Sukses

10 Ciri-Ciri Tumor Payudara Ganas yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengeceknya

Tumor payudara ganas adalah jenis tumor yang dapat menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Tumor adalah massa jaringan abnormal. Tumor payudara memiliki dua jenis yaitu tumor payudara jinak dan ganas. Tumor payudara ganas adalah jenis tumor yang dapat menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Lalu apa ciri-ciri tumor payudara ganas? 

Penyakit tumor payudara ganas bisa berbahaya ketika tidak segera diobati dengan tepat sejak awal. Pasalnya, tumor ganas dapat terus berkembang, menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, dan menyerang organ lain.

Penyebab tumor payudara hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa penyebabnya bisa terkait karena paparan radiasi, pemakaian kontrasepsi oral, faktor hormonal hingga gaya hidup. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali ciri-ciri tumor payudara ganas yang perlu diwaspadai.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ciri-ciri tumor payudara ganas yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Tumor Payudara Ganas

Tumor ganas bersifat kanker dan agresif karena menyerang serta dapat merusak jaringan di sekitarnya. Tidak hanya melakukan pemeriksaan payudara sendiri, anda bisa melakukan pemeriksaan payudara dengan bantuan ahli kesehatan. Skrining dilakukan untuk mendapatkan diagnosis dan hasil pemeriksaan yang lebih akurat. Deteksi dini tentu saja mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi. Jika perlu lakukan dengan teknik SADARI, teknik ini adalah salah satu langkah mudah mendeteksi dini kanker payudara.

Ketika tumor payudara diduga ganas, dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan atau agresivitas tumor. Apabila tumor bersifat ganas, biasanya benjolan tidak sakit ketika diraba. Selain itu, tumor payudara ganas mengalami pertumbuhan yang relatif cepat dan tampak ada tonjolan pada payudara.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Tumor Payudara Ganas

Menurut American Cancer Society, terdapat beberapa ciri-ciri tumor payudara ganas yang pantang disepelekan adalah sebagai berikut:

1. Teraba ada benjolan di payudara.

2. Benjolan di payudara cenderung keras, tidak lunak ketika diraba.

3. Benjolan di payudara bentuknya tidak beraturan.

4. Payudara umumnya tidak sakit, tapi terkadang sakit di bagian puting.

5. Payudara bengkak, bisa sebagian atau seluruh bagian payudara.

6. Tekstur kulit payudara seperti kulit jeruk.

7. Puting payudara tertarik ke dalam.

8. Kulit puting payudara kemerahan, kering, mengelupas, atau menebal.

9. Keluar cairan dari puting susu, padahal tidak sedang menyusui.

10. Kelenjar getah bening turut membengkak, biasanya di ketiak atau dekat tulang selangkangan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengecek Tumor Payudara

Mendeteksi adanya tumor payudara ganas dapat dilakukan dengan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI dengan cara sebagai berikut:

1. Pemeriksaan di Depan Cermin

Anda hanya membutuhkan cermin dan pencahayaan ruangan yang baik. Berdirilah di depan kaca, lalu buka pakaian dari pinggang ke atas. Perhatikan dengan seksama kondisi payudara anda. Kebanyakan wanita umumnya memiliki ukuran payudara yang tidak sama besarnya. Kemudian, coba berdirilah dengan lengan di samping tubuh. 

Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan, warna kulit, dan bentuk puting payudara. Periksa juga apakah terdapat cairan yang keluar dari puting dengan cara menempatkan jempol dan jari telunjuk di sekitar puting, lalu tekan perlahan. Ulangi pada payudara yang lain.

2. Saat mandi

Anda bisa memeriksa payudara pada saat mandi. Busa sabun bisa memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan payudara. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut.

3. Berbaring

Pemeriksaan SADARI bisa dilakukan dengan cara berbaring sebab saat berbaring, payudara menjadi melebar dan memudahkan untuk diperiksa. Sambil berbaring, anda bisa menempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Gunakanlah losion untuk memijat payudara dan pijatlah dengan gerakan sesuai arah jam. 

Lakukan hingga seluruh permukaan payudara hingga ke puting selesai teraba. Hal yang perlu diperhatikan saat dan setelah melakukan pemeriksaan adalah tetap tenang jika mendapati perubahan pada payudara. Meski harus tetap waspada, tetapi sebagian besar perubahan fisik tidak selalu mengarah pada kanker. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosis kelainan ini.

Apabila anda mendapati ciri-ciri tumor payudara ganas di atas dengan cara SADARI, pastikan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Anda perlu memastikan penyakit ini tidak berkembang menjadi kanker payudara di kemudian hari. Cara mendeteksi tumor payudara ganas yang lebih akurat direkomendasikan dokter adalah sebagai berikut:

1. Pemeriksaan mammogram.

2. Pemeriksaan ultrasound atau MRI.

3. Tes cairan dari payudara untuk memeriksa ada tidaknya sel kanker.

4. Biopsi payudara dengan mengambil sampel jaringan payudara menggunakan jarum suntik atau lewat operasi.

Dilansir dari National Breast Cancer Foundation, tingkat keparahan tumor payudara jinak atau ganas dinilai dengan skala satu sampai tiga. Tumor payudara ganas biasanya sudah menginjak skala tiga. Artinya, sel-sel tumor cenderung cepat membelah, berkembang biak cepat, menyebar, dan menyerang jaringan normal di sekitarnya atau organ lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.