Sukses

Push Up merupakan Jenis Latihan untuk Melatih Kekuatan Otot, Simak Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu push up? Memahami push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas. Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot bisep dan otot trisep. Push up bukan olahraga yang mudah dilakukan.

Olahraga push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot dengan mengangkat dan menurunkan tubuh. Merriam Webster menjelaskan push up adalah meluruskan dan menekuk lengan sambil menjaga punggung tetap lurus dan menopang tubuh pada tangan dan kaki.

Apabila sudah memahami push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot, ketahui manfaat olahraga ini bagi tubuh sangat luar biasa. Push up mampu meningkatkan sistem kardiovaskular, mencegah cedera dan osteoporosis, hingga menjaga vitalitas.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot beserta manfaatnya, Selasa (5/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Push Up merupakan Jenis Latihan untuk Melatih Kekuatan Otot Bisep dan Otot Trisep

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot bisep dan otot trisep. Collins English Dictionary menjelaskan olahraga push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot lengah dan dada.

Dijelaskan lebih mendalam, push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan dengan berbaring, wajah menghadap ke lantai dan mendorong dengan tangan untuk mengangkat tubuh hingga lengan lurus.

Olahraga push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot dengan mengangkat dan menurunkan tubuh. Merriam Webster menjelaskan push up adalah meluruskan dan menekuk lengan sambil menjaga punggung tetap lurus dan menopang tubuh pada tangan dan kaki.

Hal yang sama ditegaskan Profesor Kinesiologi dari Manhattan College, Lisa Toscano, EdD melansir dari Everyday Health, push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot-otot lengan, dada, punggung, perut, dan paha depan.

Ada pula otot lain yang ikut dilatih adalah otot pectoralis mayor (otot dada), deltoid anterior (bahu), trisep, bisep, rhomboid (otot punggung atas penghubung tulang belakang dan belikat), dan trapezius (ikatan otot yang memanjang dari bagian belakang kepala dan leher).

Memahami push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot yang harus dilakukan dengan gerakan benar. Begini cara melakukan push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Mulailah cara melakukan push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot, dengan berbaring tengkurap, dengan telapak tangan di atas matras yang terbuka sedikit lebih lebar dari lebar bahu.

2. Pastikan cara melakukan push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot, pada bagian kaki lurus ke belakang dan atur jarak kedua kaki (boleh selebar bahu atau lebih rapat) untuk mendapatkan posisi nyaman.

3. Kemudian cara melakukan push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot, mulai dorong badan ke atas sehingga berat badan tertumpu pada tangan dan kaki.

4. Ketika melakukan gerakan tersebut, pastikan tangan lurus ke atas, dan seluruh tubuh dari kepala sampai kaki harus berada dalam garis lurus. Bokong tidak boleh naik ke atas ataupun kendur. Kencangkan bokong dan perut agar postur tubuh bisa lurus.

5. Kemudian cara melakukan push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot, secara perlahan mulai tekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Saat melakukan ini, jangan lupa untuk menarik napas secara perlahan.

6. Cara melakukan push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot terakhir, buang napas sambil mendorong tubuh dengan menggunakan tangan untuk kembali ke posisi semula.

3 dari 3 halaman

Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh

Apabila sudah memahami push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot, ketahui manfaat sebenarnya bagi kesehatan tubuh. Ini penjelasan manfaat push up untuk kesehatan tubuh yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Tingkatkan Kekuatan Fungsional

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan fungsional melalui aktivasi seluruh bagian tubuh. Saat menurunkan tubuh ke lantai, sensasi "terbakar" akan mulai meliputi otot karena banyaknya jumlah otot yang digunakan.

2. Meregangkan Otot untuk Vitalitas

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan dengan meregangkan otot untuk kesehatan dan vitalitas. Ini adalah manfaat push up yang sering diremehkan.

Saat menurunkan tubuh ke lantai, otot punggung akan teregang secara efektif, dan saat mendorong tubuh ke posisi awal, bisep meregang penuh.

3. Tingkatkan Sistem Kardiovaskular

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot membantu meningkatkan sistem kardiovaskular. Ketika tubuh secara bersamaan melibatkan kelompok otot besar, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan darah yang kaya oksigen ke jaringan otot.

Pada akhirnya, aktivitas push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot ini menghasilkan latihan kardiovaskular yang efektif. Mampu mendukung kesehatan jantung dan mendorong pengurangan lemak tubuh yang tersimpan.

4. Meningkatkan Otot Seluruh Tubuh

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot seluruh tubuh. Sepanjang gerakan push up, tubuh merekrut beragam otot utama dan menstabilkannya.

Semakin banyak massa otot yang digunakan dalam latihan kekuatan, semakin besar produksi dan pelepasan hormon khusus yang disebut HGH, atau hormon pertumbuhan manusia.

5. Melindungi Bahu dari Cedera

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot serta mampu melindungi bahu dari cedera. Cedera yang paling melemahkan dan umum dialami oleh orang yang lebih tua adalah cedera rotator cuff.

Pahami push up membutuhkan otot yang menstabilkan, yang mengelilingi sendi manset rotator, area tubuh ini diperkuat dan dikondisikan untuk gerakan dinamis.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot untuk membantu memperbaiki postur tubuh. Jika aktivitas harian melibatkan duduk di depan komputer sepanjang hari, postur tubuh yang tidak tepat dapat terjadi dan merusak kesehatan dan kenyamanan seiring bertambahnya usia.

7. Mencegah Cedera Punggung Bawah

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot untuk mencegah terjadinya cedera punggung bagian bawah. Ada beberapa cedera yang melemahkan seperti cedera punggung bawah.

Bagian penting dari tubuh ini mendukung hampir setiap gerakan, jadi jika rusak atau cedera bahkan tugas yang paling sederhana pun bisa menjadi sangat menyakitkan.

8. Meningkatkan Testosteron dan Mencegah Osteoporosis

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot untuk meningkatkan testosteron dan mengurangi perkembangan osteoporosis. Seiring bertambahnya usia pada pria dan wanita, konsentrasi berbagai hormon mulai berkurang.

Bagi pria, kehilangan yang paling menonjol adalah penurunan testosteron yang beredar. Sementara bukti awal membutuhkan penyelidikan lebih lanjut, beberapa menunjukkan gerakan sederhana push up meningkatkan produksi testosteron pada pria maupun wanita.

9. Menurunkan Berat Badan

Push up merupakan jenis latihan untuk melatih kekuatan otot yang berdampak pada penurunan berat badan. Tidak hanya meningkatkan kekuatan otot, push up yang dilakukan secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori tubuh. Kalori yang terbakar dari latihan kekuatan ini adalah sekitar 7 kalori dalam setiap menitnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS