Sukses

Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang adalah Mencegah Aquaphobia

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu olahraga renang? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan olahraga renang atau berenang adalah aktivitas menggerakan badan melintas (mengapung, menyelam) di air dengan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor, dan sebagainya. 

Ingin mahir berolahraga renang harus dimulai dengan melakukan pengenalan air. Apa tujuan pengenalan air dalam olahraga renang itu?

Dinas Pendidikan Bandung dalam keterangan tertulisnya menjelaskan tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah menyesuaikan kondisi tubuh dengan air sebelum melakukan aktivitas air.

Dalam jurnal penelitian berjudul Pengaruh Pengenalan Air Terhadap Tingkat Aquaphobia oleh Galih Sheindow Pamungkas dan Fifukha Dwi Khory, tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memudahkan adaptasi serta menurunkan tingkat aquaphobia (takut kepada air).

Lalu apakah tujuan pengenalan air dalam olahraga renang itu efektif dilakukan? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang tujuan pengenalan air dalam olahraga renang, Selasa (14/6/2022).

2 dari 4 halaman

Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang adalah Mencegah Aquaphobia

Memahami dalam olahraga renang, melakukan pengenalan air ini satu hal yang paling penting. Sebenarnya apa tujuan pengenalan air dalam olahraga renang tersebut?

Dinas Pendidikan Bandung dalam keterangan tertulisnya menjelaskan tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah menyesuaikan kondisi tubuh dengan air sebelum melakukan aktivitas air.

Khususnya, tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah latihan sebelum melakukan berbagai macam gaya renang. Ini lima tujuan pengenalan air dalam olahraga renang lainnya:

1. Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah untuk membiasakan bergerak dalam air.

2. Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah agar perenang dapat merasakan pengaruh air terhadapan gerakan tubuh manusia.

3. Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah agar perenang dapat merasakan pengaruh ketika bernapas di dalam air.

4. Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah agar membiasakan diri mengontrol keseimbangan tubuh di dalam air.

5. Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah meningkatkan rasa keberanian ketika berada di dalam air.

Hal yang sama tentang tujuan pegenalan air dalam olahraga renang dijelaskan dalam jurnal penelitian berjudul Pengaruh Pengenalan Air Terhadap Tingkat Aquaphobia oleh Galih Sheindow Pamungkas dan Fifukha Dwi Khory.

Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memudahkan adaptasi serta menurunkan tingkat aquaphobia. Pada hasil analisisnya, rata-rata terjadi penurunan tingkat aquabhobia dengan tujuan pengenalan air dalam olahraga renang ini.

Meski sebenarnya, dalam hasil penelitian itu terungkap pula tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah terhadap tingkat aquaphobia.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Pengenalan Air dan Peranannya

Apa saja jenis-jenis pengenalan air sebelum melakukan olahraga renang tersebut? Ini penjelasan jenis-jenis pengenalan air yang Liputan6.com ulas dari berbagai sumber:

1. Menyelam ke Dalam Air

Menyelam ke dalam air dalam tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memiliki peranan mengetahui bagaimana cara renang sambil menyelam.

2. Masuk Kolam Renang

Masuk ke kolam renang dalam tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memiliki peranan penyesuaian. Ini dilakukan dengan merendam seluruh anggota tubuh beberapa detik dan lakukan bertahap ke dalam kolam renang.

3. Mencoba Gerakan dan Gaya Renang

Mulai mencoba gerakan dan gaya renang dalam tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memiliki peranan memahami stamina. Meski demikian, hal ini biasa dilakukan oleh para profesional untuk menjaga kondisi dan stamina ketika berenang.

4. Melatih Pernapasan

Melatih pernapasan dalam tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memiliki peranan mampu mengatur tempo pernapasan ketika sedang berenang.

5. Mengepakkan Kaki dan Tangan

Mengepakkan kaki dan tangan dalam tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memiliki peranan membantu tubuh tetap mengapung dan berenang ke arah yang diinginkan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Renang dan Penjelasannya

Olahraga renang adalah jenis olahraga yang dilakukan di air dengan pelatihan khusus. Apa saja manfaat olahraga renang tersebut? Ini penjelasan manfaat olahraga renang yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang

Renang membantu memperkuat otot dan membangun kekuatan serta daya tahan tubuh. Sebuah studi menyatakan bahwa manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas) hingga 25 persen pada sekelompok pria.

2. Menyehatkan Jantung

Para peneliti telah mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian. Renang mampu meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru.

Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru lebih baik saat pernapasan rileks dibandingkan pelari.

3. Menurunkan Berat Badan

Rutin melakukan aktivitas olah raga renang selama 30 menit sudah mampu menurunkan berat badan dengan sehat. Setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar.

Menurut para peneliti di Universitas Indiana, ditemukan bahwa perenang profesional dapat menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.

4. Meredakan Stres

Renang selama 30 menit dapat memberikan efek meningkatkan suasana hati dan dapat menurunkan tingkat stres. Ketika berenang, tubuhmu akan merasa rileks dan bebas stres.

Otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Itulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan Depresi.

5. Meningkatkan Tinggi Badan

Selain bisa menurunkan berat badan, membiasakan berenang saat masa pertumbuhan, membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

Pasalnya, renang menjadi satu di antara olahraga dengan aktivitas fisik yang mengandalkan otot dan tulang di seluruh tubuh. Manfaat renang bagi tubuh untuk meninggikan badan akan lebih terlihat pada anak.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat selanjutnya dari renang adalah mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Renang selama 30 menit selama tiga kali seminggu mampu membakar hingga 900 kalori.

Menurut penelitian dari Indiana Unversity menyatakan bahwa renang membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang.

7. Tingkatkan Kualitas Tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Ini bermanfaat untuk orang yang memiliki masalah tidur seperti susah tidur atau kurang tidur.

8. Tingkatkan Mood

Berenang juga bisa membantu meningkatkan suasana hati. Olahraga melepaskan endorfin, yang meningkatkan mood. Latihan aerobik dapat meningkatkan dan menstabilkan suasana hati serta mengurangi ketegangan secara keseluruhan.

9. Terapi saat Cedera

Seseorang dengan cedera atau kondisi seperti radang sendi mungkin merasa sulit untuk melakukan olahraga berdampak tinggi. Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi orang yang sedang cedera. Berenang bahkan dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit atau meningkatkan pemulihan dari cedera.

10. Baik untuk Penderita Multiple Sclerosis

Orang dengan multiple sclerosis (MS) mungkin juga merasakan manfaat berenang. Air membuat anggota badan terapung, membantu menopang mereka selama latihan. Air juga memberikan ketahanan yang lembut.