Sukses

5 Cara Membuat Bubur Jagung Lembut Dan Creamy, Ada Varian Manis dan Gurih

Liputan6.com, Jakarta Jagung merupakan salah satu komoditi yang banyak dan mudah untuk diperoleh di Indonesia. Dikenal dengan rasanya yang manis, terdapat banyak olahan jagung yang menjadi favorit masyarakat Indonesia seperti jagung bakar, popcorn, puding jagung, bakwan jagung hingga bubur jagung.

Bubur jagung menjadi salah satu favorit yang sering dibuat oleh para penikmat makanan manis ini. Tidak hanya karena rasanya yang enak, namun juga cara membuat bubur jagung yang terbilang sangat mudah menjadi salah satu faktor banyak yang menyukai menu ini.

Bubur jagung merupakan bubur krim yang terbuat dari jagung yang telah digiling halus. Di mana bubuknya dapat berasal dari jagung putih atau jagung kuning yang telah ada sejak jaman dahulu kala. Banyaknya peminat dan tingginya kepopuleran makanan ini membuat bubur jagung dinobatkan menjadi hidangan resmi Georgia.

Terbuat dari bubuk jagung yang digiling dan dimasak perlahan dengan tambahan mentega, keju dan krim kental yang menggugah selera, bubur jagung tidak hanya menyajikan cita rasa yang manis namun juga gurih dan creamy di setiap sendoknya. Ada banyak cara membuat bubur jagung yang bisa diikuti dan dicontoh dari berbagai negara dengan pilihan cita rasa yang berbeda sesuai dengan komponen tambahan yang dimasukan dalam proses pembuatannya.

Cita rasa yang enak dari bubur jagung membuat hidangan ini cocok ditambahkan dengan berbagai komponen tambahan seperti ayam, udang, telur, sayuran hingga buah-buahan yang masam dan segar untuk menambah variasi cita rasanya. Berikut ini Liputan6.com rangkum cara membuat bubur jagung sederhana yang enak dan mudah dari berbagai sumber, Rabu (6/7/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bubur Jagung Lembut dan Creamy

Bahan:

- 4 cangkir air

- 1 1/2 cangkir bubur jagung yang digiling

- 2 daun salam kering

- 1/2 sendok teh garam 

- 8 sendok makan(1 batang) mentega tawar

- 2 ons keju parmesan

- 1 cangkir krim kental

- Toping sesuai keinginan

 

Peralatan:

1.  Gelas dan sendok takar

2.  Pisau koki dan talenan

3.  Panci besar dengan penutup

4.  gunting dapur

5.  wajan besar

6.  Pisau kecil pengupas buah atau sayur

7.  Saringan

8.  Sendok kayu atau spatula

 

Cara membuat:

1.  Panaskan dan rendam bubur jagung terlebih dahulu. Tempatkan 4 cangkir air, 1.5 cangkir bubur jagung, 2 daun salam kering, dan 0.5 sendok teh garam dalam panci besar kemudian didihkan dengan api besar.

2.  Setelah dirasa cukup segera angkat panci dari api, kemudian tutup, dan sisihkan selama 15 menit.

3.  Siapkan mentega dan keju. Potong 8 sendok makan mentega tawar menjadi 8 bagian dan parut sampai Anda memiliki 0.5 cangkir keju Parmesan.

4.  Rebus bubur jagung. Buka dan kembalikan bubur jagung hingga mendidih di atas api sedang-tinggi. Masak, aduk secara teratur dengan pengocok dan gosok bagian bawah untuk mencegah penggumpalan atau pembakaran, selama 20 hingga 25 menit.

5.  Selesaikan bubur jagung. Bubur jagung siap ketika sebagian besar air diserap dan bubur jagung telah mengental, Matikan api, angkat dan buang daun salam.

6.  Masukan mentega, keju, dan 1 cangkir krim kental kemudian aduk hingga merata dan makanan siap untuk disajikan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bubur Jagung Varian Manis dan Gurih

Bubur jagung yang telah dibuat ini kemudian bisa dikreasikan menjadi dua variasi sesuai dengan keinginan, yaitu ada variasi manis dan variasi gurih tergantung dengan toping atau komponen lain yang akan ditambahkan dalam bubur jagung yang sudah disiapkan sebelumnya.

