Sukses

Paket Wisata Dieng dan Destinasi Favoritnya, Pilih Sendiri Liburanmu

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Dieng yang murah dan menarik dapat menjadi pilihan saat berlibur bersama keluarga maupun teman. Dieng merupakan obyek wisata yang berada di dataran tinggi. Secara administratif, dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. 

Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan. Lokasi paket wisata Dieng ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari. 

Paket wisata Dieng terdapat beragam pilihan destinasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan hari hingga harganya. Obyek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai paket wisata Dieng yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Paket Wisata Dieng

Paket wisata Dieng dapat dipilih berdasarkan hari, berikut rinciannya:

1. Paket Wisata Dieng 1 Hari

Paket wisata Dieng 1 hari dapat anda nikmati apabila hanya mempunyai waktu singkat namun tetap ingin berlibur. Berikut rincian paket wisata Dieng 1 hari:

a. Jemput dari meeting point (Yogyakarta)

b. Perjalanan Yogyakarta – Wonosobo

c. Istirahat di Wonosobo (Makan siang)

d. Tour ke Kompleks Candi Arjuna Dieng dan Kawah Sikidang.

e. Melanjutkan perjalanan wisata ke Telaga Warna, telaga pengilon (Batu Pandang)

f. Istirahat dan Menyaksikan film dokumenter Dieng di Dieng Plateau theater

g. Kembali ke Wonosobo

h. Istirahat dan Makan malam

i. Perjalanan Wonosobo – Yogyakarta, Tour Selesai

2. Paket Wisata Dieng 2 Hari

Selain itu, juga ada pilihan paket wisata Dieng selama 2 hari 1 malam. Berikut rinciannya:

a. Crew kami menjemput kamu dari meeting point (Yogyakarta / Purwokerto / Semarang / Surakarta / Magelang) menuju kota Wonosobo.

b. Setiba di Wonosobo, istirahat sembari menikmati santap makan siang. Dilanjutkan menyusuri lembah Dieng menuju “Gardu Pandang Tieng” untuk melihat panorama alam pegunungan dan hamparan lahan pertanian kentang.Perjalanan tak terhenti disini, kamu akan menikmati keindahan bumi kahyangan Dieng, seperti Telaga Warna, Batu Pandang, Kawah Sikidang, dan Komplek Candi Arjuna Dieng.

c. Perjalanan menuju penginapan, istirahat serta menikmati sajian makan malam dan rasakan sensasi berbeda dengan hawa udara sejuk disetiap sudut kota.

d. Waktu istirahat tiba untuk menyingsing aktivitas esok hari.

e. Kembali mengeksplore Dieng, diawali menyaksikan indahnya matahari terbit dari ufuk timur dengan cahaya keemasan di Bukit Sikunir, jika cuaca bersahabat kamu dapat mengabadikan moment langka, yaitu “negeri di atas awan” dan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Saat perjalanan menuruni bukit Sikunir, kamu akan disuguhi pemandangan “Telaga Cebong” yang tampak menawan.

f. Kembali ke penginapan sarapan dan melepas lelah, kemudian check out.

g. Aktivitas dihari kedua adalah melihat hamparan perkebunan teh serta berjalan santai di area Telaga Menjer sebagai telaga terluas di Kabupaten Wonosobo dan tak lupa membeli buah tangan di pusat oleh-oleh.

h. Kemudian, dilanjutnya wisata kuliner dengan mencicipi makanan khas Dieng-Wonosobo yaitu “Mie Ongklok”. Terakhir, perjalanan pulang ke meeting point yang sudah ditentukan. Tour selesai.

3 dari 5 halaman

Paket Wisata Dieng

3. Paket wisata Dieng 3 Hari

Bagi kamu yang memiliki waktu banyak untuk berlibur, kamu dapat memilih paket wisata Dieng selama 3 hari 2 malam ini. Berikut rincian perjalanannya:

a. Start dari meeting point di Magelang atau Yogyakarta.

b. Perjalanan menuju Wonosobo.

c. Setiba di Wonosobo, istirahat dan makan Siang.

d. Tour Gardu Pandang.

e. Tour sumur raksasa Jalatunda.

f. Tour Kawah Sileri.

g. Tour Telaga Merdada dengan menyusuri perbukitan.

h. Check in kemudian dinner.

i. Kembali ke Hotel, istirahat (free program).

j. Breakfast, kemudian melanjutkan tour Dieng zona 1.

k. Tour Komplek Candi Arjuna Dieng.

l. Tour Kawah Sikidang.

m. Tour Telaga Warna dan Batu Pandang.

n. Istirahat, makan siang.

o. Tour Telaga Menjer dan perkebunan teh.

p. Kembali ke Hotel, istirahat.

q. Dinner, kemudian istirahat sampai jam 03.00 pagi.

r. Tour Sikunir dan Telaga Cebong.

s. Breakfast dan istirahat.

t. Check out, belanja dan wisata kuliner.

u. Perjalanan pulang, tour selesai

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir juga menyajikan panorama matahari terbit yang luar biasa. Kamu akan melihat matahari yang terbangun malu-malu di antara hamparan awan. Terletak di Desa Sembungan, Bukit Sikunir berada di atas ketinggian 2.300 mdpl. Untuk mencapai Bukit Sikunir, pelancong harus menempuh perjalanan selama 30-45 menit. Namun, kamu tak perlu khawatir, jalur pendakian ke Bukit Sikunir terbilang mudah. Pengelola telah menyediakan fasilitas tangga yang membuat perjalanan jadi lebih mudah.

2. Telaga Warna

Telaga Warna menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Dieng. Di telaga ini, pelancong bisa mengelilingi danau melalui jalan setapak yang ada. Telaga ini dinamakan Telaga Warna karena keunikan fenomena alam yang dimilikinya. Warna air dari telaga kerap berubah-ubah akibat kandungan sulfur yang tinggi. Bisa berwarna merah, kuning, hijau, dan lain-lain.

3. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan objek pendakian populer di kawasan Dieng. Berada di ketinggian sekitar 2.565 mdpl, Gunung Prau menawarkan lanskap Gunung Sindoro-Sumbing yang mempesona. Tak hanya itu, para pelancong juga sepakat bahwa panorama sunrise atau matahari terbit di Gunung Prau merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara. Gunung Prau juga dianggap cocok bagi para pendaki pemula karena jalurnya yang tak terlalu sulit dilewati. Ada empat jalur pendakian Gunung Prau, diantaranya via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dwarawati, dan Wates.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

4. Bukit Pandang Ratapan Angin

Bukit Pandang Ratapan Angin merupakan salah satu obyek wisata yang tak boleh dilewati saat kamu berkunjung ke Dieng. Lokasi ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar. Berada di ketinggian 2.100 mdpl, lokasi ini menjadi tempat terbaik untuk melihat panorama Telaga Warna dan telaga-telaga lain yang ada di Dieng.

5. Kompleks Candi Arjuna

Tak cuma dikenal karena pesona wisata alamnya, Dieng juga memiliki warisan budaya yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah kompleks Candi Arjuna yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Candi Arjuna diperkirakan sebagai candi tertua, yang dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

6. Kawah Sikidang

Dieng juga dikenal dengan kekayaan geologinya. Salah satunya adalah Kawah Sikidang yang masih aktif hingga saat ini. Kawah yang berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini merupakan sisa dari letusan gunung api purba Dieng.

Saat memasuki area Kawah Sikidang, kamu akan menyaksikan lubang besar kawah yang berada di dataran dengan asap yang mengepul keluar. Kamu juga bisa melihat lumpur panas yang meletup-letup dengan jelas. Namun, jangan lupa untuk mematuhi segala rambu-rambu yang tertera di dekat kawah. Jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok ke dalam kawah karena bisa memicu ledakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS