Sukses

30 Jenis Aglonema Berdaun Segar, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Aglonema merupakan tanaman hias yang paling banyak digemari.

Liputan6.com, Jakarta Jenis aglonema punya beragam bentuk, warna, dan ukuran. Aglonema merupakan tanaman hias yang paling banyak digemari. Jenis-jenis aglonema bahkan dibanderol hingga jutaan rupiah. 

Aglonema adalah tanaman hias yang sangat mudah untuk tumbuh. Jenis aglonema termasuk tanaman yang bisa dengan mudah dirawat. Berbagai jenis aglonema bisa menjadi dekorasi cantik di dalam maupun luar ruangan.

Tak jarang, jenis aglonema akan menghasilkan bunga. Namun, jenis-jenis aglonema digemari terutama dari daunnya yang berwarna unik dan segar. Berikut 30 jenis aglonema, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(24/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jenis aglonema

Aglonema Widuri

Aglonema Widuri merupakan jenis Aglonema yang sangat populer. Aglonema ini memiliki warna daun hijau, kemerahan, dan kekuningan lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah. Tulang daun Aglonema widuri berwarna merah menyala yang indah. Bentuk daunnya pun oval sedikit cekung di bagian tengahnya. Harga Aglonema widuri berada pada kisaran Rp 75 ribuan.

Aglonema cinta

Jenis Aglonema ini dinamakan cinta karena bentuknya yang menyerupai hati. Tak jarang, orang menjadikan tanaman ini sebagai bentuk kasih sayang. Aglonema cinta memiliki warna daun dengan perpaduan warna merah muda, kuning, dan hijau, serta sedikit oren. Aglonema cinta memiliki harga pada kisaran Rp 150 ribuan.

Aglonema lipstik

Aglonema lipstik memiliki pinggiran warna merah di daunnya. Ini imembuatnya disebut sebagai Aglonema lipstik. Warna merah ini ada di setiap sisi daun aglonema yang berwarna hijau. Bentuk daunnya pun lebar dan memanjang. Harga Aglonema lipstik berada pada kisaran Rp 20 ribuan.

Aglonema bidadari

Jenis-jenis Aglonema yang populer selanjutnya adalah Aglonema bidadari. Aglonema satu ini memiliki warna daun dengan perpaduan kuning, jingga, merah muda, dan hijau. Tanaman ini begitu cantik sebagai dekorasi rumah. Aglonema bidadari dibanderol pada kisaran Rp 100 ribuan.

Aglonema tengkorak

Aglonema tengkorak merupakan jenis aglonema dengan ciri khas tulang daun membentuk motif tengkorak. Warna daunnya hijau dengan ujung lancip dan tulang daun putih yang khas.

3 dari 7 halaman

Jenis aglonema

Aglonema Pride of Sumatera

Jenis Aglonema ini ditemukan di Sumatera dan menjadi tanaman hias mahal sejak 1993. Daunnya memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Pada daunnya terdapat bercak kekuningan yang indah. Tanaman berukuran kecil saja bisa dibanderol mulai dari Rp 50 ribu.

Aglonema Red Anjamani

Red Anjamani adalah salah satu jenis Aglonema favorit para kolektor tanaman hias ini. aglonema ini memiliki daun atas berwarna merah muda, berbatang hijau. Aglonema Red Anjamani merupakan jenis aglonema yang berasal dari Thailand. Selain Red Anjamani, ada jenis aglonema anjamani lain seperti white anjamani, dud anjamani, dan pink anjamani. Aglonema Red Anjamani dibanderol di pasaran dengan kisaran Rp 90 ribu

Aglonema red ruby

Aglonema red ruby memiliki perpaduan merah dan hijau layaknya sebuah gradasi yang indah. Tanaman ini sangat cocok dijadikan penghias indoor maupun outdoor. Harga aglonema red ruby bisa mencapai Rp90 ribuan dan mungkin bisa lebih mahal lagi.

Aglonema red kochin

Aglonema red kochin memiliki ciri khas dominasi warna merah pada daunnya. Jenis Aglonema memiliki sangat sedikit bercak hijau. Aglonema red kochin dibanderol pada kisaran harga Rp 85 ribuan.

Aglonema Red Valentine

Daunnya yang berbentuk oval besar dan tidak biasa menunjukkan margin hijau tua dengan percikan merah muda dan merah di dalam, membuat jenis aglonema ini terlihat sangat indah. Biasanya, warna daun mulai merah jambu dan berubah menjadi merah saat dedaunan matang. Dinamakan dengan tepat Red Valentine, tanaman cantik ini berpotensi menjadi cinta sejati di semua musim. Harganya dipatok mulai dari Rp120 ribuan.

4 dari 7 halaman

Jenis aglonema

Aglonema Super White

Sesuai namanya, jenis aglonema ini memiliki warna daun putih yang cantik. Daunnya berbentuk oval yang hampir seluruhnya putih yang menampilkan urat-urat hijau halus. Di pasaran, jenis aglonema ini dibanderol mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 900 ribu.

Aglonema Emerald bay

Aglonema Emerald bay memiliki susunan daun yang cenderung lebih rapat dan cukup tebal. Hal tersebut memberi daya tarik tersendiri, sebab kerapatan susunan daun tersebut menjadikannya sangat indah apabila diletakkan di dalam rumah. Daun Aglonema ini berwarna hijau dengan aksen perak. Jenis Aglonema ini juga cukup terjangkau harganya yaitu mulai dari Rp 20 ribuan.

Aglonema Emerald Star

Aglonema Emerald Star memiliki ciri khas bintik hijau muda pada daunnya. Yang membuatnya tambah unik adalah warna merah muda pada tengah daunnya.

