Sukses

18 Cara Mengobati Sakit Gigi, Kurangi Rasa Nyeri

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati sakit gigi bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman. Sakit gigi adalah kondisi yang sangat mengganggu. Ia bisa menimbulkan rasa nyeri luar biasa, bahkan ketika tidur.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh kerusakan gigi atau infeksi dalam mulut. Jika tidak diobati, kondisi ini akan berakibat fatal. Ini sebabnya, penting untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi. 

Cara mengobati sakit gigi biasanya berfokus pada mengendalikan nyeri yang ada. Dengan begitu, rasa tidak nyaman dapat teratasi. Tapi, kamu tetap harus pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Cara mengobati sakit gigi ini bisa dilakukan ketika malam hari di mana kamu tidak bisa pergi ke dokter.

Cara mengobati sakit gigi ini bersifat sementara. Jika rasa sakit bertahan, segera lakukan pemeriksaan menyeluruh. Cara mengobati sakit gigi bisa dilakukan dengan mengonsumsi pereda nyeri, berkumur, dan mengompres. Berikut 18 cara mengobati sakit gigi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(30/6/2022).

2 dari 7 halaman

Cara mengobati sakit gigi

Kumur air garam

Cara mengobati sakit gigi yang paling sederhana adalah berkumur air garam. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Berkumur dengan air garam saat sakit gigi juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Kompres dingin

Kompres dingin bisa menjadi cara mengobati sakit gigi. Saat menerapkan kompres dingin, ia menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menyempit. Cara meredakan sakit gigi ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Meninggikan kepala

Pengumpulan darah di kepala dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan tambahan. Cara mengobati sakit gigi ini bisa dilakukan ketika nyeri datang pada malam hari. Bagi sebagian orang, meninggikan kepala dengan satu atau dua bantal tambahan mungkin cukup meredakan rasa sakit sehingga mereka bisa tertidur.

3 dari 7 halaman

Cara mengobati sakit gigi

Es batu

Cara mengobati sakit gigi selanjutnya adalah menggunakan es batu. Es dapat membuat area tersebut mati rasa dan biasanya membuat seseorang merasa nyaman saat diletakkan di dekat gigi yang terkena. Taruh es di tangan, di sisi tubuh yang sama dengan gigi yang sakit. Gosokkan es di antara ibu jari dan jari telunjuk selama 7 menit, atau sampai area tersebut mati rasa. Para peneliti percaya es menghentikan sinyal rasa sakit ke otak.

Kantong teh

Tanin yang terkandung di dalam kantong teh dapat membantu meredakan sakit gigi. Tempelkan kantong teh basah yang sedikit hangat pada gigi yang sakit selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda. Teh celup seperti teh peppermint mengandung mentol, yang memiliki sifat mati rasa yang dapat digunakan untuk mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit.

Obat kumur berfluoride

Obat kumur dan pasta gigi berfluorida direkomendasikan untuk mengobati sensitivitas gigi karena membantu memperkuat enamel dan juga mengurangi sebagian besar sakit gigi. Bilas mulut dengan secangkir kecil obat kumur berfluorida. Kumur-kumur selama 1 hingga 2 menit sebelum meludahkannya. Lakukan cara mengobati sakit gigi ini dua kali sehari.

4 dari 7 halaman

Cara mengobati sakit gigi

Kumur minyak kelapa

Berkumur dengan minyak atau oil puiling adalah praktik Ayurveda tradisional India, yang melibatkan berkumur minyak mulut selama beberapa menit sebelum meludahkannya. Jenis minyak yang biasa digunakan berkumur adalah minyak kelapa. Oil pulling dengan minyak kelapa memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan mulut. Sifat analgesik dan anti-inflamasi minyak, terutama minyak kelapa murni dapat membantu mengurangi sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan oil puiling adalah dengan kumur satu sendok makan minyak kelapa di mulut selama 15 hingga 20 menit. Berhati-hatilah untuk tidak menelannya. Keluarkan minyak dan sikat gigi sampai bersih.

