Sukses

1 Dollar Berapa Rupiah Hari Ini? Begini Menghitungnya

Liputan6.com, Jakarta - 1 Dollar berapa Rupiah hari ini? Mata uang Dollar Amerika disingkat USD dan mata uang Rupiah Indonesia disingkat IDR. Memahami 1 Dollar berapa Rupiah hari ini berguna untuk menghitung konversi nilai tukar Dollar ke Rupiah. 

Saat artikel ini ditulis, 1 Dollar berapa Rupiah hari ini atau nilai tukar Dollar Amerika ke Rupiah Indonesia adalah 14.840 Rupiah Indonesia, pada 23 Juni 2022 pukul 01.28 UTC (Universal Time Coordinated).

Itu artinya, 1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800.

Apabila sudah mengetahui 1 Dollar berapa Rupiah hari ini, pahami berapapun nilai Dollar yang akan dikonversikan ke rupiah, kalikan nilai tukar Dollar Amerika tersebut ke mata uang Rupiah Indonesia dengan besaran nilai yang ingin diketahui.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam 1 Dollar berapa Rupiah hari ini dan cara menghitungnya, Kamis (23/6/2022).

2 dari 4 halaman

1 Dollar Berapa Rupiah Hari Ini?

Negara yang menggunakan dollar di antaranya seperti Amerika, Australia, Brunei, Kanada, Hong Kong, Jamaika, Liberia, Namibia, Taiwan, Selandia Baru, dan Singapura. Simbol untuk sebagian besar mata uang dollar adalah $.

1 Dollar berapa Rupiah hari ini? Memahami metode hitung konversi mata uang Dollar Amerika (USD) ke mata uang Rupiah Indonesia (IDR) disesuaikan dengan nilai tukar yang berlaku pada saat itu. Ini fungsinya mengetahui 1 Dollar berapa Rupiah hari ini.

Untuk memahami berapa pun nilai Dollar ke Rupiah, harus mengetahui nilai 1 Dollar berapa Rupiah hari ini terlebih dahulu. Berapapun nilai Dollar yang akan dikonversikan ke rupiah, kalikan nilai tukar Dollar Amerika ke mata uang Rupiah Indonesia dengan besaran nilai yang ingin diketahui.

1 Dollar berapa Rupiah hari ini?

Saat artikel ini ditulis, 1 Dollar berapa Rupiah hari ini atau nilai tukar Dollar Amerika ke Rupiah Indonesia adalah 14.840 Rupiah Indonesia, pada 23 Juni 2022 pukul 01.28 UTC (Universal Time Coordinated). Itu artinya, 1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800.

1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800, bagaimana jika dikonversikan dengan nilai yang lebih besar?

Dicontohkan menghitung dengan konversi 1 Dollar berapa Rupiah hari ini. 1 Dollar Amerika bernilai 14.800 IDR, kemudian untuk mengetahui nilai dari 10 Dollar Amerika berapa Rupiah Indonesia, kalikan 1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800 dengan 10 Dollar Amerika (14.800 x 10 = 148.000). Apabila nilai tukar Dollar Amerika atau 1 Dollar berapa Rupiah hari ini adalah Rp14.800, maka 10 Dollar Amerika (USD) adalah 148.000 Rupiah Indonesia (IDR).

3 dari 4 halaman

Cara Menguatkan Nilai Rupiah Indonesia

Nilai tukar mata uang Rupiah Indonesia bisa melemah dan menguat terhadap Dollar Amerika. Pemengaruhnya adalah kegiatan ekspor, impor, dan perekonomian di Amerika yang meningkat.

Meski tanggung jawab menguatkan nilai tukar Rupiah Indonesia terhadap Dollar Amerika adalah Pemerintah, tetapi masyarakat Indonesia juga bisa berkontribusi di dalamnya. Bagaimana cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan ada tujuh cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia, ini penjelasannya:

1. Membeli Produk dalam Negeri dan Menahan Diri Tidak Membeli Produk Impor

Hal yang paling mudah dilakukan sebagai cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia adalah dengan menghindari membeli produk impor agar Rupiah semakin kuat. Kalian bisa mengubah pembelian ke produk buatan dalam negeri, terlepas dari perbedaan kualitas dengan produk impor.

