Sukses

Komik Adalah Cerita Bergambar, Sejarah, Unsur, dan Genrenya

Komik disukai banyak umur.

Liputan6.com, Jakarta Komik adalah salah satu jenis bacaan yang digemari banyak orang. Komik adalah bacaan yang memadukan antara grafis dan teks. Komik adalah bacaan yang dicari oleh semua usia. Mulai dari anak, remaja, hingga dewasa, komik adalah hiburan tersendiri. 

Komik adalah bentuk seni visual yang awalnya digunakan untuk menceritakan cerita lucu dan sepele. Kini komik adalah media yang punya banyak genre. Komik bisa menyoroti subjek apa pun, mulai dari cerita lucu, heroik, gelap, hingga menyedihkan.

Contoh terkenal komik adalah komik superhero, manga, atau strip. Berikut pengertian komik dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(2/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu komik

Menurut KBBI, komik adalah cerita bergambar yang umumnya mudah dicerna dan lucu. Komik bisa ditampilkan dalam majalah, surat kabar, atau berbentuk buku. Komik lucu biasanya ditemukan di halaman beberapa bagian hiburan surat kabar, atau lebih banyak lagi di internet.

Komik adalah bentuk visual dari cerita yang memasangkan gambar dengan teks. Mereka sering disajikan secara berurutan dalam panel, yang merupakan bingkai mandiri yang menceritakan satu ketukan cerita.

3 dari 6 halaman

Sejarah komik

Sejarah komik telah mengikuti jalan yang berbeda dalam budaya yang berbeda pula. Pada pertengahan abad ke-20, komik berkembang pesat, terutama di Amerika Serikat, Eropa Barat (terutama Prancis dan Belgia), dan Jepang.

Komik Amerika muncul sebagai media massa pada awal abad ke-20 dengan munculnya komik strip surat kabar; buku komik gaya majalah diikuti pada tahun 1930-an, di mana genre superhero menjadi menonjol setelah Superman muncul pada tahun 1938.

Sejarah komik Eropa sering ditelusuri ke strip kartun Rodolphe Töpffer tahun 1830-an, dan menjadi populer setelah kesuksesan strip dan buku tahun 1930-an seperti The Adventures of Tintin.

Di Jepang, komik dikenal dengan manga. Era modern komik di Jepang dimulai setelah Perang Dunia II, didorong oleh keberhasilan komik serial dari Osamu Tezuka yang produktif dan komik strip Sazae-san. Genre dan audiens terdiversifikasi selama beberapa dekade berikutnya.

4 dari 6 halaman

Unsur komik

Sebuah komik biasanya terdiri dari sejumlah elemen yang semuanya bekerja sama untuk menceritakan kisahnya. Melansir Masterclass, berikut unsur-unsur yang ada pada komik:

Panel

Panel adalah salah satu ilustrasi pada halaman yang biasanya dikelilingi oleh batas. Halaman buku komik terdiri dari satu atau lebih panel. Setiap panel menggerakkan cerita, dengan menggambarkan aksi dengan figur dan gelembung ucapan.

Gutter

Gutter adalah ruang antara panel. Ruang-ruang ini bisa besar atau kecil, memengaruhi betapa mudahnya membaca halaman.

Tingkat/tier

Tingkat artinya satu baris pada panel

Splash

Ilustrasi satu halaman penuh yang sering digunakan di awal buku komik untuk memperkenalkan cerita dan menetapkan latar dan suasana hati.

Spread

Ilustrasi yang tersebar di lebih dari satu halaman.

Caption

Kotak yang terpisah dari panel lainnya biasanya digunakan untuk memberikan konteks tentang apa yang terjadi melalui suara narator.

Speech bubble/balloon

ni berisi dialog karakter dan di dalam panel. Setiap balon memiliki "ekor", yang menunjukkan siapa yang berbicara dalam dialog.

5 dari 6 halaman

Orang yang terlibat dalam pembuatan komik

Penulis

Penulis mengembangkan unsur-unsur cerita, seperti plot, setting, karakter, konflik, dan dialog. Mereka juga membuat garis besar serta skrip, yang berfungsi sebagai peta jalan untuk kolaborator lainnya.

