Sukses

Contoh Kalimat Efektif Sesuai Ciri dan Syaratnya, Penting Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Contoh kalimat efektif bisa menjadi gambaran bagaimana menyusun kalimat yang baik. Kalimat efektif merupakan kalimat yang diperlukan dalam setiap penulisan. Kalimat efektif membuat pesan lebih mudah tersampaikan dan meminimalisir salah tafsir.

Terkadang, membuat kalimat juga memerlukan banyak latihan. Salah satu cara berlatih menulis kalimat efektif adalah dengan memahami contoh kalimat efektif itu sendiri. Contoh kalimat efektif terbektuk dari ciri dan karakteristiknya sendiri.

Mengenali contoh kalimat efektif akan membantu menyusun kalimat lebih mudah. Contoh kalimat efektif banyak ditemukan di tulisan ilmiah. Contoh kalimat efektif merupakan bentuk paling sederhana dari sebuah kalimat. Berikut contoh kalimat efektif dan ciri-cirinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (16/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal kalimat efektif

Sebelum mengamati contoh kalimat efektif, ada baiknya mengenali apa itu kalimat efektif sebenarnya. Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca seperti gagasan yang ada pada pikiran pembicara atau penulis. Sebuah kalimat dikatakan efektif ketika ia berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis.

Kalimat efektif terdiri dari kata-kata kata-kata mempunyai ide atau gagasan pembicara/ penulis. Kalimat yang efektif adalah kalimat yang menyampaikan maksud yang ingin disampaikan pembaca dengan jelas dan persuasif kepada pembaca. Sebuah kalimat dikatakan jelas jika tidak memiliki kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Selain itu, kejelasan berarti kalimat menggunakan kata-kata yang paling tepat dan tidak memiliki kata-kata yang tidak perlu. Paragraf dan seluruh teks jelas jika mereka memiliki kalimat topik yang menceritakan gagasan utama dan jika contoh dan alasan dijelaskan secara logis.

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri kalimat efektif

Salah satu cara mengenali contoh kalimat efektif adalah dari ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri kalimat efektif:

- Memiliki unsur penting atau pokok, minimal unsur Subjek-Predikat.

- Taat terhadap tata aturan ejaan yang berlaku.

- Menggunakan diksi yang tepat.

- Menggunakan kesepadanan antara struktur bahasa dan jalan pikiran yang logis dan sistematis.

- Menggunakan kesejajaran bentuk bahasa yang dipakai.

- Melakukan penekanan ide pokok.

- Mengacu pada kehematan penggunaan kata.

- Menggunakan variasi struktur kalimat.

4 dari 5 halaman

Syarat kalimat efektif

Kelogisan

– Kalimat pasif dan aktif harus jelas

– Subjek dan keterangan harus jelas

– Pengantar kalimat dan predikat harus jelas

– Induk kalimat dan anak kalimat harus jelas

– Subjek tidak ganda

– Predikat tidak didahului kata yang

Kepararelan

Predikat kalimat majemuk setara rapatan harus pararel. Artinya, jika kata kerja, harus kata kerja semuanya; jika kata benda harus kata benda semuanya.

Ketegasan

Unsur-unsur yang ditonjolkan diletakkan di awal kalimat. Membuat urutan yang logis. Misalnya 1, 2, dan 3 ; kecil, edang, dan besar; anakanak,remaja dan orang tua, dsb.

Kehematan

Kehematan adalah penggunaan kata-kata secara hemat, tetapi tidak mengurangi makna atau mengubah informasi. Menghilangkan pengulangan subjek yang sama pada anak kalimat. Menghindarkan pemakaian superordinat pada hiponimi kata. Menghindarkan kesinoniman kata dalam kalimat.

Ketepatan

Ketepatan ialah pemakaian diksi atau pilihan kata harus tepat. Pemakaian kata harus tepat. Kata berpasangan harus sesuai. Menghindari peniadaan preposisi.

Kecermatan

Cermat ialah kalimat yang dihasilkan tidak menimbulkan tafsir ganda dan harus tepat diksinya. Prinsip kecermatan berarti cermat dan tepat menggunakan diksi. Agar tercapai kecermatan dan ketepatan diksi, perlu untuk menghindari penanggalan awal, peluluhan bunyi/ c /, hindari /i / s /, / p /, / t /, dan / k / yang tidak luluh, dan hindari pemakaian kata ambigu.

Kepaduan

Kepaduan ialah informasi yang disampaikan itu tidak terpecah-pecah. Kallimat tidak bertele-tele dan harus sistematis. Kalimat yang padu menggunakan pola aspek-agen-verbal atau aspek-verbal-pasien. Di antara predikat kata kerja dan objek penderita tidak disisipkan kata daripada/tentang.

Kesejajaran

Kesejajaran adalah penggunaan bentuk-bentuk yang sama pada kata-kata yang paralel. Agar kalimat terlihat rapi dan bermakna sama, kesejajaran dalam kalimat diperlukan.

Keharmonisan

Keharmonisan kalimat artinya setiap kalimat yang dibuat harus harmonis antara pola berpikir dan struktur bahasa.

 

5 dari 5 halaman

Contoh kalimat efektif

Berikut contoh kalimat efektif:

1. Kalimat tidak efektif: Harga minyak disesuaikan atau kenaikan itu secara wajar.

Kalimat efektif: Harga minyak disesuaikan atau dinaikan secara wajar.

2. Kalimat tidak efektif: Maskapai tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dokumen, kerusakan barang, busuknya makanan, dan jika hewan yang diletakkan di dalam bagasi tiba-tiba mati.

Kalimat efektif: Maskapai tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dokumen, kerusakan barang, kebusukan makanan, dan kematian hewan.

3. Kalimat tidak efektif: Rumah penduduk di kota itu terang benderang oleh cahanya (lampu) neon.

Kalimat efektif: Rumah penduduk di kota itu terang benderang oleh neon

4. Kalimat tidak efektif: Gejala (penyakit) TBC pada dirinya sudah lama diketahui.

Kalimat efektif: Gejala TBC pada dirinya sudah lama diketahui.

5. Kalimat tidak efektif: Saran yang dikemukakakan olehnya akan dipertimbangkan oleh kami

Kalimat efektif: Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan

6. Kalimat tidak efektif: Suasana di pasar sangat ramai sekali

Kalimat efektif: Suasana di pasar sangat ramai

7. Kalimat tidak efektif: Riana rajin belajar agar supaya menjadi pintar

Kalimat efektif: Riana rajin belajar agar menjadi pintar

8. Kalimat tidak efektif: Meski cantik, namun Vina tidak sombong

Kalimat efektif: Meski cantik, Vina tidak sombong

9. Kalimat tidak efektif: Minggu kemarin banyak para pegawai yang melakukan demonstrasi

Kalimat efektif: Minggu kemarin, banyak pegawai yang melakukan demonstrasi

10. Kalimat tidak efektif: Baik mahasiswa baru atau mahasiswa lama dikenakan peraturan yang sama

Kalimat efektif: Seluruh mahasiswa dikenakan peraturan yang sama

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.