Sukses

7 Tujuan Kerjasama Internasional, Jalin Persahabatan dan Hindari Konflik Antar Negara

Liputan6.com, Jakarta Tujuan kerjasama internasional, salah satunya adalah menjalin persahabat dan menghindari konflik antar negara. Tujuan kerjasama internasional yang dilakukan oleh salah satu negara dengan negara yang lain pada dasarnya membawa dampak yang baik serta positif dalam berbagai bidang. Kerjasama yang dikenal dengan bilateral, dan jika menggabungkan beberapa negara di ASEAN disebut multilateral.  

Tujuan kerjasama internasional ini dilakukan tak memandang batasan wilayah, serta manfaatnya mencakup bidang ekonomi, politik , sosial, kebudayaan juga pertahanan keamanan. Dengan adanya kerjasama yang dilakukan, dapat meningkatkan hubungan persahabatan dan membantu sewaktu - waktu diperlukan. 

Selain itu, tujuan kerjasama internasional yang dilakukan antarnegara sangat bermanfaat dalam berbagai bidang. Berikut ini rangkuman tentang tujuan kerjasama internasional yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Senin (11/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tujuan Kerjasama Internasional

1. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu tujuan kerjasama internasional adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di banyak negara yang menjalin kerjasama. Untuk mencapai tujuan itu dan menjadikan negara yang maju,  perlu adanya tunjangan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Sebagai contoh, Indonesia yang merupakan negara berkembang perlu melakukan kerjasama internasional dengan negara lain dalam bidang ekonomi.

Contohnya, Indonesia pernah kedatangan Raja Arab untuk melakukan kerjasama. Pada bidang ekonomi, kerja sama internasional dapat ditinjau pada APEC ( Asia-Pasific Economic Cooperation). Dengan tujuan meningkatkan pertumbahan ekonomi pada kawasan Asia-Pasifik.

2. Memperluas Tenaga Kerja

Tujuan kerjasama internasional dapat memperluas tenaga kerja. Mulai dari bidang ahli, pertukaran pelajar hasil dari kerjasama internasional yang tentu memberi dampak baik dengan menghadirkan tenaga kerja ahli yang handal. Tidak hanya itu, dengan pertukaran pelajar membuat sektor tenaga kerja menjadi lebih luas dan mempunyai skill yang cukup baik. 

3 dari 4 halaman

Tujuan Kerjasama Internasional Tingkatkan Persahabatan Antar Negara

3. Tingkatkan Hubungan Persahabatan Antar Negara

Tujuan kerjasama internasional berikutnya adalah dapat meningkatkan hubungan persahabatan antar negara. Setiap negara memiliki hubungan antar sesamanya, untuk menghindari konflik yang terjadi kapanpun perlu melakukan sebuah kerjasama internasional. Dengan adanya kerjasama internasional yang terjalin maka dapat mempererat hubungan antar negara. Menjalin hubungan kerjasama internasional nantinya akan berdampak pada eratnya persahabatan antara negara-negara yang saling melakukan kerja sama. sehingga menghindarkan rasa permusuhan karena dengan persahabatan, masing - masing akan saling menguntungkan. 

4. Menjaga Perdamaian dan Keamanan Dunia

Tujuan kerjasama internasional adalah menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Mengingat perang yang sempat terjadi pada masa lalu mampu mengacaukan dunia dalam segala aspek dan berbagai bidang yang dimiliki tiap negara. Juga perang antar negara yang baru saja terjadi, oleh sebab itu melakukan kerjasama internasional akan bertujuan mencapai perdamaian. Dampak positifnya, membuat dunia terbebas dari terjadinya perang di masa mendatang dan merugikan berbagai pihak yang bersengketa. 

4 dari 4 halaman

Tujuan Kerjasama Internasional Bisa Menghindari Konflik

5. Melengkapi Kebutuhan Negara

Salah satu tujuan kerjasama internasional adalah melengkapi kebutuhan negara. Setiap negara tentu memiliki  iklim serta keadaan alam yang berbeda-beda. Hal ini termasuk kondisi geografisnya juga mengakibatkan kebutuhan pada setiap negara juga berbeda. Indonesia sebagai negara agraris misalnya, yang tentu akan memiliki cadangan beras lebih banyak jika dibandingkan dengan negara industri lantaran mereka memiliki lahan pertanian lebih sedikit.  Kondisi seperti ini yang membuat kerjasama internasional antar negara perlu dilakukan guna mencukupi dan melengkapi kebutuhan negara masing-masing. 

6. Tingkatkan Kemajuan dalam Berbagai Bidang

Dapat meningkatkan kemajuan dalam berbagai bidang juga merupakan tujuan kerjasama internasional. Dengan adanya kerjasama internasional yang dilakukan ini, diharapkan dapat memajukan seluruh negara yang ada di dunia. Negara di dunia  juga akan maju secara merata dalam berbagai bidang. Mulai dari  bidang teknologi, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi.

7. Menghindari Konflik

Dengan melakukan kerjasama internasional, kemungkinan untuk konflik antar negara sangat kecil, dikarenakan dengan kerjasama yang dilakukan, akan banyak manfaat diperoleh. Contohnya dalam bidang sosial, kerja sama internasional bisa dilihat pada WHO. WHO merupakan organisasi atau lembaga yang berada di bawah naunggan PBB.

WHO memiliki tujuan untuk menyehatkan serta memberikan pertolongan dalam bentuk medis atau kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan. Sehingga kemungkin untuk berkonflik akan sangat kecil untuk dilakukan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.