikmati wisata alam Batu yang memesona. Sementara itu, jika ingin menikmati berbagai destinasi seru yang ramai, kamu bisa ke destinasi kota yang modern.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/5/2022) tentang tempat wisata di Batu Malang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Batu Malang Kawasan Perkotaan

Alun-Alun Batu

Seperti banyak alun-alun di berbagai kota di Indonesia, alun-alun Batu makin semarak di Malam hari. Banyak pujasera dengan berbagai makanan khas Batu, street-food, serta wahana ferris wheel atau komedi putar yang bisa kamu naiki untuk menikmati night view kota Batu dan Malang. Tak lupa ada jajanan terpopuler di Batu yakni Pos Ketan Legenda yang menyajikan kudapan berupa ketan dengan berbagai topping.

Museum Angkut

Museum Angkut adalah museum pertama di Asia Tenggara yang mengambil tema transportasi. Tempat wisata di Batu Malang ini membuat pengunjung dapat melihat perkembangan moda transportasi, dari yang menggunakan tenaga kuda hingga moda transportasi bertenaga listrik.

Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum Angkut memiliki luas sekitar 3,7 hektar. Area tersebut dibagi menjadi beberapa zona. Zona yang ada seperti zona edukasi, zona Jepang, Zona Uni Eropa serta Zona Gangster & Broadway.

Batu Night Spectacular (BNS)

Tak seperti taman hiburan yang ada di Batu kebanyakan, Batu Night Spectacular atau BNS justru buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00. Tempat wisata di Batu Malang ini menawarkan beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart. Harga tiket masuk ke BNS dipatok 20.000 Rupiah untuk hari biasa, serta 30.000 untuk akhir pekan.

Taman Hutan Kota Batu

Taman Hutan Kota Batu berada di Jl. Sultan Agung, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Taman kota satu ini sering jadi tujuan masyarakat sekitar untuk bersantai menikmati udara kota Batu yang sejuk. Taman ini jauh lebih sepi dibanding Alun-Alun Kota Batu.

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise merupakan wisata malam terbesar di Jawa Timur yang menawarkan keindahan gemerlap taman lampu LED dan taman lampion. Terdapat banyak wahana permainan yang dapat digunakan oleh semua umur, wahana yang dicari oleh pengunjung antara lain : Magic Journey 2, Roemah 147, Adventure land, dan Museum Ganesya.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Batu Malang buat Spot Foto Kekinian

De Tjangkul

De Tjangkul merupakan tempat wisata di Batu Malang bertemakan pertanian. Banyak spot menarik yang bisa dinikmati seperti rumah ala Belanda, ayunan, balon udara, karpet aladin, sepeda udara dan masih banyak lagi.

Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra berada di Jl. Trunojoyo, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Di sini terdapat berbagai objek wisata Instagramable seperti kebun bunga, bangunan ala Korea dan Eropa, lokasi edukasi, tempat bermain anak, dan masih banyak lagi.

Selecta

Kawasan Batu di Kabupaten Malang adalah dataran tinggi berhawa sejuk dengan hamparan pemandangan hijau di setiap sisi. Di sini ada Selecta, taman wisata dengan banyak spesies bunga cantik di dalamnya. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 25 ribu saja per orang. Apabila datang bersama rombongan, tiket masuknya jadi lebih murah lagi hanya Rp 20 ribu per orang.

Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berada dekat dengan Coban Rais. Lokasinya terletak di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Di sini terdapat kebun bunga yang memesona dengan latar belakang pegunungan yang sejuk dan asri.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Batu Malang Dataran Tinggi

Gunung Panderman

Bagi kamu yang suka mendaki, Gunung Panderman bisa jadi pilihan lokasi pendakian di Batu. Gunung ini memiliki puncak bernama Basundara yang berketinggian 2.045 mdpl. Diperlukan waktu kira-kira tiga jam untuk mendaki dan menuruni Gunung Panderman. Rute yang biasa digunakan untuk mendaki adalah rute Malang-Batu, Batu-Latar Ombo, dan Latar Ombo-Puncak.

Paralayang Batu

Paralayang Batu merupakan tempat yang tepat bagi penggemar olahraga ekstrem paralayang. Dari sini wisatawan bisa menikmati alam dari ketinggian bukit. Wisata kota Batu ini juga banyak digunakan oleh para atlet paralayang untuk latihan bahkan melukukan kompetisi.

Taman Langit

Taman Langit merupakan tempat wisata di Batu Malang kekinian selanjutnya. Taman Langit merupakan tempat populer untuk selfie di tengah deretan patung unik di depan pemandangan yang luas. Dari tempat ini juga kamu bisa menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Omah Kayu

Omah Kayu berlokasi di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata di Batu Malang ini merupakan kawasan pegunungan yang sejuk dan asri. Omah Kayu menawarkan penginapan berupa rumah pohon yang unik. Rumah-rumah pohon ini bisa menjadi lokasi ciamik untuk berfoto.

Goa Pinus

Goa Pinus termasuk tempat wisata di Batu Malang kekinian. Tak jauh dari lokasi Omah Kayu, wisata Batu Malang satu ini bisa jadi pilihan menarik untuk mencari spot foto. Tempat ini dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah gua bekas galian Jepang pada zaman dulu.

