Sukses

12 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Bikin Kulit Wajah Sehat dan Ternutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat madu untuk kecantikan tak perlu diragukan lagi. Manfaat madu untuk kecantikan sudah dikenal sejak nenek moyang. Tidak hanya melembapkan dan mencerahkan kulit wajah, beragam kandungan nutrisi di dalamnya juga diketahui efektif untuk menurtrisi kulit wajah.

Madu adalah antiseptik alami yang menyembuhkan kulit dengan cepat. Sifat antibakterinya membantu menghilangkan bakteri dan kuman dari kulit Anda. Sehingga, dapat mengurangi peradangan kulit yang memicu jerawat dan sarat dengan antioksidan.

Manfaat madu untuk kacantikan berasal dari  kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat madu secara optimal, anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat madu untuk kecantikan yang  telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Madu untuk Kecantikan

1. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Madu diketahui mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa madu baik digunakan sebagai masker wajah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Masker madu juga dapat digunakan sebagai bahan alami eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan demikian, Anda pun dapat terhindar dari munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus atau keriput.

3. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Wajah

Tidak hanya mengatasi tanda-tanda penuaan dini, masker madu juga diketahui mampu mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Manfaat madu ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya dan bisa lebih efektif jika dikombinasikan dengan lemon.

4. Mengatasi Jerawat

Madu juga mengandung senyawa aktif yang bersifat antiradang dan antibakteri. Kandungan inilah yang membuat madu dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Madu untuk Kecantikan

5. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Manfaat madu untuk kecantikan yang selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko kenker kulit. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa madu juga bersifat antikanker. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat  menghambat pertumbuhan sel penyebab kanker kulit.

6. Melembapkan Kulit

Manfaat madu untuk kecantikan yang lainnya adalah untuk bantu lembapkan kulit. Alasan mengapa madu sering ditemukan sebagai bahan dasar untuk hampir setiap produk kecantikan adalah karena madu dapat melembapkan kulit dari dalam. Enzim yang ada dalam madu memungkinkannya dengan mudah meresap ke dalam kulit sambil mengkondisikannya dan melembutkannya dari dalam. Untuk menggunakan madu sebagai masker pelembap cukup mudah, yaitu dengan menggunakan satu sendok madu pada kulit yang bersih dan kering, dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Hal ini akan berfungsi sebagai masker pelembap yang sempurna.

7. Cocok untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit yang sensitif memang bisa dikatakan membutuhkan perawatan ekstra. Dengan masker madu, anda bisa atasi berbagai gejala bagi pemilik kulit sensitif. Seperti alergi, kemerahan, atau iritasi. Adanya kandungan antiinflamasi dapat membantu untuk menenangkan kulit dan cocok sebagai perawatan utama bagi kulit sensitif.

8. Pembersih Pori

Manfaat madu yang berikutnya yakni untuk membersihkan pori-pori. Sangat sedikit madu yang bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Karena madu mengandung sifat antioksidan, antiseptik, dan antibakteri, madu dinilai dapat membantu membersihkan kulit dari komedo dengan menghilangkan kotoran dari pori-pori. Madu juga dapat menghidrasi dan mengencangkan pori-pori untuk kulit yang bersih.

Untuk menggunakan madu sebagai pembersih pori, Anda bisa mencampurkan satu sendok madu dengan dua sendok minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan ke kulit yang bersih dan kering, dan pijat dengan lembut dan gerakan melingkar, perku diperhatikan untuk menghindari area mata. Lalu bilas dengan air dingin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Madu untuk Kecantikan

9. Sebagai Eksfoliator Lembut

Manfaat madu untuk kecantikan lainnya adalah sebagai eksofoliator yang baik. Eksofoliator buatan sering menyebabkan kulit menjadi merah dan dapat menyebabkan iritasi. Untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut mulailah beralih ke madu sebagai eksfoliator Anda. Madu membantu pengelupasan kulit wajah dan kulit dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini pada akhirnya akan membuat wajah Anda tampak lebih cerah.

Untuk menggunakan madu sebagai eksfoliator Anda bisa mencampurkan dua sendok madu dengan satu sendok baking soda. Percikkan kulit Anda dengan air, lalu gosok perlahan ramuan tersebut pada wajah atau tubuh Anda dengan gerakan memutar. Terakhir, bilas sampai bersih.

10. Mengatasi Kulit Terbakar

Madu dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengobati luka bakar. Madu meningkatkan penyembuhan dengan mengurangi peradangan dan memberikan nutrisi ke jaringan yang rusak. Inilah yang membuat madu menjadi obat yang luar biasa untuk kulit terbakar. Untuk menggunakan madu pada kulit yang terbakar sinar matahari, Anda bisa mencampurkan satu bagian madu mentah dengan dua bagian gel lidah buaya murni. Oleskan dengan lembut ke kulit yang terbakar sinar matahari.

11. Mengatasi Bibir Kering

Penggunaan lipstik secara terus menerus dapat membuat bibir anda pecah-pecah dan dehidrasi. Anda akan senang mengetahui bahwa mengoleskan madu murni pada bibir secara teratur dapat membuatnya halus dan lembut. Yang perlu dilakukan hanya mengoleskan madu ke bibir setiap malam sebelum tidur. Obat alami untuk bibir pecah-pecah ini dapat meningkatkan kesehatan bibir anda.

12. Menghilangkan Bekas Jerawat

Terdapat kandungan antiseptik dan antioksidan yang tidak hanya berguna untuk menyembuhkan jerawat. Melainkan secara efektif juga dapat menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan penggunaan secara rutin. Dengan menggunakan madu sebagai masker wajah, maka akan sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.