Sukses

Contoh Peta Konsep, Fitur dan Bedanya dengan Mind Map

Liputan6.com, Jakarta Contoh peta konsep bisa membantu menyusun bentuk informasi visual ini. Peta konsep sangat berguna untuk belajar lebih baik secara visual. Contoh peta konsep berfungsi mempermudah seseorang memahami sebuah konsep secara keseluruhan. 

Contoh peta konsep dapat berupa bagan, pengatur grafik, tabel, bagan alur, Diagram Venn, garis waktu, atau bagan T. Contoh peta konsep adalah strategi studi yang kuat karena membantu melihat gambaran besar. Mengetahui gambaran besar membuat detail lebih signifikan dan lebih mudah diingat.

Membuat contoh peta konsep cocok untuk menggambarkan hubungan antara hal-hal yang berbeda. Contoh peta konsep juga dapat digunakan untuk menganalisis informasi, membandingkan dan membedakan. Berikut contoh peta konsep dan penjelasannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(22/6/2022).

2 dari 5 halaman

Apa itu peta konsep?

Peta konsep adalah alat visual yang secara visual mewakili hubungan antara konsep dan ide. Peta konsep dapat menggambarkan sebab dan akibat, persyaratan, dan kontribusi antar item. Peta konsep ideal untuk mengembangkan pemikiran logis, membedah sistem yang kompleks, dan mengontekstualisasikan ide-ide spesifik dalam topik yang lebih besar.

Sebagian besar contoh peta konsep menggambarkan ide sebagai kotak atau lingkaran (juga disebut node), yang terstruktur secara hierarkis dan terhubung dengan garis atau panah (juga disebut busur). Garis-garis ini diberi label dengan menghubungkan kata dan frase untuk membantu menjelaskan hubungan antar konsep.

Penggunaan peta konsep merupakan strategi pembelajaran yang efektif karena peta konsep menunjukkan fakta secara visual. Dengan demikian, akan membantu seseorang untuk menghafal fakta dengan mudah.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, pemetaan konsep mungkin terlihat seperti sesi curah pendapat di mana topik utama dieksplorasi, dibedah, dan diatur ke dalam hubungan yang lebih kecil. Namun, proses ini juga dapat melibatkan pemodelan dan penilaian pengetahuan, pembangunan sistem, atau garis atau argumen di mana kesalahan sistem sengaja diekspos.

3 dari 5 halaman

Beda peta konsep dan mind map

Peta konsep sering disamakan dengan mind map. Padahal keduanya adalah visual yang berbeda. Perbedaan utama antara peta pikiran dan peta konsep adalah bahwa mind map adalah diagram yang menyajikan data dan informasi secara visual, sedangkan peta konsep adalah diagram yang mewakili hubungan antara konsep dan ide.

Mind map memiliki struktur radial, sedangkan peta konsep memiliki struktur pohon dengan banyak cabang dan struktur. Mind map fokus pada satu konsep, sedangkan peta konsep fokus pada banyak konsep dan ide. Proses pembuatan mind map cepat dan spontan, pembuatan peta konsep membutuhkan keterampilan berpikir.

Mind map lebih fleksibel, tetapi peta konsep lebih logis dan mempertahankan struktur hierarkis. Peta konsep berisi kata penghubung yang sejajar dengan anak panah, sedangkan mind map tidak mengandung kata penghubung.

Peta konsep sedikit lebih bervariasi dalam cara menggambarkan hubungan, sementara mind map biasanya terbatas pada hierarki radial dan struktur pohon. Peta konsep menggambarkan hubungan silang antara beberapa hubungan. Sementara peta pikiran fokus pada aliran ide langsung dari satu topik utama, atau konstruksi orang tua tunggal/beberapa anak.

 

4 dari 5 halaman

Fitur utama peta konsep

Melansir Lucindchart, peta konsep juga disebut sebagai diagram konseptual. Sementara jenis diagram lain mungkin terlihat serupa, peta konsep memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari alat visual lainnya. Berikut fitur yang ada dalam peta konsep:

Konsep

Konsep didefinisikan sebagai "keteraturan atau pola yang dirasakan dalam peristiwa atau objek, atau catatan peristiwa atau objek, yang ditunjuk oleh label" dan digambarkan sebagai bentuk dalam diagram.

Penghubung kata/frasa

Kata penghubung atau frase terletak pada garis penghubung objek dalam peta konsep, dan kata-kata tersebut menggambarkan hubungan antara dua konsep. Mereka sesingkat mungkin dan biasanya mengandung kata kerja. Contohnya termasuk "penyebab", "termasuk" dan "membutuhkan".

Struktur proposisional

Proposisi adalah pernyataan bermakna yang terdiri dari dua atau lebih konsep yang dihubungkan dengan kata penghubung. Pernyataan ini juga dikenal sebagai unit semantik atau unit makna. Konsep dan proposisi adalah dasar untuk penciptaan pengetahuan baru dalam suatu domain. Pada dasarnya, peta konsep secara visual menyampaikan serangkaian proposisi tentang topik tertentu.

Struktur hierarkis

Elemen kunci dari contoh peta konsep adalah struktur hierarkisnya. Konsep yang paling umum dan inklusif diposisikan di bagian atas peta konsep dengan konsep yang lebih spesifik dan eksklusif yang disusun secara hierarkis di bawahnya. Dengan demikian, peta konsep dirancang untuk dibaca dari atas ke bawah.

Pertanyaan fokus

Pertanyaan fokus mendefinisikan isu atau masalah yang perlu dipecahkan oleh peta konsep. Mengembangkan pertanyaan fokus memungkinkan merancang dengan konteks dalam pikiran dan dengan demikian membantu memandu dan mempertahankan arah peta konsep. Dalam struktur hierarki, pertanyaan fokus harus berada di bagian paling atas peta konsep dan berfungsi sebagai titik referensi.

Parking lot

Sebelum memulai peta konsep, akan sangat membantu jika membuat daftar yang mengidentifikasi konsep-konsep kunci yang perlu disertakan. Buat daftar urutan peringkat dari konsep yang paling umum hingga yang paling spesifik. Daftar ini disebut sebagai tempat parkir atau parking lot, karena kamu akan memindahkan item ke dalam peta saat mengetahui di mana mereka cocok.

Tautan silang

Tautan silang adalah hubungan antara konsep dalam domain yang berbeda dari peta konsep, memungkinkan untuk memvisualisasikan bagaimana ide-ide dalam domain yang berbeda ini terhubung. Baik hubungan silang maupun struktur hierarki memfasilitasi pemikiran kreatif, dan hubungan silang ini sering menunjukkan momen kreativitas.

5 dari 5 halaman

Contoh peta konsep

Berikut contoh peta konsep yang bisa dibuat: