Sukses

Demi Lindungi Anaknya, Wanita Ini Nyamar Jadi Pria Selama 36 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ibu tentu ingin melindungi buah hatinya dari mara bahaya maupun lingkungan yang dirasa tak aman. Bahkan seorang ibu bisa saja mengambil langkah dan tindakan luar biasa demi anaknya. Tak heran jika pengorbanan seorang ibu tak perlu diragukan lagi.

Seperti yang dilakukan oleh seorang wanita paruh baya ini. Demi melindungi anak perempuan semata wayangnya, wanita ini rela menyamar menajdi seorang pria. Tak tanggung-tanggung, penyamaran itu ia lakukan selama 36 tahun.

Mengutip dari New Indian Express, perubahan Petchiammal yang kini berusia 57 tahun itu dilakukan setelah sang suami meninggal dunia. Berdandan dan bersikap menjadi seorang pria bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi ia harus "tampil berani" disaat-saat tertentu. 

Aksinya itu ia mulai saat berusia 20 tahun, tak lama setelah ia melahirkan anak perempuan yang diberi nama Shamugasundari. Sejak kematian suaminya, ia banting tulang demi membesarkan putri satu-satunya itu. Namun karena kerap mendapatkan diskirminasi, ia pun lantas menyamar menjadi pria.

2 dari 3 halaman

Menyamar Jadi Pria Selama 36 Tahun

Wanita berusia 57 tahun bernama Petchiammal menceritakan kisah hidupnya yang tak pernah terlintas oleh orang lain. Selama hampir 36 tahun, dirinya menyamar menjadi seorang pria. Hal itu ia lakukan demi melindungi putri semata wayangnya, Shamugasundari.

Aksi penyamarannya itu berawal dari sang suami yang meninggal dunia saat ia masih berusia 20 tahun. Kala itu tak lama setelah ia melahirkan putrinya tersbeut. Takut tak bisa melindungi putrinya, ia pun kemudian menyamar menjadi pria. Dengan cara itu pula ia bsia dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

3 dari 3 halaman

Alami Diskriminasi

Di India sudah menjadi rahasia umum jika di lingkungan pekerjaan, pria lebih diuntungkan daripada wanita. Pengalaman itu pun sudah pernah dialami Petchiammal. Bahkan ia pernah mendapatkan diskriminasi dan pelecehan.

Pengalaman pahit itulah yang membuat ia nekat menyamar menjadi seorang pria. Tak cuma mengubah penampilannya, ibu satu anak ini juga mengubah namanya menjadi Muthu.

"Hanya saudara dekat dan anak perempuan saya saja yang tahu saya wanita," tuturnya dikutip dari mStar oleh Liputan6.com, Rabu (18/5/2022).

Kini anak tunggalnya itu sudah menikah. Bahkan keadaan ekonomi keluarga mereka kini jauh lebih baik dan stabil. Meski kini sudah tak perlu lagi melindungi putrinya, Petchiammal belum mau mengganti identitas dan membuang nama Muthu. Ia berniat untuk menggunakan identitas itu selamanya.