Sukses

Saranghae Artinya Aku Mencintaimu, Ketahui Makna dan Contoh Penggunaannya

Kata saranghae artinya kurang lebih adalah 'aku cinta kamu'.

Liputan6.com, Jakarta Kata saranghae artinya dalam bahasa Indonesia adalah aku mencintaimu. Ungkapan saranghae sering kali kita dengar saat menonton serial drama Korea atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa Korea.

Secara umum, kata saranghae artinya sebagai ungkapan rasa cinta atau kasih sayang dalam bahasa Korea. Namun ternyata dalam bahasa Korea, masih ada beragam versi ungkapan cinta yang maknanya sama seperti apa arti saranghae.

Tidak bisa sembarangan, ungkapan saranghae rupanya ada banyak bentuknya. Tentunya, kamu harus memahami situasi yang tepat untuk mengucapkan kata ini. Supaya tidak salah mengucapkan, alangkah baiknya bila kamu memahaminya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti saranghae dan contoh penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Kata Saranghae

Saranghae jadi ungkapan cinta yang mungkin paling sering kita dengar di drama Korea. Kata saranghae artinya kurang lebih adalah 'aku cinta kamu'. Sedangkan dalam bahasa Inggris, saranghae artinya i love you.

Saranghae artinya biasa diucapkan sepasang kekasih yang umumnya sepantaran atau yang masih berusia muda. Pasalnya, saranghae artinya bentuk ungkapan cinta secara santai atau informal. Namun tak jarang, ungkapan saranghae juga diungkapkan untuk menggambarkan rasa cinta pada orangtua, anak, saudara, sahabat, atau sosok terkasih lainnya.

3 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Kata Saranghae

Contoh ungkapan cinta idol pada fans saat memenangkan penghargaan:

Paenbundeul kamsahabnida, saranghabnida

Artinya : Terima kasih untuk para fans, kami mencintaimu!

Contoh anak laki-laki menyatakan cinta pada perempuan yang lebih tua:

Nuna sarang haeyo

Artinya : Aku mencintai Kakak!

Contoh seorang teman memberi tahu boyband kesukaannya:

Nan Bangtaneul neomu saranghae

Artinya : Aku cinta banget sama BTS!

Bila ingin bertanya apakah kamu mencintaiku dalam bahasa Korea, kamu cukup mengucapkan:

Saranghaeyo?

Artinya : Apakah kamu mencintaiku? (dengan intonasi naik)

4 dari 5 halaman

Versi Lain dari Kata Saranghae

1. Saranghaeyo

Selain saranghae artinya aku mencintaimu, ada pula ungkapan saranghaeyo yang juga cukup umum dipakai untuk menyatakan cinta di Korea. Selain di drama, ungkapan saranghaeyo juga seringkali ditemukan dalam penggalan lagu. Tak saja untuk kekasih atau pacar, saranghaeyo juga bisa jadi ungkapan sayang untuk teman atau sahabat terdekat. Ungkapan ini bisa diucapkan pada seseorang dekat, namun lebih tua atau tingkat sosial yang lebih tinggi.

2. Saranghaeng

Ungkapan lain variasi dari saranghae adalah saranghaeng. Ungkapan saranghaeng mungkin tak sepopuler dua sebelumnya. Padahal, ungkapan ini bisa jadi cara menyatakan perasaan cinta pada pasangan secara menggemaskan. Sebab, dengan ungkapan saranghaeng, kalian bisa menunjukkan sisi imut atau aegyo pada pasangan. Karena punya kesan imut, kata ini juga bisa dipakai sebagai ledekan.

3. Saranghamnida

Jika saranghaeng merupakan versi aegyo dari arti saranghae, maka saranghamnida adalah sebaliknya. Saranghamnida bisa dipakai untuk kalian yang ingin mengungkapkan perasaan cinta dalam suasana formal. Dalam film, drama, atau lagu, variasi ini mungkin terbilang jarang digunakan. Tapi, ungkapan ini bisa sangat cocok dipakai secara langsung, terutama jika ditujukan pada sekelompok orang sekaligus. Biasanya ungkapan ini diucapkan pada momen resmi seperti pengumuman, presentasi, atau pesta pernikahan.

4. Saranghanda

Saranghanda juga bisa jadi pilihan ungkapan rasa cinta dalam bahasa Korea. Di bandingkan dengan ungkapan-ungkapan yang sebelumnya, saranghanda mungkin juga terbilang jarang muncul di drama atau film. Pasalnya, varian kata cinta bahasa Korea ini memang terbilang jarang dipakai. Saranghanda lebih sering muncul dalam bentuk tulisan, seperti pada surat cinta atau puisi.

5. Nado Saranghae

Ungkapan arti saranghae yang telah disebutkan sebelumnya, umum dipakai untuk menyatakan perasaan pada seseorang. Lantas, bagaimana jika untuk menjawab ungkapan-ungkapan cinta seperti di atas? Ternyata, ada kata khusus yang bisa dipakai untuk hal itu. Kalian bisa menggunakan ungkapan nado saranghae artinya 'aku juga mencintaimu'.

5 dari 5 halaman

Kosakata Bahasa Korea Lainnya

Selain saranghae artinya aku mencintaimu, berikut beberapa kosakata dalam bahasa Korea dan artinya yang sering ditemukan dan didengar dalam drama:

1. Arasao

Araso memiliki makna ‘oke’ atau ‘mengerti’. Kata ini dapat digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang telah memahami suatu hal atau pembicaraan.

2. Aniyo

Aniyo memiliki arti ‘tidak’. Kata ini dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah kamu dapat berbahasa Korea atau tidak.

3. Kamsahamnida/Gomawoyo

Terdapat banyak ungkapan dalam bahasa Korea untuk mengatakan ‘terima kasih’, Namun kamsahamnida/gomawoyo menjadi kosakata paling populer dalam drama Korea.

4. Joesonghamnida/Mianhaeyo/Mianhae

Kata ini berarti ‘maaf’. Joesonghamnida merupakan cara meminta maaf dengan hormat atau digunakan kepada orang yang lebih tua. Sedangkan jika berbicara atau meminta maaf kepada orang yang lebih muda dapat menggunakan kata 'Mianhae'.

5. Annyeong

Annyeong berarti ‘halo’ dan bisa digunakan dalam percakapan informal.

6. Oppa

Kata oppa digunakan untuk memanggil kakak laki-laki atau teman laki-laki yang lebih tua. Kata ini biasanya digunakan oleh perempuan.

7. Unni/Eonni

Kata ini digunakan oleh seorang perempuan untuk memanggil perempuan yang lebih tua

8. Juseyo/Jebal

Kata ini digunakan saat seseorang ingin meminta tolong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.