Sukses

Attitude Artinya Sikap yang Bisa Diciptakan, Ini Penjelasan Para Ahli

Attitude artinya sikap yang mengarah pada konotasi baik.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti attitude? Memahami attitude artinya sikap yang berasal dari bahasa Inggris. Attitude artinya sebagai sikap yang berdasarkan pada keyakinan atau pendirian seseorang.

Istilah attitude artinya sikap yang mengarah pada konotasi baik. Attitude baik artinya gerak-gerik yang tidak menyalahi norma yang berlaku. Sementara seseorang yang tidak memiliki attitude artinya mereka yang tidak memiliki tanggung jawab, tidak jujur, dan memiliki hubungan interpersonal buruk.

Attitude adalah sikap yang bisa diciptakan karena dipengaruhi lingkungan sekitar. Melansir Verywellmind, pada Sabtu (18/6/2022) ada tiga komponen pembentuk attitude yang perlu dipahami.

Ada komponen kognitif yang berhubungan dengan pikiran dan keyakinan. Kemudian komponen afektif yang berhubungan dengan perasaan dan terakhir komponen perilaku yang dipengaruhi keduanya atau kognitif dan afektif.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian attitude, faktor pemengaruh attitude, dan penjelasan menurut para ahli, Sabtu (18/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memahami Attitude Artinya Sikap yang Bisa Diciptakan

Memahami istilah attitude artinya sikap yang berasal dari bahasa Inggris. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan attitude artinya perbuatan dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, keyakinan. Attitude adalah bagian dari perilaku atau gerak-gerik.

Attitude artinya sikap yang dapat mencerminkan sebuah tidakan baik. Istilah attitude artinya sikap yang baik, maka seseorang yang dianggap tidak memiliki attitude artinya mereka dengan sikap tidak bertanggungjawab, tidak jujur, dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk.

Sebuah attitude artinya sikap baik yang bisa dibentuk dan diciptakan. Attitude pun sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan banyak faktor kehidupan.

Dalam ilmu psikologi, attitude artinya serangkaian emosi hingga keyakinan. Verywellmind menjelaskan attitude artinya mengacu pada serangkaian emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap objek, orang, benda, atau peristiwa tertentu. Attitude artinya bagian dari hasil pengalaman atau didikan, dan sikap yang berpengaruh kuat terhadap perilaku.

Ada banyak faktor pembentuk attitude yang perlu dipahami. Ini penjelasannya masih melansir dari sumber yang sama:

1. Pengalaman

Faktor pembentuk attitude adalah pengalaman. Attitude terbentuk secara langsung sebagai hasil dari pengalaman. Mereka mungkin muncul karena pengalaman pribadi langsung, atau mereka mungkin hasil dari pengamatan.

2. Faktor Sosial

Faktor pembentuk attitude adalah peranan sosial. Peran sosial dan norma sosial dapat memiliki pengaruh yang kuat terhadap attitude. Peran sosial berhubungan dengan bagaimana orang diharapkan berperilaku dalam peran atau konteks tertentu. Norma sosial melibatkan aturan masyarakat untuk perilaku apa yang dianggap tepat.

3. Proses Belajar

Faktor pembentuk attitude adalah proses belajar. Attitude dapat dipelajari dengan berbagai cara. Pertimbangkan bagaimana pengiklan menggunakan pengkondisian klasik untuk memengaruhi attitude terhadap produk tertentu.

4. Pengkondisian

Faktor pembentuk attitude adalah pengkondisian. Pengkondisian operan juga dapat digunakan untuk mempengaruhi bagaimana attitude berkembang.

Contohnya, seorang pemuda yang baru saja mulai merokok. Setiap kali dia menyalakan rokok, orang-orang mengeluh, menghukumnya, dan memintanya untuk meninggalkan lingkungan mereka.

Umpan balik negatif dari orang-orang di sekitarnya pada akhirnya menyebabkan dia mengembangkan pendapat yang tidak menyenangkan tentang merokok dan dia memutuskan untuk menghentikan kebiasaan itu.

5. Pengamatan

Faktor pembentuk attitude adalah pengamatan. Orang akan belajar attitude dengan mengamati orang-orang di sekitar mereka. Ketika seseorang yang sangat dikagumi mendukung attitude tertentu, kemungkinan besar individu akan mengembangkan keyakinan yang sama. Misalnya, anak-anak menghabiskan banyak waktu mengamati sikap orang tua mereka dan biasanya mulai menunjukkan pandangan yang sama.

3 dari 3 halaman

Pengertian Attitude Menurut Para Ahli

1. Pengertian Attitude Menurut Hogg & Vaughan

Memahami attitude artinya organisasi kepercayaan, perasaan, dan kecenderungan perilaku yang relatif bertahan lama terhadap objek, kelompok, peristiwa atau simbol yang signifikan secara sosial.

2. Pengertian Attitude Menurut Eagly & Chaiken

Memahami attitude artinya kecenderungan psikologis yang diekspresikan dengan mengevaluasi entitas tertentu dengan beberapa derajat suka atau tidak suka.