Arboretum Sumber Brantas

Arboretum Sumber Brantas merupakan kawasan konservasi yang di dalamnya terdapat titik nol mata air Sungai Brantas. Tempat wisata di Batu Malang satu ini memiliki hamparan taman bunga yang indah. Arboretum Sumber Brantas berada di sisi timur Gunung Anjasmoro dengan ketinngian 1.500 mdpl. Arboretum Sumber Brantas berlokasi di Jl. Raya Sumber Brantas No.213, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Batu Malang

Coban Rondo

Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang. Coban Rondo termasuk tempat wisata di Batu Malang yang sangat populer. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan masih banyak lagi. Di sini juga terdapat area labirin yang bisa menjadi tempat rekreasi menarik.

Coban Talun

Coban Talun berada di Desa Tulung Rejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Pengunjung bisa mencapai air terjun itu dengan melakukan treking dan melewati Hutan Pinus yang sejuk. Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami.

Coban Rais

Coban Rais berada di Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl. Untuk menuju tempat wisata di Batu Malang ini kamu perlu menyusuri hutan sejauh 7 km. Air terjun ini memberikan suasana sejuk menenangkan.

Coban Putri

Coban Putri merupakan tempat wisata di Batu Malang yang berada di Tlekung, Junrejo, Batu. Coban Putri memiliki air terjun bertingkat yang sangat eksotis. Selain air terjun, dari lokasi ini Kamu juga bisa menyaksikan indahnya pegunungan di Batu dari gardu pandang.

Coban Lanang

Coban Lanang berada di Pandanrejo, Bumiaji, Batu. Tempat wisata di Batu Malang ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 15 sampai 20 meter. Debit air di air terjun ini sangat deras dengan latar belakang pepohonan yang hijau dan asri.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Batu Malang buat Main Air

Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar terletak di Bumiaji kota Batu, yang mendapat sumber air panas dari Gunung Welirang. Temperatur yang tinggi di kolamnya baik dan berkhasiat untuk kulit.

Tempat wisata di Batu Malang ini memang populer di siang hari, namun jam buka dari Cangar cukup fleksibel sehingga kamu bisa datang di malam hari dan tak perlu berjubel dengan wisatawan lain untuk berendam. Harga tiket masuk Cangar dipatok 10.500 Rupiah belum termasuk parkir kendaraan.

Kaliwatu Rafting

Selain paralayang, di Batu Malang, kamu juga bisa merasakan sensasi menyusuri sungai lewat rafting. Wisata kota Batu ini berada di Jalan Raya Pandan Rejo, Kota Batu. Kaliwatu adalah nama dari sungai yang di gunakan untuk rafting.

Sengkaling Water Park

Sengkaling Water Park juga termasuk wisata kota Batu yang legendaris. Terletak di Jl. Raya Mulyoagung No.188, Kec. Dau, Malang, tempat ini selalu jadi destinasi rekreasi keluarga di kawasan Malang Raya. Sengkaling Water Park termasuk objek wisata dengan fasilitas lengkap mulai dari telaga, kolam renang, wahana bermain anak, hingga koleksi binatang.

Pemandian Songgoriti

Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti termasuk pemandian terkenal sekaligus bersejarah di Batu. Lokasinya berada sekitar 50 meter di sebelah barat dari Candi Songgoriti. Air di pemandian ini berasal dari mata air yang terletak di bawah Candi Songgoriti.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Batu Malang Edukasi dan Sejarah

Pura Giri Arjuno

Pura Giri Arjuno berlokasi di Tulungrejo, Bumiaji, Batu. Pura ini menjadi tempat ibadah agama Hindu terbesar di Batu. Pura ini tak kalah indah dari pura yang ada di Bali. Luas pura ini sendiri kurang lebih 6 hektare. Kompleks pura dipenuhi oleh berbagai bangunan bale yang dikhususkan untuk ritual tersendiri.

Candi Songgoriti

Candi Songgoriti atau Sanggariti adalah sebuah candi yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Candi Songgoriti adalah candi tertua di Jawa Timur yang belum diketahui secara pasti kapan masa pembangunannya. Candi ini diperkirakan berasal dari masa pemerintahan Mpu Sindok, yakni sekitar abad ke 9 sampai 10 Masehi. Candi Songgoriti berukuran 14,36 x 10 meter, tinggi 2,44 meter. Terdapat relung atau cekukan pada tubuh candi yang digunakan untuk tempat berdirinya arca.

Wisata Petik Apel

Kota Batu dan Malang terkenal dengan produksi apel lokalnya yang biasa disebut dengan apel malang. Perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu. Disini terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Di sini wisatawan akan disuguhi oleh hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu wisatawan juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya.

Jatim Park 1

Wisata di Batu ini berlokasi di Jalan Kartika No. 2 Batu. Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Beragam wahana dan atraksi yang bisa ditemukan antara lain seperti 360° Pendulum, Flying Tornado, Volcano Coaster, Science Center, hingga Galeri Etnik.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa dengan koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa. Jatim Park 2 berada di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu. Selain kebun binatang dan museum satwa, zona menarik di Jatim Park 2 lainnya adalah Eco Green Park. Di sini terdapat wahana wisata edukasi yang menarik untuk anak.

Jatim Park 3

Jatim Park 3 mengandalkan taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan. Wisata di Batu Malang ini berada di Jl. Ir Sukarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu. Jatim Park 3 mengusung tema dinosaurus sebagai daya tarinya. Tujuan wisata baru ini adalah memberikan edukasi sekaligus hiburan kepada pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.