Sukses

Rendah Hati Artinya Tidak Memandang Rendah Orang Lain, Begini Ciri-Ciri Sikapnya

Rendah hati artinya adalah tidak memandang rendah orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Rendah hati artinya adalah suatu sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri, dan ketidakmampuan diri sendiri, sehingga dengannya seseorang tidaklah mengangkuh, dan tidak pula menyombong. Pengertian lain, rendah hati artinya adalah tidak memandang rendah orang lain.

Rendah hati artinya adalah salah satu sifat penting yang perlu dimiliki setiap orang. Rendah hati ini dapat diwujudkan dengan berbagai cara dalam kehidupan sehari-hari. Sikap rendah hati juga disebut dengan tawadhu’.

Rendah hati akan mendatangkan banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Orang yang rendah hati artinya sudah terbebas dari keinginan untuk membanggakan diri. Untuk itu, kehidupan orang yang rendah hati pun akan selalu tenang tanpa kegelisahan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian rendah hati beserta ciri-ciri sikap dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari yang telah  dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Rendah Hati

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian rendah hati artinya tidak sombong atau tidak angkuh. Rendah hati artinya adalah salah satu tuntunan ajaran pokok dalam Islam. Rasulullah SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat pun telah memberikan contoh. Rasulullah SAW saat berinteraksi selalu mengedepankan sikap rendah hati tanpa memandang status sosial, golongan, dan ras.

Sementara, rendah hati artinya disebut dengan dengan sikap seseorang yang menyadari segala keterbatasan dalam dirinya. Rendah hati artinya dalam bahasa Inggris juga dikenal dengan humble yang berarti sisi baik yang dimiliki oleh seseorang.

3 dari 5 halaman

Arti Rendah Hati Menurut Islam

Dalam Islam, rendah hati artinya dikenal juga dengan istilah tawadhu. Sikap tawadhu ini juga telah dicontohkan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi umat Islam. Karena itu, hendaknya seorang muslim memiliki sifat dan sikap rendah hati di segala situasi. Di mana sebagai seorang muslim, hendaknya selalu mengedepankan sifat dan sikap rendah hati kepada siapapun. Adanya sifat rendah hati ini, tentu tak hanya membawa kemaslahatan bagi diri sendiri melainkan juga orang lain.

Sementara, rendah hati artinya menurut pandangan Islam juga dijelaskan dalam Al-Qur’an serta hadis. Di antara rendah hati artinya dalam penggalan ayat Al-Quran sebagai berikut.

"Maka berkat rahmat Allah, engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu." (QS Ali Imran: 159)

Ada juga bunyi ayat lain yang menyatakan untuk selalu bersikap rendah hati serta menjauhi sifat dan sikap sombong. Adapun arti rendah hati dan penggalan ayat Al-Qur’an sebagai berikut.

"Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung" (QS al-Isra: 37)

Sedangkan dalam Q.S Luqman ayat 18 juga dijelaskan tentang pentingnya bersikap rendah hati. Berikut ini arti ayat yang menjelaskan agar selalu bersikap rendah hati.

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS Luqman: 18)

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Sikap Rendah Hati

Berikut terdapat beberapa ciri-ciri orang yang memiliki sikap rendah hati, antara lain:

1. Lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara.

2. Menjadikan keberhasilan dan pencapaian orang lain sebagai motivasi.

3. Lebih mudah menerima kritikan dan masukkan orang lain.

4. Tidak mencoba mencari pembenaran diri sehingga selalu meminta maaf ketika berbuat salah.

5. Tidak egois dan mementingkan diri sendiri.

6. Mampu mengendalikan emosinya dengan bijak.

7. Penolong dan mendahulukan kepentingan orang lain.

8. Selalu mengucapkan terima kasih ketika menerima atau mendapat bantuan dari orang lain.

9. Memaafkan orang yang telah berbuat salah.

10. Tidak membeda-bedakan orang lain berdasarkan jabatan, golongan, agama, ras, dan seterusnya.

Selain ciri-ciri sikap rendah hati di atas, berikut juga ada ciri-ciri orang yang memiliki sikap rendah hati menurut Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitabnya berjudul Risalatul Mu‘awanah wal Mudhaharah wal Muwazarah, halaman 148-149. Yang berbunyi:

"Tanda-tanda orang tawadhu', antara lain, adalah lebih senang tidak dikenal daripada menjadi orang terkenal; bersedia menerima kebenaran dari siapa pun asalnya baik dari kalangan orang terpandang maupun dari kalangan orang yang rendah kedudukannya; mencintai fakir miskin dan tidak segan-segan duduk bersama mereka; bersedia mengurusi dan menunaikan kepentingan orang lain dengan sebaik mungkin; berterima kasih kepada orang-orang yang telah menunaikan hak yang dibebankan atas mereka, sementara memaafkan mereka yang melalaikannya."

5 dari 5 halaman

Cara Menerapkan Sikap Rendah Hati

Menerapkan sifat rendah hati atau tawadhu dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu sikap terpuji yang perlu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sifat tawadhu ini merupakan sifat yang ditunjukkan dengan cara tidak sombong terhadap apa yang kita miliki.

Menerapkan sifat rendah hati atau tawadhu dalam kehidupan rupanya memiliki keutamaan tersendiri yang bermanfaat bagi kehidupan kita baik di dunia maupun akhirat. Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim berikut ini:

“Sedekah tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin memuliakan dirinya. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu’ (rendah hati) karena Allah melainkan Allah akan meninggikannya.” (HR. Muslim no. 2588).

Sifat rendah hati dapat kita terapkan dengan berbagai cara. Contoh sikap rendah hati antara lain tidak menyombongkan kelebihannya di depan orang lain, selalu membuka diri terhadap masukan dan nasihat dari orang lain, dan juga selalu menghargai keberhasilan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.