Obat pereda rasa sakit

Obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen, paracetamol dan ibuprofen, dapat meredakan nyeri sementara untuk sakit gigi. Beberapa salep obat juga dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi. Gel dan salep mati rasa OTC yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain dapat membuat area tersebut mati rasa.

Daun jambu biji

Daun jambu biji telah lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi secara tradisional. Daun jambu biji memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun ini juga punya efek antimikroba, aktivitas yang dapat membantu dalam perawatan mulut. Cara meredakan sakit gigi adalah dengan mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

5 dari 7 halaman

Cara mengobati sakit gigi

Teh hijau

Teh hijau adalah produk lain yang dapat digunakan untuk menjaga kesegaran mulut. Teh hijau juga dapat membantu kesehatan mulut. Untuk gigi sensitif atau sakit gigi, ara mengobati sakit gigi adala dengan menggunakan teh hijau tanpa pemanis sebagai obat kumur dua kali sehari untuk memperkuat gigi dan mengurangi peradangan.

Teh peppermint

Cara mengobati sakit gigi selanjutnya adalah menggunakan teh pepermint. Seperti cengkeh, peppermint memiliki sifat mati rasa yang dapat meredakan sakit gigi. Menthol, yang memberi peppermint rasa dan aroma mint, juga dikenal sebagai antibakteri. Satu sendok teh daun peppermint kering dapat dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan direndam selama 20 menit. Setelah dingin, teh bisa digunakan untuk berkumur.

Madu dan air hangat

Madu adalah agen antibakteri, dan dapat digunakan untuk manajemen luka. Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan, dan mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan. Cara mengobati sakit gigi adalah dengan bilas mulut dengan air hangat dan sesendok madu. Bilasan ini akan meningkatkan penyembuhan mulut.

 

6 dari 7 halaman

Cara mengobati sakit gigi

Ekstrak vanili

Ekstrak vanili mengandung sifat antiseptik dan pereda nyeri. Eksktak ini telah digunakan untuk mengobati rasa sakit dan ketidaknyamanan bayi saat mulai tumbuh gigi. Untuk merawat gigi sensitif, tuangkan ekstrak vanili ke bola kapas. Oleskan bola kapas ke gusi selama beberapa menit, dan ulangi prosesnya sesering yang dibutuhkan.

Cengkih

Cengkih telah digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi secara tradisional. Karena minyak cengkih dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi rasa sakit peradangan. Ini berkat kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cara mengurangi rasa sakit dengan cengkih adalah dengan mengoleskan sedikit minyak cengkih. Minyak cengkih juga bisa ditambahkan pada air untuk berkumur.

Bawang putih

Salah satu kegunaan bawang putih dalam pengobatan tradisional adalah untuk mengobati sakit gigi. Mengunyah bawang putih sebentar menghasilkan senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mulut, seperti Streptococcus mutans.

7 dari 7 halaman

Cara mengobati sakit gigi

Jahe

Cuci dan kupas satu inci jahe segar dan mulailah mengunyahnya perlahan di sekitar area yang sakit. Biarkan jahe mengeluarkan jusnya. Cara mengobati sakit gigi yang dilakukan selama satu atau dua jam ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang dikenal dengan efek anti-inflamasi. Untuk kesehatan mulut dan untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif, kunyit bisa dioleskan pada gigi. Cara meredakan sakit gigi adalah dengan membuat pasta oles dari 1 sdt kunyit, ½ sdt garam, dan ½ sdt minyak mustard. Oleskan pasta ini ke gigi dan gusi dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit.

Rumput gandum

Rumput gandum atau wheatgrass memiliki sifat penyembuhan seperti sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ia memiliki banyak nutrisi ermasuk kandungan klorofil yang tinggi, yang membantu melawan bakteri. Rumput gandum bisa diminum langsung atau digunakan sebagai obat kumur.