Varian Manis

Setelah bubur jagung yang sudah dibuat sebelumnya matang, Anda bisa membuatnya gurih atau manis sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Untuk bubur jagung dengan variasi manis, bisa dibuat dengan menambahkan toping-toping lezat seperti, sirup maple, gula merah, buah, madu, kayu manis, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Beberapa kombinasi favorit yang bisa dicoba di antaranya adalah kombinasi pisang, madu  dan kacang almond panggang,kemudian ada beri dan sirup maple, atau anggur dengan sirup maple dan kayu manis.

Varian Gurih

Sedangkan untuk anda yang lebih suka dengan rasa gurih dan asing berikut adalah toping-toping atau komponen yang bisa anda tambahkan dalam menyajikan bubur jagung dengan bumbu-bumbu sederhana yang bisa anda temukan di dapur.

Seperti dengan menambahkan garam, lada hitam, bubuk bawang putih, sedikit saus pedas, irisan daging, telur, sosis, bawang hijau, tomat, paprika dan bermacam sayur-sayuran lain. Beberapa kombinasi yang bisa dicoba meliputi keju, daging dan daun bawang kemudian telur goreng, sosis dan saus sambal, atau bisa juga dengan daging ditambah dengan saus sambal.

Varian Asam

Bubur jagung juga enak disajikan dengan pilihan toping dan bumbu yang menambah rasa asam pada menu ini, untuk anda yang menyukai rasa asam dan segar bisa menambahkan bumbu dan topping berupa markisa, lemon, jeruk nipis, sirsak, tomat atau belimbing wuluh yang cocok dipadukan dengan rasa creamy dari bubur jagung yang telah disiapkan.

Varian Pedas

Untuk anda yang menggemari masakan dengan cita rasa pedas, bubur jadung juga bisa disajikan dengan tambahan bumbu pedas seperti lada, cabai, serta paprika sesuai dengan selera anda.

Anda juga dapat menambahkan sambal atau lauk pelengkap lainnya yang memiliki rasa pedas sebagai makanan pendamping saat menikmati bubur jagung yang telah disediakan sebelumnya.

Varian Kekinian

Bubur jagung yang digemari oleh segala kalangan dan usia kini juga bisa dikreasikan dengan campuran toping-toping yang tengah populer saat ini seperti es krim, boba, coklat, dan juga jelly manis yang bisa dibeli atau dibuat sendiri dirumah.

Varian bubur jagung kekinian ini enak disajikan dalam keadaan dingin setelah sebelumnya didiamkan terlebih dahulu di dalam mesin pendingin atau didiamkan dalam dalam suhu ruangan.

4 dari 4 halaman

Tips Cara Membuat Bubur Jagung

Tips agar bubur jagung menjadi lebih lembut dan creamy

1. Penting untuk memilih bahan dasar utama premium untuk hasil yang memuaskan, sehingga disarankan untuk membeli bubur jagung yang berkualitas baik sebagai bahan dasar pembuatan bubur jagung

2. Untuk mendapatkan tekstur creamy dan lembut, dalam pembuatannya disarankan untuk menggunakan 6 cangkir air untuk 1 cangkir bubur jagung. Di awal adonan akan tampak terlalu cair namun setelah beberapa lama dimasak tepung jagung akan menyerap semuanya.

3. Gunakan setengah air dan setengah susu (susu biasa atau rendah lemak, apa pun yang anda miliki) untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Dan selalu awasi cairan saat mendidih, karena susu bisa mendidih dan pecah saat dimasak.

4. Gunakan panci berat yang memiliki bagian bawah yang tebal saat memasak bubur jagung. Hal ini untuk menghindari bagian bawah yang bisa gosong karena suhu yang terlalu panas.

5. Saat anda mengaduk dengan spatula, pastikan untuk sering mengikis bagian bawah panci, hal ini dilakukan karena bubur jagung cenderung menggumpal di bagian bawah.

6. Jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak susu sesuai kebutuhan saat bubur jagung matang, karena bubur jagung harus terlihat lembut dan harus berputar dengan mudah. Jika bubur jagung mulai terlihat berpasir, atau jika tepinya mulai terlihat gelap, itu pertanda untuk menambahkan susu lebih banyak lagi.