Sukses

Reminder Artinya Pengingat, Kenali Juga Self Reminder dan Manfaatnya

Reminder artinya adalah pengingat.

Liputan6.com, Jakarta Reminder artinya perlu dipahami oleh setiap orang saat ini. Pasalnya, istilah dalam bahasa Inggris ini sudah sering digunakan oleh orang Indonesia. Reminder bahkan digunakan dalam percakapan lisan maupun tulisan. 

Reminder kerap digunakan pada saat mengirimkan pesan kepada seseorang ataupun di grup obrolan. Istilah reminder berkaitan dengan seseorang mengingatkan orang lain tentang suatu hal, biasanya tentang adanya acara yang harus diikuti.

Reminder artinya adalah pengingat. Istilah ini juga kerap digunakan dengan kata lainnya, yaitu self reminder. Arti dari self reminder merujuk pada pengingat untuk diri sendiri, yang biasanya bersifat inspiratif dan memotivasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022) tentang reminder artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reminder Artinya Pengingat

Reminder artinya adalah pengingat atau peringatan. Reminder artinya sangat penting sebagai pengingat bagi kamu untuk berbagai hal. Reminder artinya biasanya digunakan pada saat ada janji. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi saat menemui istilah ini di grup obrolan. Biasanya, reminder artinya digunakan pada saat waktu acara atau janji semakin dekat. Reminder artinya yaitu pengingat. Reminder sangat membantu dalam mengingat kembali agenda yang harus kamu lakukan setiap harinya.

Arti Self Reminder

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, reminder artinya sering kali berkaitan dengan kata self reminder. Secara bahasa, self reminder artinya pengingat diri. Self reminder dapat dijadikan alarm yang selalu mengingatkan manusia untuk melakukan perbaikan dan menuntaskan progres ke depan. Self reminder mampu mengingatkan manusia bahwa ada hal-hal yang harus dikerjakan dalam mencapai impian dan ada hal-hal yang harus ditinggalkan dalam memperbaiki kesalahan. Orang yang bijak pasti melakukan hal ini dalam kehidupannya.

Self reminder artinya alat untuk merefleksikan diri dan mengevaluasi setiap kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Dengan self reminder, seseorang akan terlatih untuk mengembangkan potensinya dan belajar menerima kesalahan. Latihan diperlukan untuk menciptakan kemampuan dan keberhasilan seseorang. Sebab dengan berlatih, ia bisa merasakan kegagalan dan belajar darinya.

Selain itu, self reminder artinya juga bisa menjadi alat untuk mawas diri. Self reminder membuat seseorang berpikiran rasional dalam mengambil keputusan, sehingga tidak bertindah gegabah dan seenaknya. Tujuan melakukan self reminder yakni untuk sedikit mengingat kebaikan dan sebanyak mungkin mengingat keburukan yang telah dilakukan. Dengan begitu, progres pun mulai dapat dirasakan.

Jika melihat media sosial, saat ini banyak sekali ditemukan quote atau kata kutipan yang mengarah pada self reminder. Hal ini adalah sesuatu yang baik, sebab self reminder bisa membantu seseorang untuk menata masa depannya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Self Reminder

Menenangkan Diri

Ada saatnya kamu berada di situasi yang tidak kondusif. Banyak terpaan dari luar dan dalam diri sendiri. Mungkin kata-kata orang lain juga dapat membuat kamu tidak tenang, atau malah diri sendiri yang pesimis dan membuat semakin panik. Banyak sekali masalah yang mungkin tidak bisa kamu atasi sendiri. Masalah yang menumpuk akan membuat kamu tidak tenang dan merasa gelisah. Kegiatan pun jadi tertunda ketika kamu banyak memikirkan masalah.

Oleh karena itu, kamu perlu hal yang dapat menenangkan diri. Kamu perlu hal positif yang dapat membuat kamu menjadi lega. Hal yang positif akan membuka pikiran untuk berpikir lebih jernih lagi. Dengan adanya self reminder ini, yang tadinya kamu tidak tenang, panik, dan gelisah setidaknya akan membuat kamu sedikit lebih tenang. Self reminder juga dapat kamu ingat dengan sendirinya untuk berjaga-jaga ketika sedang tidak merasa tenang.

Memotivasi Diri

Setiap orang memiliki keinginan, harapan, dan cita-cita yang diinginkan. Untuk mencapainya tentu harus berusaha dan memaksimalkan diri. Tidak hanya dari dalam diri, pengaruh dari luar juga bisa mendorong semangat kamu untuk mengejar impian. Self reminder juga dapat mendorong untuk lebih semangat dalam mengejar cita-cita. Setiap orang perlu dorongan agar semakin semangat dalam segala hal. Dengan adanya self reminder ini, kamu akan mendapat motivasi dan menambah kepercayaan diri untuk mengejar impian.

Dengan adanya motivasi ini, kamu dapat bangkit dari keterpurukan. Kamu tidak lagi overthinking mengenai impianmu. Dari manapun sumber motivasi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Ingat terus kalimat motivasi yang kamu dapat, itu akan menjadi self reminder. Ketika semangat mulai memudar, kamu harus ingat akan motivasi yang kamu miliki. Kamu memiliki self reminder yang bisa mendorong semangat.

Mampu Mengontrol Diri

Mengontrol diri sendiri merupakan hal yang tak selalu mudah dilakukan. Apalagi jika kamu sadar memiliki sifat ceroboh dan emosi yang tinggi. Tingkah laku yang kamu anggap biasa saja tanpa sadar bisa melukai orang lain. Dengan adanya self reminder ini kamu menjadi bisa belajar mengontrol diri, dan akan lebih berhati-hati dalam bertindak. Kamu juga akan punya kesadaran untuk berusaha meminimalkan tindakan ceroboh yang berpotensi menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.