Sukses

17 Wisata Toraja Penuh Pesona, dari Alam hingga Kekayaan Leluhur

Berkunjung ke wisata Toraja bisa sekaligus menambah wawasan budaya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Toraja menyajikan kekayaan budaya sekaligus alam yang menakjubkan. Toraja merupakan sebuah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan. Kata Toraja berasal dari bahasa Bugis, To Riaja, yang berarti "orang yang berdiam di negeri atas".

Lokasinya yang berada di pegunungan membuat wisata Toraja punya pesona yang begitu memukau. Kabupaten Tana Toraja adalah daerah yang wisata Toraja yang selalu jadi destinasi wisata para pelancong. Selain alam, wisata Toraja juga dikenal dengan budaya leluhurnya yang masih kental.

Berkunjung ke wisata Toraja bisa sekaligus menambah wawasan budaya. Bahkan di wisata Toraja, kamu bisa menemukan sendiri gaya hidup Austronesia yang asli. Berikut 17 wisata Toraja yang penuh kekayaan budaya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(9/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Toraja

Gua Tampang Allo

Gua Tampang Allo adalah pemakaman para raja pada abad ke-16. Gua Tampang Allo terletak di Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kuburan ini berada pada ketinggian 807 meter di atas permukaan laut. Tempat pemakaman ini berupa gua yang berisikan puluhan erong atau peti mayat berbentuk kerbau, babi dan perahu. Selain itu ada juga tau tau (patung), tengkorak, dan tulang belulang orang Toraja zaman dahulu yang disemayamkan di gua ini.

Gua Lemo

Gua Lemo merupakan kawasan perkuburan khusus bagi leluhur Toraja dan keturunannya. Di sini terdapat tebing karts yang berongga-rongga, rongga-rongga tersebut berisi peti jenazah, di sekitarnya terdapat patung-patung manusia yang dibuat sebagai simbol orang yang jenazahnya disemayamkan di tebing tersebut.

Kete Kesu

Kete Kesu merupakan desa wisata yang terkenal di Tana Toraja. Desa Kete Kesu berada di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Di sini kamu dapat menemukan barisan rumah adat Tongkonan yang berusia lebih dari 300 tahun. Tak hanya itu, desa wisata Kete Kesu juga terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu berusia ratusan tahun.

Danau Towuti

Danau Towuti merupakan danau purba berulut jutaan tahun. Danau ini terletak di terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau ini memiliki memiliki lima pulau di tengahnya.

Batu Tumonga

Batu Tumonga adalah wisata Toraja yang punya julukan negeri di atas awan. Letak Tana Toraja yang memang di dataran tinggi, maka banyak daerah yang menyajikan keindahan negeri di atas awan dengan keunikan masing-masing. Batu Tumonga terletak di Kabupaten Toraja Utara dan tentunya sayang sayang untuk dilewatkan. Adanya keindahan at di Batu Tumonga ini, akan menjadikan pengunjung betah berlama-lama.

Londa

Londa adalah wisata Toraja berupa pemakaman yang terletak di sebuah tebing batu yang di dalamnya terdapat gua untuk makam. Lokasi wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini di Desa Sandan Uai, 7 kilometer sebelah Selatan Kota Rantepao. Di gua tersebut terdapat peti mati dan jenazah, tulang, dan tengkorak yang berusia ratusan tahun. Di bibir tebing terdapat berbagai amacam pating kayu berbentuk seperti orang.

3 dari 4 halaman

Wisata Toraja

Kawasan Wisata Ollon

Sesuai namanya, tempat wisata di Toraja satu ini berlokasi di Desa Ollon. Di sini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa bukit-bukit Teletubbies.

Air Terjun Talondo Tallu

Air terjun yang bercabang tiga ini sangat unik dan sangat indah untuk dijadikan background fotomu. Apalagi dengan air yang jernih dan dingin, pengunjung bisa menikmati suasana sejuk khas dataran tinggi di salah satu tempat wisata di Toraja ini. Percabangan Air Terjun Talondo Tallu ini terjadi karena pertemuan dua buah sungai.

Pango-Pango

Pango-pango adalah wisata Toraja berkonsep agrowisata. Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam dan suasana sejuk dataran tinggi. Berlokasi di Kota Makale, tempat ini terletak di puncak bukit.

Pulau Bulupole

Pulau Bulupole terletak di Teluk Bone, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pulau Bulupole memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya alam pegunungan yang menyatu dengan keindahan pesisir pantai.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman laut ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Atol adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Atol di Takabonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau. Taman Nasiona Taka Bonerate terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

Buntu Burake

Buntu Burake merupakan wisata Toraja yang terkenal dengan Patung Yesus dengan jembatan kacanya. Jembatan kaca ini diklaim sebagai jembatan kaca terluas di indonesia.

4 dari 4 halaman

Wisata Toraja

Bori Kalimbuang

Bori Kalimbuang memiliki puluhan menhir yang berasal dari era megalitikum. Sebanyak 54 menhir kecil, 24 berukuran sedang, dan 24 lain berukuran sangat besar tersebar di Bori Kalimbuang. Menhir tersebut berdiri tegak dan kokoh yang dipadukan dengan bangunan khas Toraja yang membentuk spot foto yang Instagramable. Di kawasan Bori Kalimbuang ada beberapa area berdasarkan fungsinya. Salah satunya Rantw Kalimbuang yang digunakan sebagai tempat upacara penguburan adat Rambu Solo.

Desa Pallawa

Desa Pallawa merupakan desa tertua di Tana Toraja. Di sini terdapat Tongkonan, rumah adat khas Sulawesi Selatan. Terdapat 11 rumah Tongkonan dengan alat penumbuk padi tradisional di desa ini. Pemilik aslinya tidak lagi menempati rumah ini, sebab ada keluarga yang membeli semua rumah adat yang ada di kampung dan warga asli desa tinggal di belakang rumah Tongkonan. Konon katanya rumah Tongkonan ini adalah saksi bisu kerasnya perang antar-desa.

Kolam Air Limbong

Kolam Air Limbong adalah telaga kecil yang letaknya dua kilometer dari kota Rantepao. Pemandangannya sangat epic, tebing batu cadas dan hijaunya air berpadu menghasilkan pemandangan yang menarik.

Gumuk Pasir Sumalu

Wisata Toraja ini bernama Gumuk Pasir Sumalu, yang dulunya sering disebut dengan nama Bukit Pa’buyan. Area pasir ini bukan sembarang gundukan, pasir yang mudah terbawa angin melukiskan pemandangan yang indah nan artistik. Tak ayal, jika berfoto di tempat ini selalu menghasilkan foto yang ciamik. Untuk sampai ke gumuk pasir, kamu harus menempuh perjalanan dari rute Rantepao dan memakan waktu lebih dari satu jam (jarak 25 kilometer).

To Tombi

To Tombi merupakan wisata Toraja yang dikenal dengan negeri di atas awan. To Tombi merupakan kawasan dataran tinggi dengan panorama pengunungan yang indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.