Editor

Setiap penulis yang baik membutuhkan editor. Idealnya, seorang editor akan mengenal penulis dengan baik dan memahami tujuannya, tetapi tetap dapat memberikan kritik yang bijaksana, terutama jika ada sesuatu yang tidak beresonansi dalam cerita.

Seniman

Seniman menerjemahkan instruksi penulis ke dalam ilustrasi panel. Seniman memiliki kekuatan untuk menambahkan dimensi halus ke arah yang sederhana; misalnya, baris "karakter memalingkan muka" dapat ditampilkan dalam berbagai cara, dengan ekspresi sedih di wajah karakter, wajah karakter dalam bayangan, atau mungkin, bagian belakang kepala karakter miring begitu saja. Seniman menyempurnakan naskah penulis dengan interpretasi kreatifnya.

Letterer

Seorang letterer menyampaikan cerita melalui tipografi dan ukuran, dan kaligrafi. Judul cerita, efek suara, dan balon ucapan adalah bagian dari domain pembuat surat. Letterer juga mengisi garis pensil artis dengan tinta.

Pewarna/colorist

Setelah cerita digambar dan tinta diset, colorist mengisi garis hitam putih dengan warna. Secara historis, ini dilakukan dengan kuas dan pewarna. Sementara beberapa pewarna masih memilih untuk melakukan sesuatu dengan tangan, yang lain menggunakan alat digital; tidak ada yang lebih baik, itu hanya tergantung pada gaya dan preferensi pribadi.

6 dari 6 halaman

Genre komik

Komik alternatif

Komik alternatif /esoterik lebih realistis daripada komik superhero, tetapi tidak harus nyata dalam kehidupan. Beberapa tentang peristiwa fiksi, sementara yang lain pendidikan atau berdasarkan sejarah. Buku komik ini cenderung menerima pengakuan dan pujian yang lebih kritis.

Manga

Manga adalah komik asal Jepang. Di berbagai negara, maga diterjemahkan di tiap bahasanya. Dengan popularitas buku komik ini, gaya ini sering juga diproduksi di negara-negara selain di Jepang. Manga adalah jenis buku komik paling terkenal di seluruh dunia.

Fiksi Ilmiah/Fantasi

Komik fiksi ilmiah menceritakan kisah futuristik yang menggabungkan teknologi canggih dan, biasanya, melakukan perjalanan melalui ruang angkasa. Banyak buku komik superhero juga termasuk dalam kategori fiksi ilmiah karena kekuatan super dan senjata yang dikandungnya. Meskipun demikian, buku komik superhero termasuk dalam kategori mereka sendiri.

Buku Komik Aksi

Buku komik aksi/petualangan biasanya melibatkan karakter yang tidak memiliki kekuatan khusus. Sebaliknya, mereka adalah manusia biasa yang mengalami konflik. Namun, sebagian besar karakternya adalah detektif atau polisi, dan ceritanya berfokus pada pertempuran mereka melawan penjahat.

Buku Komik Horor

Buku komik horor menampilkan karakter seperti zombie, monster, dan vampir. Buku komik ini cenderung mengerikan dan sering kali berisi ketelanjangan dan kata-kata kotor. Buku komik horor juga umumnya bertema gelap. Mereka tidak sepenuhnya lucu, seperti komik strip yang ditemukan di koran Sunday. Buku komik horor sering kali bersilangan dengan berbagai genre buku komik.

Buku Komik Romantis/Dewasa

Buku komik romantis melibatkan cerita tentang cinta dan hubungan. Sering kali, buku komik ini juga menyeberang ke genre lain. Nyatanya, komik yang hanya membahas tentang romansa sudah tidak umum lagi. Buku komik anak-anak juga tidak begitu umum, karena sebagian besar buku komik ditujukan untuk penonton dewasa. Buku komik yang ditujukan untuk anak-anak umumnya aneh dan lucu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.