Sukses

12 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Ketahui Letak Kerusakannya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ac mobil tidak dingin punya banyak pemicu. AC merupakan bagian penting dalam mobil. AC akan mendinginkan suhu udara saat mobil berjalan atau berhenti. Dengan AC, sirkulasi udara akan berjalan dengan baik. Ketika AC rusak, sirkulasi udara akan terganggu.

Sistem pendingin udara di kendaraan bisa rumit karena lokasi selang dan saluran. Pada dasarnya, sistem AC kendaraan mengompresi dan memanaskan zat pendingin, kemudian membiarkannya mendekompresi dan mengembun menjadi cairan yang menyebabkannya kehilangan panas dengan cepat. Proses ini menyerap panas dari kabin mobil dan terus berulang untuk mencapai suhu yang diinginkan. Penyebab ac mobil tidak dingin terjadi ketika proses ini terganggu.

Ketika hal ini terjadi, penyebab ac mobil tidak dingin harus segera ditemukan. Penyebab ac mobil tidak dingin bisa dipicu oleh masalah listrik, mesin, kondensor, hingga freon. Untuk mengatasi penyebab ac mobil tidak dingin bisa dengan membawanya ke tempat servis yang profesional.

Mengenali penyebab ac mobil tidak dingin bisa membantu menentukan perbaikan yang tepat. Berikut penyebab ac mobil tidak dingin, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(18/5/2022).

2 dari 5 halaman

Penyebab ac mobil tidak dingin

Kebocoran Freon

Penyebab ac mobil tidak dingin salah satunya adalah kebocoran freon. Freon adalah zat pendingin kimia yang mendinginkan udara hangat sebelum diembuskan kembali ke mobil. Karena sistem pendingin udara saat ini bisa sangat rumit dan membutuhkan freon dalam jumlah tertentu untuk beroperasi, kebocoran pada sistem bisa menjadi masalah besar. Kebocoran bisa dari selang yang rusak, paking yang longgar atau hanya sambungan yang longgar.

Kebocoran Refrigeran

Dengan tekanan rendah dalam sistem, kompresor tidak akan dapat berputar dengan benar, dan karenanya udara akan menjadi panas. Kebocoran pada refrigeran adalah penyebab ac mobil tidak dingin. Sebenarnya, refrigeran membuat kabin tetap dingin. Dalam kasus maksimum, ini terlihat bahwa kebocoran pada refrigeran adalah penyebab umum AC mobil tidak berfungsi.

Butuh pengisian ulang

Bahkan AC terbaik pun dapat kehilangan sedikit zat pendingin selama beberapa tahun, biasanya sangat lambat sehingga bahkan tidak pernah menyadari perbedaannya. Jika Anda memperhatikan bahwa AC mobil tidak dingin, freon mungkin perlu diisi ulang.

 

3 dari 5 halaman

Penyebab ac mobil tidak dingin

Kompresor AC tidak menyala

Jantung dari setiap sistem pendingin udara adalah kompresor yang tugasnya mengompresi freon. Ketika freon kemudian mengembang, udara menjadi sangat dingin. Udara yang diembuskan melintasi logam yang diisi dengan freon dingin menyebabkan udara menjadi dingin dengan cepat. Jika kompresor tidak bekerja, udara tidak akan menjadi dingin. Dan kompresor mungkin tidak berfungsi karena tingkat freon rendah, masalah kelistrikan, atau mesin yang terlalu panas.

Penyumbatan Kondensor AC

Penyebab ac mobil tidak dingin salah satunya adalah penyumbatan pada kondensor. Tugas kondensor adalah mengubah gas freon kembali menjadi cair. Jika kondensor tersumbat oleh serpihan atau rusak, refrigeran tidak akan mengalir. Ketika ini terjadi, mobil tidak akan mendapatkan udara dingin atau bahkan sejuk dari AC. Seiring waktu, debu dan kotoran dapat menumpuk yang akan menyebabkan penyumbatan.

Masalah Listrik

Mungkin juga ada alasan yang sangat sederhana AC mobil tidak dingin, dan itu adalah listrik. Beberapa bagian sistem AC, termasuk kompresor adalah listrik. Dan sesuatu yang sederhana seperti sekering yang putus dapat menyebabkannya berhenti bekerja. Korsleting yang tidak diinginkan pada unit listrik adalah alasan lain yang tidak terduga yang menyebabkan AC mobil berhenti bekerja.

 

4 dari 5 halaman

Penyebab ac mobil tidak dingin

Kegagalan Kompresor AC

Kompresor ac mobil menggerakkan refrigeran di bawah tekanan tinggi sebelum mencapai kondensor. Sistem ac mobil tidak akan berfungsi maksimal dengan kompresor yang rusak. Kompresor perlu diperbaiki jika tidak digunakan dalam waktu lama.

Kerusakan Kondensor

Kondensor adalah unit khusus di mobil yang membuat refrigeran tetap dingin dan kemudian mengalir melalui blower dengan mengubah udara panas menjadi udara dingin. Penyebab ac mobil tidak dingin disebabkan karena bagian yang berbeda tidak berfungsi. Sampah dan kotoran dari jalan mungkin tidak menghalangi kondensor ac mobil, tetapi merusaknya atau menyebabkan kerusakan total.

Mesin terlalu panas

Mesin yang terlalu panas akan membuat kipas di radiator bekerja tidak efektif. Ini tidak hanya akan menghentikan kondensor dari pendinginan kendaraan serta efisiensi maksimum refrigeran akan digunakan untuk meniupkan udara panas di dalam mobil.

5 dari 5 halaman

Penyebab ac mobil tidak dingin

Kerusakan Kipas

Seiring waktu pengumpulan puing-puing pada kipas motor dapat mengakibatkan kerusakan, yang pada gilirannya menghalangi aliran udara dingin ke kondensor sehingga menerima udara hangat bahkan dengan AC dihidupkan. Kondensor ac mobil tidak akan menerima pendinginan yang memadai dengan kipas yang tidak berfungsi, dan seiring berjalannya waktu, Anda mulai menerima udara panas alih-alih dingin.

Penumpukan Jamur

Ketika cenderung tidak merawat AC mobil dalam waktu lama, mikroorganisme kecil dapat menghalangi ventilasi AC. Bakteri ini dapat memblokir ventilasi AC dan mempengaruhi prosedur pendinginan. Ketika ini terjadi, tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba, ventilasi tidak berfungsi dengan baik. Itu salah satu penyebab AC mobil tidak mendinginkan kabin dengan baik.

Sekering terbakar

Sekering terbakar adalah alasan lain untuk penyebab ac mobil tidak dingin. Tidak hanya menghentikan kompresor, terbakarnya sekering juga menyebarkan udara panas di dalam kabin, Selain itu, satu sekring yang meledak dapat memengaruhi seluruh sirkuit yang terpasang di dalam mobil.