Sukses

12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Baik untuk Mata Hingga Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tomat bisa menunjang kesehatan kamu. Hal ini disebabkan karena tomat mengandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Vitamin, mineral, serta antioksidan tersebut dapat menunjang kesehatan kamu sehari-hari. Bahkan, tomat juga rendah kalori dan lemak. Buah yang kerap disangka sebagai sayur ini bisa dikonsumsi secara rutin agar kamu tetap sehat. 

Manfaat tomat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya atau menjadikannya sebagai masker untuk kecantikan. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, ataupun dijadikan sebagai campuran bahan masakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/6/2022) tentang manfaat tomat.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Baik untuk Perawatan Kulit

Manfaat tomat bisa membantu dalam perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko terbakar sinar matahari. Hal ini disebabkan karena tingginya konsentrasi karotenoid, yang merupakan komponen likopen dalam tomat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen. Beberapa bukti menunjukkan bahwa tomat memiliki sifat anti-penuaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat tomat berikutnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Selain likopen, tomat mengandung beberapa nutrisi lain, seperti lutein dan beta-karoten, yang semuanya baik untuk mata. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini melindungi mata dari penyakit, seperti katarak, sekaligus mendukung kesehatan penglihatan secara keseluruhan.

Tomat juga mengandung zat lain, khusunya zeaxanthin dan lutein, yang bermanfaat dalam melindungi penglihatan dari cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat digital seperti smartphone. Zat tersebut juga berperan dalam mengurangi sakit kepala karena kelelahan mata.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Tomat bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat tomat bisa dijadikan camilan rendah karbohidrat yang bagus untuk orang yang sedang berdiet. Hal ini karena tomat mengandung banyak serat dan air, yang bisa membuatmu merasa lebih kenyang. Tomat juga bisa menjaga keseimbangan gula darah, yang merupakan kunci penurunan berat badan. Tomat juga mengandung kromium, yang membantu mengatur kadar gula darahmu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Likopen adalah antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuh dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Likopen juga bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol “jahat,” serta tekanan darah. Akibatnya, peluang kamu terkena penyakit jantung juga bisa berkurang. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin B, E dan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat tomat berikutnya didapatkan karena kandungan kaliumnya yang melimpah. Hal ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat tomat ini berasal dari kandungan kalium di dalam tomat yang mampu mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, tomat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Baik untuk Paru-Paru

Sifat antioksidan likopen bisa membantu menjaga kadar radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari masalah pernapasan. Tomat mengadung beta-karoten yang dikenal bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, manfaat tomat tersebut bisa memperlambat penuaan paru-paru. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan manfaat tomat bisa memulihkan kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tomat beguna sebagai pemasuk likopen pada tubuh. Likopen bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengurangi molekul yang disebut radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu. Itu sebabnya makanan yang kaya likopen, seperti tomat, bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat, atau perut.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang baik untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Tak hanya itu, kandungan karotenoid, dipercaya baik untuk menghambat penyebaran kanker payudara. 

Meningkatkan Mood

Sebagian besar makanan sehat, termasuk tomat, kaya akan mineral, sepeti tembaga, seng, dan mangan. Manfaat tomat bisa secara positif memengaruhi fungsi otak dan suasana hati. Bahkan, folat dan asam alfa-lipoat pada tomat baik untuk melawan Depresi. Kedua hormon tersebut dapat mengendalikan suasana hati. Oleh karena itu, tomat baik dikonsumsi untuk menstabilkan suasana hati, terutama pada penderita depresi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Memperkuat Tulang

Manfaat tomat juga bisa meningkatkan kesehatan tulang. Tomat adalah sumber zat penguat tulang yang baik seperti vitamin K dan kalsium yang tidak hanya bisa menjaga tulang dalam kondisi yang baik, tapi juga membantu memperbaiki jaringan tulang.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat tomat untuk kesehatans alah satunya dapat mengotrol kadar gula darah. Tomat merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Manfaat tomat ini menjadikannya sebagai salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah yang baik untuk penderita diabetes.

Baik untuk Rambut

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi hanya sekitar 4-5 tomat sehari bisa membuat rambutmu terlihat lebih sehat. Manfaat tomat ini didapatkan karena kaya akan vitamin A, yang bisa membuat rambut kuat dan berkilau. Sayangnya, tomat tidak memiliki kekuatan super untuk membuat rambut yang menipis menjadi lebih bervolume, tapi tomat bisa memperbaiki kondisi rambut yang ada.