Sukses

Gary Iskak Ditangkap Polisi Diduga Kasus Narkoba, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Gary Iskak kembali menambah daftar artis yang terseret kasus narkoba. Sebelumnya pihak polisi dikabarkan menangkap seorang artis terkait kasus narkoba berinisial GI. 

Setelah dilakukan penyelidikan, artis GI yang dimaksud adalah Gary Iskak. Hal itu pun dibenarkan langsung oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim. Sang aktor dibekuk bersama empat orang temannya di sebuah rumah di kawasan Pasir Putih, Bandung pada Senin, (23/5/2022) malam.

"Iya benar-benar (Gary Iskak)" ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (24/5/2022).

Kabar ini tentunya mengejutkan publik. Pasalnya Gary Iskak kini tengah menjalani kehidupan lebih religius alias berhijrah. Ia juga sempat menderita sakit parash sirosis hati. Penangkapan sang artis ini juga bukan pertama kalinya. Lebih jelasnya berikut ini 4 faktanya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022).

2 dari 6 halaman

1. Kasus Sabu Bersama 4 Orang Lainnya

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo membenarkan artis inisial GI yang dibekuk karena narkoba adalah Gary Iskak. Polisi juga menegaskan Gary Iskak tidak melakukan perlawanan bersama dengan empat orang temannya.

"Sama teman-temannya. Jadi ada lima orang lagi sama-sama (dibekuk). Nggak ada (tak ada perlawanan)" tutur Ibrahim lagi.

3 dari 6 halaman

2. Tes Urine Positif

Lebih lanjut, Gary Iskak dan empat orang temannya saat ini tengah diamankan di Polda Jabar untuk dimintai keterangan. Suami Richa Novisha tersebut dan rekan-rekannya terbukti menggunakan narkoba jenis sabu dari hasil tes urine yang dilakukan kepolisian.

"Hasil tes urine juga menunjukkan positif kelima-limanya," tegas Ibrahim Tompo.

4 dari 6 halaman

3. Ditangkap di Rumah

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo menuturkan Gary Iskak bersama empat orang lainnya yang ditangkap di salah satu rumah milik terduga pelaku.

"Ada beberapa barang bukti, ini masih penangkapan awal. Ada sisa-sisa penggunaan narkobanya di tkp, ada bong, ada alat hisab," ujarnya.

"(Sabu) yang diperoleh sisa-sisa penggunaan, tapi gramnya masih didalami lagi," tutupnya.

5 dari 6 halaman

4. Tanggapan Sang Istri

Kabar ini pun beredar luas hingga Richa Novisha, istri Gary Iskak angkat bicara lewat Instagram Stroynya. Ia mengaku butuh waktu untuk menghadapi masalah yang baru saja dihadapi sang suami.

"Attention! Please give us more time yaa untuk privacy. I know. I know. He is ok," tulis Richa Novisha di Instagram Stories.

"'Terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan dan tidak tau menau' So please, untuk teman2 netizen. All media, kasih kami waktu untuk semua. Don't judge apapun sebelum kalian tau kebenarannya," ungkapnya. Tak lupa waita berhijab ini juga meminta doa untuk kelancaran kasus suaminya. 

6 dari 6 halaman

5. Bukan yang Pertama Kali

Pada 2007 silam, Gary Iskak juga pernah ditangkap kepolisian terkait kasus yang sama. Satres Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap bintang film Sin tersebut di Jalan Arteri Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, usai syuting di kawasan TMII dengan barang bukti berupa sabu seberat 0,3 gram yang ditaruh di dalam kotak pengharum di dashboard mobilnya. 

Gary lantas dijerat dengan Pasal 62, subsider Pasal 60 ayat 5 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika. Dengan ancaman hukuman tiga sampai lima tahun penjara. Namun ia mendapatkan keringanan hukuman lantaran mengakui perbuatannya. Gary lantas dijatuhi hukuman penjara selama delapan bulan serta denda Rp1 juta.