Sukses

4 Kisah Kebaikan Eril yang Diungkap Ridwan Kamil, Beri Sepatu ke Satpam Sekolah

Kisah kebaikan mendiang Eril bisa jadi tauladan bagi banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril sudah dimakamkan pada Senin (13/6/2022). Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini dikebumikan di di Islamic Center, Cimaung, Banjaran, Kabupaten Bandung. Duka mendalam dirasakan keluarga Ridwan Kamil setelah kepergian Eril.

"Alhamdulillah hak Eril sudah kita tunaikan secara paripurna. Diantar jutaan doa dari berbagai pelosok negeri. Masya Allah banyak hikmah dalam kejadian ini," tulis Atalia Praratya sang ibu dalam akun Instagramnya.

Kepergian pria berusia 23 tahun ini menyisakan duka mendalam bagi yang ditinggalkan. Banyak cerita yang bisa jadi suri tauladan dari sosok Eril. Kebaikan-kebaikannya terungkap satu persatu. Sang ayah, Ridwan Kamil tak segan bercerita tentang kebaikan anaknya semasa hidup.

Ridwan Kamil bahkan memberi hashtag cerita di Instagram dengan #jejakEril. Gubernur Jawa Barat ini menjadi saksi kebaikan dari Eril yang membuatnya sebagai seorang ayah merasa bangga. Sifat Eril yang dermawan terbukti dalam beberapa cerita yang disampaikan Ridwan Kamil.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kisah kebaikan Eril yang diceritakan oleh Ridwan Kamil, Kamis (16/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Beri Sepatu dari Spanyol untuk Satpam Sekolah

Ridwan Kamil menceritakan satu kisah yang bikin haru tentang kebaikan Eril. Kala itu, Eril titip minta dibelikan sepatu saat sang ayah pergi umrah dan lanjut jalan-jalan ke Spanyol. Ridwan Kamil tidak menyangka bahwa sepatu titipan anaknya bukan untuk Eril melainkan untuk satpam sekolah.

"Saat Eril masih SMA, kami sekeluarga pergi umroh dan lanjut trip ke Spanyol. Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, “Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.” Tentulah saya belikan untuk anak kesayangan. Tapi dalam hati, saya bingung kenapa ukurannya beda. Tarnyata seminggu kemudian, saya baru tau, kalo Eril beli sepatu itu bukan buat dia," cerita Ridwan Kamil di Instagram.

Ridwan Kamil menambahkan bahwa Eril memang dekat dengan satpam SMA 3 Bandung. Saking akrabnya, Eril dan satpam sekolah saling sapa dengan panggilan 'Masbro'.

"Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yg jadi teman baiknya, karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya. Mungkin sudah rejeki si satpam, yang Eril panggil “Masbro”, untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," tambah Ridwan Kamil.

3 dari 5 halaman

2. Membela Sopir Taksi yang Hendak Dikeroyok

Kebaikan Eril yang pernah diceritakan Ridwan Kamil selanjutnya adalah pernah membela sopir taksi yang hendak dikeroyok. Sopir taksi tersebut berterima kasih ke Ridwan Kamil karena kebaikan putra sulung Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Ada sopir taksi yang mengaku pernah dibela Eril saat hendak dikeroyok," tutur Ridwan Kamil mengutip dari ANTARA, Rabu (15/6/2022).

Kang Emil menambahkan bahwa banyak sekali pembelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup sang buah hati. Kang Emil pun juga mengaku memetik hikmah suri tauladan dari kejadian itu.

"Eril sudah menjadi milik publik. Kami memiliki sebagiannya saja," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

3. Kehidupan Padat Penuh Manfaat

Ridwan Kamil sangat bangga dengan hidup Eril. Kang Emil bahkan menyebut hidup sang anak sulung padat tapi penuh manfaat.

"Tentang hidup Eril yang secara kasat mata sangat singkat, tapi setelah dicermati ternyata kehidupan sangat padat penuh manfaat," ungkap Ridwan Kami usai pemakaman Eril.

Meski Eril belum banyak menghasilkan karya-karya, tapi bagi Ridwan Kamil kebaikan Eril sudah bisa jadi suri tauladan. Kebaikan Eril ini akan terkenang dan dibilang terus dicintai banyak orang.

"23 tahun belum cukup untuk menghasilkan karya-karya besar, namun terbukti memadai untuk menjadi manusia dicintai dengan akbar," kata dia lagi.

5 dari 5 halaman

4. Filosifi Hidup Eril

Emmeril Kahn Mumtadz menjadi suri tauladan bagi banyak orang. Kebaikan-kebaikan Eril akan terkenang selalu oleh keluarga dan banyak orang. Sosok Eril yang baik ini didoakan oleh banyak orang saat prosesi pemakaman hingga sekarang. Filosofi hidup Eril pun luar biasa seperti diungkapkan oleh sang ayahanda.

"Filosofi Hidup Eril : “berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan," ujar Ridwan Kamil.

Segala kebaikan yang ditaburkan Eril akan berbalas dengan jutaan doa yang dipanjatkannya. Kini Eril akan terkenang terus menerus sebagai orang baik yang dermawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.