3. Pengertian Attitude Menurut Jalaluddin Rakhmat

- Menjadi Tindakan

Memahami attitude artinya kecenderungan seseorang untuk bisa bertindak, berpikir dan juga merasa bahwa dirinya paling baik dalam menghadapi objek, ide dan juga situasi ataupun nilai.

Sikap atau attitude bukanlah perilaku, tetapi kecenderungan untuk perilaku dengan menggunakan metode tertentu saja terhadap objek sikap. Objek sendiri bisa berbentuk apa saja yakni orang, tempat, gagasan, ataupun situasi dalam kelompok.

- Penolong

Memahami attitude artinya memiliki daya penolong atau motivasi yang bisa dianggap sesuai ataupun tepat. Sikap bukan hanya sekedar rekaman dari kejadian yang sudah dilewati atau sudah berlalu.

Tetapi, sikap bisa menentukan apakah orang harus berpihak pada suatu hal ataupun menjadi seseorang yang memiliki sisi minus atau plus dalam diri, selain itu sikap menentukan apa yang disukai, diharapkan, dan diinginkan.

Serta lebih sering mengesampingkan apa yang tidak diinginkan, dan apa yang harus mereka hindari atau tidak disukai.

- Menetap

Memahami attitude artinya cenderung lebih menetap. Berbagai studi menunjukkan sikap politik kelompok cenderung dipertahankan dan jarang mengalami pembahan, karena itulah sikap jarang berubah.

Sikap bisa dijadikan bahan evaluatif untuk seseorang, dimana sikap mungkin bisa menjadi hal tersebut bisa menyenangkan ataupun tidak menyenangkan. Karena itulah sikap seringkali membuat seseorang menjadi defensif atau lebih terbuka.

- Pengaruh Lingkungan

Memahami attitude artinya berasal dari pemikiran yang salah paham di mana sikap tidak dibawa sejak lahir tetapi sikap berasal dari lingkungan dan juga pengalaman seseorang. Bukan hanya dari lahir atau dibawa berdasarkan genetik.

4. Pengertian Attitude Menurut GW Allport

Memahami attitude artinya suatu keadaan mental dan netral dari kesiapan yang diorganisasikan melalui pengalaman, yang memberikan pengaruh langsung atau dinamis pada respons individu terhadap semua objek dan situasi yang terkait dengannya.

5. Pengertian Attitude Menurut Robbins

Memahami attitude artinya pernyataan evaluasi baik menguntungkan atau tidak menguntungkan atau tidak menguntungkan mengenai objek, orang atau peristiwa. Mereka mencerminkan bagaimana perasaan seseorang tentang sesuatu.

6. Pengertian Attitude Menurut Sarnoff

Memahami attitude artinya mengidentifikasikan sebagai ketersediaan untuk bisa bereaksi ataupun disebut disposition to react yang bisa dilihat secara positif. Ataupun sikap bisa dilihat secara negatif atau untavorably terhadap objek tertent, dalam hal ini Sarnoff mengemukakan pandangan yang dianggap luas.

7. Pengertian Attitude Menurut Krech dan Crutchfield

Memahami attitude artinya sikap sebagai organisasi abadi dari proses motivasi, emosional, persepsi dan kognitif sehubungan dengan beberapa aspek dunia individu.

8. Pengertian Attitude Menurut La Pierre

Memahami attitude artinya suatu pola atau perilaku tendensi ataupun kesiapan untuk seseoran agar bisa menyesuaikan diri atau mungkin disebut sebagai adaptasi. Di mana adaptasi itu bisa dilakukan dengan cara rumit ataupun sederhana. Sikap juga bentuk respon dari stimulan sosial yang sudah terkondisikan.

9. Pengertian Attitude Menurut Soetarno

Memahami attitude artinya sebuah pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu yan mungkin bisa diduga ataupun tidak bisa diduga. Sikap seringkali ditujkan secara sengaja kepada sesuatu artinya tidak ada sikap tanpa obyek.

10. Pengertian Attitude Menurut Syamsudin

Memahami attitude artinya tingkah laku atau gerakan-gerakan yang tampak dan ditampilkan dalam interaksinya dengan lingkungan sosial. Interaksi tersebut terdapat proses saling merepon, saling mempengaruhi serta saling menyesuiakan diri dengan lingkungan sosial.

11. Pengertian Attitude Menurut Notoatmodjo

Memahami attitude artinya kesiapan atau kesediaan untuk bertindak, dan bukan merupakan pelaksanaan motif tertentu. Fungsi sikap belum merupakan tindakan (reaksi terbuka) atau aktivitas, akan tetapi merupakan predisposisi prilaku (tindakan) atau reaksi terbuka.

12. Pengertian Attitude Menurut Gerungan

Memahami attitude artinya diarahkan pada suatu hal yang biasa disebut objek. Tidak ada sikap tanpa adanya objek maka sikap tidak akan bisa dijalankan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.