Aglonema Light Diamond

Aglonema 'Light of Diamond' menampilkan dedaunan berwarna cerah yang menakjubkan. Jenis aglonema aglonema satu ini juga termasuk yang banyak dicari para kolektor. Harga aglonema jenis ini bisa ditemukan mulai dari Rp 400 sampai jutaa rupiah.

Aglonema pictum tricolor

Aglonema pictum tricolor termasuk jenis aglonema istimewa karena hanya umum ditemukan di lereng gunung api Nias dan Sumatra. Sesuai namanya, aglonema ini punya daun dengan tiga bintik warna yaitu putih, hijau terang, dan hijau tua.

5 dari 7 halaman

Jenis aglonema

Aglonema silver queen

Jenis aglonema memiliki daun yang lebar dan dominasi warna perak yang jauh lebih banyak dibandingkan warna hijaunya. Aglonema silver queen termasuk salah satu jenis aglonema yang banyak dicari. Aglonema silver queen bisa didapat dengan harga pada kisaran Rp 200 ribuan.

Aglonema Silver king

Beda dengan jenis aglonema sebelumnya, aglonema ini punya daun yang tidak terlalu lebar dan warna daunnya masih cukup didominasi warna kehijauan. Tanaman ini mirip dengan tanaman silverqueen, hanya saja motif di daunnya bercak dan tidak beraturan. Harga jenis Aglonema ini cukup terjangkau yaitu pada kisaran Rp 50 ribuan.

Aglonema Butterfly

Ciri khas dari jenis aglonema ini adalah warna dasar hijau dengan motif merah muda yang samar. aglonema Butterfly memiliki bentuk daun yang cukup panjang jika dibandingkan dengan jenis aglonema lainnya. Aglonema butterfly termasuk jenis aglonema murah dengan kisaran harga 40 ribu rupiah per pohon.

Aglonema suksom

Aglonema suksom punya ciri khas warna daun yang merah cerah. Jenis aglonema ini juga disebut dengan aglonema suksom jaipong. Warnanya ini sangat memikat mata dan banyak diburu para pencinta tanaman hias.

Aglonema Diana

Aglonema Diana memiliki warna kuning cerah berpadu dengan tulang dahun merah melebar. Aglonema Diana akan tampil sangat menarik dengan daunnya yang berjejalan. Harga jenis aglonema ini berkisar pada Rp 200 ribu sampai jutaan rupiah.

6 dari 7 halaman

Jenis aglonema

Aglonema legacy

Aglonema legacy memiliki warna daun berupa bercak hijau dengan warna merah terang mendominasi. Ciri khas dari jenis Aglonema ini adalah ujung daunnya yang runcing. Aglonema legacy biasanya dihargai pada kisaran Rp 95 ribuan.

Aglonema moonlight

Aglonema moonlight memiliki bentuk daun yang bulat menyerupai mangkok. Tulang daun dari aglonema moonlight berwarna merah dan sangat terlihat bila dilihat dari dekat. Aglonema moonlight dibanderol mulai dari Rp 100 ribu.

Aglonema Adelia

Nama Aglonema Adelia didapat dari nama seorang kolektor Aglonema bernama Adelia. Jenis Aglonema ini bisa tumbuh hingga 30 cm jika ditanam di tanah subur. Bentuk daunnya melebar dari pangkal batang dan merucing di bagian ujung. Warna daunnya hijau dengan bercak merah yang tidak rata. Aglonema Adelia bisa didapat mulai dari harga Rp 60 ribu.

Aglonema Claudia

Aglonema Claudia dikenal sebagai jenis Aglonema dengan warna hijau pucat dengan tulang daun berwarna merah. Aglonema ini merupakan jenis yang berasal dari Thailand. Jenis Aglonema ini biasanya dipatok harga pada kisaran Rp 135 ribu.

Aglonema tiara

Aglonema tiara termasuk jenis Aglonema dengan harga yang tinggi. Satu pot Aglonema tiara bisa dibanderol mulai dari harga Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu.

7 dari 7 halaman

Jenis aglonema

Aglonema harlequin

Jenis aglonema ini akan menyesuaikan warna daunnya sesuai dengan jumlah cahaya yang diterima. Semakin banyak terkena cahaya matahari, maka warna dari daun aglonema ini akan berubah menjadi kuning cerah yang sedap untuk dipandang. Warnanya bisa terdiri dari kombinasi warna pink, hijau dan oranye. Harga Aglonema juga cukup bersaing, berkisar pada Rp 150 ribu sampai jutaan rupiah.

Aglonema Cutlass

Jenis aglonema disebut juga tanaman pisau. Aglonema Cutlass memiliki daun melancip seperti sebilah pisau. Jenis Aglonema ini memiliki perpaduan warna daun hijau yang didominasi warna putih. Aglonema Cutlass bisa didapat dengan harga pada kisaran Rp 100 ribuan.

Aglonema modestum

Jenis aglonema ini termasuk dalam tanaman terbaik untuk meningkatkan kualitas udara. Aglonema modestum memiliki daun berwarna hijau keputihan yang berasal dari batang utamanya. Tidak sulit mendapatkan jenis tanaman ini. Harga Aglonema modestum berada pada kisaran Rp 35 ribuan.

Aglonema nitidum

Jenis aglonema ini memiliki warna daun hijau gelap dan cukup mampu tumbuh di ruangan yang minim akan cahaya. Tak seperti Aglonema lainnya, Aglonema nitidum tidak memiliki bercak atau motif pada daunnya. Jenis Aglonema satu ini juga termasuk jenis yang sangat terjangkau. Aglonema nitidum dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan.

Aglonema maria christina

Aglonema maria christina mirip dengan jenis aglonema silver queen. Tanaman hisa satu ini memiliki daun sedikit lebat dan kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.