Sukses

Kisah Zaskia Adya Mecca Pernah Terseret Arus Sungai, Trauma Hingga Kini

Zaskia Adya Mecca turut khawatir dengan keadaan Eril anak Ridwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta Kabar hilangnya anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz sedang menjadi pusat perhatian publik. Anak sulung Gubernur Jawa Barat itu terseret arus Sungai Aare di Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 waktu setempat. Hingga saat ini Eril belum ditemukan dan terus dilanjutkan proses pencarian. 

Eril yang terseret arus sungai ini menuai banyak perhatian dari kalangan selebritas termasuk Zaskia Adya Mecca. Zaskia mengirimkan doa terbaik untuk keselamatan Eril. Istri Hanung Bramantyo tersebut turut prihatin dan berharap Eril segera ditemukan dengan keadaan baik-baik saja.

Terlepas dari Eril yang belum ditemukan, Zaskia Adya Mecca membagikan cerita yang membuatnya trauma. Zaskia bercerita tentang pengalaman pahitnya terseret arus sungai. Pengalaman yang bikin Zaskia trauma terjadi pada 2 Juni 2021 saat ia tracking ke curug di daerah Sentul.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @zaskiadyamecca, kisah Zaskia Adya Mecca pernah terseret arus sungai, Sabtu (28/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hampir Hanyut Terbawa Arus saat Pulang dari Curug

Peristiwa Zaskia Adya Mecca pernah terseret arus sungai terjadi pada 2 juni 2021. Pengalaman tidak mengenakan setahun yang lalu itu terjadi saat itu Zaskia bersama teman-temannya untuk tracking ke curug di daerah Sentul. Momen tak mengenakan itu terjadi saat perjalanan pulang dari curug.

"Melihat berita pagi ini, membuka luka ku yang hampir 1 tahun terlewati..2 juni 2021, ber5 tracking ke satu curug daerah sentul lalu di jalan pulang kami hampir hanyut terbawa arus😭💔," tulis Zaskia Mecca di Instagram.

3 dari 5 halaman

Tak Ada yang Berani Bantu

Zaskia Adya Mecca tidak bisa melupakan kenangan pahitnya saat tracking curug yang ada di daerah Sentul. Zaskia sempat ingin menyembunyikannya ke publik karena cerita ini sulit sekali ia ceritakan. Namun karena ada kejadian Eril terseret arus sungai, ia pun bercerita untuk meningkatkan kesadaran akan bahayanya arus sungai.

"Cerita yang sulit ku buka, bahkan sempat berfikir akan kami simpan sendiri dan lupakan perlahan.. tapi lihat kejadian ini, aku hrs membuka untuk meningkatkan kesadaran sama2 akan bahayanya arus sungai," imbuhnya.

Zaskia Adya Mecca menceritakan bahwa kejadian tersebut bermula dari adanya air yang mendadak datang di arus deras. Momen terjebak karena arus sungai pun pernah ia alami. Kenangan yang pahit itu masih terlintas jelas di pikiran Zaskia.

"Sore itu kami setelah main sebentar di curug, menuju ke mobil dan mau menyebrangi sungai dengan air semata kaki.. mendadak air datang dengan arus deras.. 3 dari kami berhasil kepinggir walau udah kebalik2, sayangnya dua terjebak😭 satu ditengah,satunya lagi udah kebawa arus alhamdulillah ketangkep tangan&berhasil ketahan di batu besar," kenang Zaskia.

Zaskia Adya Mecca juga menambahkan bahwa tidak orang lain yang berani bantu. Hal itu dikarenakan arus sungai yang sangat deras dan makin lama makin tinggi. 

"Banyak orang lewat tapi ga ada yang berani bantu satupun.. krn ga da alat proper dan arus deras, air makin lama makin tinggi, sungai makin meluap, satu yang ditengah udah ampir nyerah lepasin pegangan krn dia hanya berpegang ke satu batu ditengah sungai, air udah sedada," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Sempat Berpikiran Macam-Macam

Zaskia Adya Mecca sudah berpikiran macam-macam saat peristiwa itu terjadi. Zaskia lalu menceritakan proses ada warga lokal yang turut andil menolong rombongan Zaskia. Momen orang menolong Zaskia akan terus diingat karena mempertaruhkan nyawa.

"Dikepala ku “kami akan pulang ga lengkap!” 😭 akhirnya Warga lokal sampai 6orang setelah 30menit kejadian krn posisi mereka jauh dari lokasi, dengan tambang seadanya.. setelah 45menit yang ditengah berhasil ditolong walau si bapak penolong juga hampir pingsan mengikatkan badannya dengan tali tambang plastik tipis menerjang arus sungai.. bukan, bukan tim sar😢 tanpa keahlian juga, si bapak mempertaruhkan dirinya untuk menolong kami," kata Zaskia.

Zaskia pun mengaku trauma dengan peristiwa tersebut. Ia bahkan ke psikolog untuk berusaha mengobatinya. Hingga saat ini ia belum pulih 100% dari trauma terseret arus sungai.

"Trauma, shock, ke psikolog dan banyak yang kami lakukan untuk healing saat itu..Saat ini belum pulih dan tidak akan pernah pulih 100%, tapi satu yang akan aku jadikan pelajaran.. buat mengingatkan semua akan BAHAYA arus sungai yang sangat tidak terduga," tambah Zaskia.

5 dari 5 halaman

Beri Doa untuk Eril

Zaskia Adya Mecca turut memberikan doa terbaik untuk anak sulung Ridwan Kamil. Ia berdoa agar Eril sebagai ditemukan dengan keadaan baik-baik saja dan selamat. Ia juga berharap Ridwan Kamil dan sekeluarga bisa dikuatkan hatinya.

"Bismillah semoga Eril ditemukan selamat..kang @ridwankamil , teteh @ataliapr & keluarga dikuatkan hatinya.. ini saat sulit dan ga mudah untuk mereka😢Jangan lupa diselipkan doa untuk kang emil sekeluarga sekarang yah," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.