Sukses

Viral Kuli Temukan Benda Tak Terduga saat Kerjakan Proyek di Tanah Bekas Kuburan

Liputan6.com, Jakarta Setiap pekerjaan tentu memiliki beban masing-masing. Seperti halnya sebagai kuli bangunan atau kuli proyek yang lebih banyak mengandalkan fisik. Karena dalam pekerjaannya itu, ia akan sering mengangkat berbagai bahan hingga menghadapi hal tak terduga yang terjadi di lokasi pekerjaan.

Bahkan mereka sering dihadapkan pada lahan pekerjaan yang tak terduga dan tidak tahu asal usulnya. Alhasil ada sesuatu kejanggalan yang mereka temukan. Seperti yang dialami kuli proyek yang baru-baru ini viral di media sosial.

Pengguna TikTok @martinsetiawan345 mengunggah video beberapa kuli yang tengah mengerjakan sebuah lahan. Ketika tengah menggali tanah, kuli justru menemukan hal yang tak terduga. Usut punya usut, lahan tersebut diketahui merupakan tanah bekas kuburan.

"proyek bekas kuburan.," keterangan dalam video tersebut, seperti dikutip oleh Liputan6.com dari TikTok @martinsetiawan345, Selasa (5/7/2022).

Dalam video, lokasinya tampak seperti lahan kosong biasa. Namun siapa sangka jika lahan tersebut merupakan tanah bekas kuburan. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @martinsetiawan345, Selasa (5/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Temukan Kafan hingga Tulang Belulang

Ketika melakukan penggalian, kuli proyek itu menemukan penampakan seperti kain kafan yang masih utuh hingga tulang belulang. Tak diam begitu saja, kemudian mereka mengambil kain kafan yang ditemukan untuk disingkirkan dari lahan proyek. Lalu benda-benda tersebut kemudian dikumpulkan dan ditata dengan layak.

Pengunggah video pun mengungkapkan jika lahan tersebut merupakan tanah bekas kuburan tua dari jaman dahulu dan sudah dipindah. Maka dari itu tak terlihat nisan dan seperti lahan kosong pada umumnya.

"ini kuburan tua dari jaman dulu.sudah di pindah . itu karena udah gak ada nisan nya jadi nggak terlihat . dan tertinggal" ungkap TikTok @martinsetiawan345.

Penemuan benda-benda tak terduga inipun bikin warganet kaget. Meskipun demikian, tidak sedikit yang mengatakan kalau hal ini sudah jadi risiko menggarap pekerjaan di lahan bekas kuburan. Hal serupa memang sering terjadi dan sudah tidak asing lagi buat para kuli proyek.

3 dari 3 halaman

Bikin Netizen Merinding

Melihat video kuli proyek menemukan sejumlah kain kafan dan tulang belulang di tanah bekas kuburan itu berhasil bikin warganet merinding. Mereka juga mendoakan para kuli tidak mengalami kendala apapun selama proses pengerjaan lahan tersebut.

"the real, "bangunan ini dulunya kuburan" komentar @aelsasptr

"anjimmm gueee merindingg," komentar @YT:YMproduction03

"sama bro di deket rumah gw jg buat jalan toll di daerah bekas kuburan trus di pindahin mayat² nya," komentar @Safinah Tamzil

"aku juga dulu kerja proyek, LG gali tanah buat pembuatan wwtp 2x nemuin mayat yg msih utuh, dan yg satunya tinggal tengkorak y doang," komentar @erickxada

"Masya Allah, semoga lancar bang ga ada kendala apapun, di mudahkan dalam pekerjaan nya, aamiin," komentar @marni3313

"dirumah saya juga begini dulu kuburan jaman dulu sampe skrng tempat itu jadi tempat angker sampe skrng, sampe ada cewe pake gaun merah," komentar @awaliafdr6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.