Masih banyak produk lokal yang tidak kalah berkualitas dan bahkan sudah menembus pasar internasional. Masyarakat saat ini juga terkenal cepat berganti handphone. Menunda membeli handphone dan barang elektronik yang sebagian besar adalah barang impor dapat membantu meningkatkan nilai Rupiah.

2. Tidak Menimbun Dollar dan Menukarkannya dengan Rupiah

Cara menguatkan nilai Rupiah Indonesia adalah lebih berani memegang Rupiah. Apabila yakin dan terus menggunakan mata uang ini dan tidak ikut menukarkan ke Dollar yang mana akan memperburuk nilah Rupiah.

Cepat atau lambat, nilai mata uang ini akan kembali menguat. Beberapa orang ada yang memiliki kemampuan finansial lebih dan biasanya menyimpan Dollar sebagai bagian dari portofolio keuangannya. Dollar dijadikan sebagai bagian diversifikasi investasi.

3. Berwirausaha dengan Orientasi Ekspor

Pelemahan nilai Rupiah menjadi momen yang tepat bagi wirausahawan, terutama yang memiliki impian untuk menghasilkan produk yang bisa menembus pasar internasional.

Salah satu contoh bisnis yang bisa ditekuni sebagai cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia adalah kerajinan tangan, di mana kerajinan tangan asli Indonesia sudah dikenal luas di luar negeri.

Nilai tukar Rupiah yang turun membuat harga produk ekspor Indonesia relatif lebih murah dibandingkan dengan produk negara lain. Maka mengekspor produk tersebut bisa membantu pemerintah dalam mengumpulkan devisa.

4. Berwisata dan Menikmati Wisata Dalam Negeri

Hal lain yang bisa membantu pemerintah sebagai cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia adalah dengan menahan terlebih dahulu keinginan untuk jalan-jalan ke luar negeri serta mendorong pengembagnan sektor pariwisata dalam negeri yang diharapkan dapat mempercepat penerimaan devisa. Destinasi wisata di Indonesia tidak kalah indahnya dengan tempat-tempat di negara lain.

4 dari 4 halaman

Cara Menguatkan Nilai Rupiah Indonesia Selanjutnya

5. Berpergian dengan Transportasi Publik

Apa hubungannya penggunaan transportasi publik dengan mata uang Rupiah? Penggunaan transportasi publik sangat efektif untuk menghemat pemakaian BBM dan ini cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia Jika menghemat penggunaan BBM, maka jumlah BBM yang harus diimpor pemerintah dapat dikurangi sehingga cadangan devisa dapat digunakan untuk kebijakan lain. Cara ini menjadi hal paling sederhana dalam membantu kurs Rupiah.

6. Berinvestasi di Dalam Negeri

Walaupun kurs Rupiah sedang merosot, bukan berarti seluruh investasi menjadi tidak menguntungkan. Kalian dapat tetap berinvestasi aset yang tidak bergantung terhadap kurs Dollar, salah satunya di Surat Utang Negara (SUN).

Belum lama, pemerintah Indonesia menerbitkan SUN dengan seri SBR004. SBR004 merupakan instrumen investasi yang tepat di tengah penurunan kurs Rupiah saat ini. Bantu pemerintah dengan berinvestasi di instrument investasi dalam negeri seperti membeli ORI atau SBN.

7. Tidak Memanfaatkan Kondisi Lemahnya Rupiah

Terakhir, saat nilai tukar Dollar meningkat, banyak dari masyarakat Indonesia yang menukarkan Rupiah dengan harapan mereka dapat memperoleh keuntungan di masa mendatang. Hal ini justru semakin menekan nilai tukar Rupiah. Maka dari itu, cara menguatkan nilai mata uang Rupiah Indonesia adalah perlu memupuk rasa nasionalisme yang kuat agar tidak ikut tergoda mengambil keuntungan dari penurunan nilai Rupiah tersebut.