Sukses

7 Potret Perbatasan Antar Negara Ini Unik, Pakai Pagar Berduri hingga Gambar Ikan

Liputan6.com, Jakarta Garis batas antar negara menjadi salah satu aspek penting dalam kedaulatan suatu negara. Tak heran jika untuk mencapai kedamaian, setiap negara yang bersebelahan punya titik perbatasan yang diakui semua pihak. Ternyata batas wilayah setiap negara tak semuanya sama, bahkan wujudnya berhasil mencuri perhatian. 

Beberapa batas negara terbagi mulai dari daratan, hingga perairan. Daerah darat umumnya digunakan pagar pembatas. Sedangkan perairan seperti laut digunakan garis imajiner. Berbeda lagi dengan memanfaatkan sungai jadi pembatas antar negara yang alami.

Deretan foto perbatasan antar negara ini terlihat unik, menandakan setiap negara punya ciri khasnya masing-masing. Mulai dari gambar ikan, hutan gundul dan rindang, hingga kawat berduri. Bahkan batas tiga negara dibuat mirip meja dan kursi taman.

Keunikan batas negara ini jadi bukti bagaimanapun wujud batas negara, yang paling penting adalah kedamaian, keamanan dan kedaulatan kedua negara yang bersebelahan. Berikut Liputan6.com merangkum potret unik batas negara melansir dari Bored Panda, Rabu (18/5/2022).

2 dari 8 halaman

1. Beberapa perbatasan antar negara memanfaatkan alam jadi batas wilayahnya, seperti sungai yang membatasi negara Argentina, Brasil, dan Paraguay.

3 dari 8 halaman

2. Namun manusia juga bisa membuat batas negaranya sendiri, terlihat jelas batas negara Brazil dan Bolivia, hutan gundul dan lebat.

4 dari 8 halaman

3. Garis di tengah hutan ini bukanlah jalan, melainkan tanah kosong yang sengaja dibuka dan tertutup salju, lurus sesuai dengan peta batas antar negara Norwegia dan Swedia.

5 dari 8 halaman

4. Batas kedua negara Polandia dan Ukraina ini dari udara terlihat unik, ada dua gambar ikan raksasa yang membelah jalan batas antar negara.

6 dari 8 halaman

5. Bak simbolkan kedamaian dan keharmonisan, batas antar negara Slovakia, Austria, dan Hongaria ini diwujudkan dalam sebuah meja kursi taman.

7 dari 8 halaman

6. Kali ini batas antar negara hanya sebuah garis putus-putus yang membagi negara Belanda dan Belgia.

8 dari 8 halaman

7. Sudah banyak orang tahu, latar belakang negara juga menentukan batas kedua wilayahnya, seperti India dan Pakistan dengan pagar kawat berduri yang ketat.