Sukses

12 Wisata Pantai Jogja yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

Liputan6.com, Jakarta Wisata pantai Jogja sudah terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara. Yogjakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, tetapi juga sebagai salah satu kota destinasi wisata terfavorit di Jawa. Kota yang terkenal sebagai kota budaya ini memang menyajikan paket wisata yang komplit.

Kamu mau menikmati segarnya udara pegunungan, keindahan pantai, air terjun yang cantik, atau anda mau belajar sejarah dan budaya? Semuanya bisa ditemukan di Kota Gudeg ini.

Beberapa tahun belakangan, wisata pantai Jogja sedang naik daun. Ada banyak wisata pantai Jogja yang indah di wilayah selatan Yogjakarta. Wisata ini khususnya berada di di wilayah Kabupaten Gunung Kidul yang dapat menarik minat wisatawan. Beberapa di antaranya bahkan masih cukup terpencil dan masih belum banyak terjamah.

Wisata pantai Jogja sangat cocok sebagai destinasi wisata untuk melepas penat dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat karena kondisinya yang masih asri dan alami. Untuk mencapai pantai-pantai ini, pengunjung disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewanya dari kota Jogja untuk memudahkan mobilitas karena jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata pantai Jogja yang wajib untuk kamu kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com, Rabu (13/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja

1. Pantai Ngandong

Wisata pantai Jogja pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Ngandong. Pantai ini terletak di Gunung Kidul, tepat di sebelah Pantai Indrayanti. Pantai Ngandong masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena untuk mencapai pantai ini, kamu harus berjalan melewati jalan berbatu yang diapit oleh pepohonan.

Di Pantai Ngandong, anda akan disajikan pemandangan indah pantai yang diapit oleh 2 bukit batu karst di kedua sisinya dengan airnya yang jernih. Letak pantai Ngandong yang langsung mengarah ke Samudera Hindia dan agak condong ke Barat membuat pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan sunset.

Ombak di Pantai Ngandong cukup tenang sehingga aman untuk berenang di pantai. Di sana juga terdapat penyewaan baju snorkling bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan bawah laut. Kamu juga bisa menyewa perahu ataupun jetski untuk mengelilingi pantai ini.

2. Pantai Kesirat

Wisata pantai jogja kedua yang wajib kamu kunjungi ialah Pantai Kesirat. Pantai Kesirat terletak di Panggang, Gunung Kidul, tepat di sebelah Pantai Wohkudu. Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan membuat kondisinya masih asri dan alami.

Pantai Kesirat adalah sebuah pantai yang unik. Pantai ini berbentuk tebing bebatuan, sehingga di pantai ini anda hanya bisa menikmati keindahan laut selatan dari ketinggian saja. Akan tetapi, pantai ini adalah salah satu lokasi yang terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan sunset di sore hari. Anda juga bisa menghabiskan malam dengan berkemah di pantai ini.

3. Pantai Pulau Kalong

Bagi kamu yang menyukai tantangan, Pantai Pulau Kalong adalah tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Wisata pantai jogja ini terletak di Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini diberi nama Pulau Kalong karena di daerah ini terdapat banyak kalong atau kelelawar.

Pantai ini berupa tebing di pinggir laut, sehingga anda tidak bisa menikmati keindahan pasir pantai di sini. Untuk mencapai Pantai Pulau Kalong, anda harus menyebrang menggunakan jembatan gantung ataupun kereta gantung. Di sini anda akan disuguhi pemandangan laut lepas disertai deburan ombak besar yang menghantam karang-karang di bawah pantai. Pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset.

3 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja

4. Pantai Ngrawe

Kalau kamu ingin bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah, kamu bisa mengunjungi Pantai Ngrawe. Wisata pantai Jogja ini terletak di Kemadang, Gunung Kidul.

Wisata pantai Jogja ini memiliki konsep yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Di Pantai Ngrawe, anda akan disajikan pemandangan taman dengan pepohonan dan rerumputan hijau. Di sana juga disediakan bangku-bangku taman berwarna putih yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk dan bersantai. Di pantai ini juga terdapat berbagai spot foto yang instagramable.

5. Pantai Kukup

Wisata pantai Jogja berikutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Pantai Kukup. Pantai ini terletak di Kemadang, Gunung Kidul; kurang lebih sejauh 62 Km dari pusat kota Jogja atau 1-2 jam perjalanan.

Di Pantai Kukup anda bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih yang cantik serta pemandangan laut yang indah. Di samping itu, bukit-bukit karang yang terdapat di pantai ini menambah keindahan pemandangan yang disajikan oleh pantai yang telah populer di masyarakat ini. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai fasilitas seperti toilet, kamar mandi, dan warung makan.

6. Pantai Jogan

Wisata pantai Jogja selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Pantai Jogan. Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 74 Km dari pusat kota Jogja atau kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Pantai Jogan berbeda dengan pantai yang lainnya. Pantai ini tidak memiliki pasir putih yang cantik, bahkan tidak memiliki batas langsung dengan laut. Akan tetapi, di pantai ini anda dapat menikmati keindahan air terjun yang berada tepat di pinggir laut yang tingginya sekitar 10 meter. Selain bisa menikmati keindahan air terjun ini, anda juga bisa menikmati guyuran air terjun yang segar dengan menuruni tebing menggunakan tangga bambu.

4 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja

7. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok adalah wisata pantai Jogja yang masih belum seterkenal pantai-pantai lainnya. Nama pantai ini diambil dari tebing batu karang yang terdapat di sisi barat dan timur pantai ini yang berbentuk menyerupai kodok. Pantai ini terletak di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul; sekitar 70 Km atau 2 jam perjalanan dari kota Jogja.

Di pantai ini anda dapat menikmati keindahan pemandangan laut dan pasirnya yang berwarna putih. Pantai ini juga aman untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Anda juga bisa bermain voli di tepi pantai. Selain itu, anda juga bisa menghabiskan malam dan berkemah di pantai ini.

8. Pantai Wediombo

Wisata pantai Jogja berikutnya yang menarik ialah Pantai Wediombo. Pantai ini terletak di Kecamatan Pendowo, Gunung Kidul; jaraknya kurang lebih 80 Km atau sekitar 2-3 jam perjalanan.

Meskipun jaraknya yang cukup jauh, pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Di pantai ini anda akan disajikan pemandangan hamparan pantai pasir putih yang luas dan gugusan karang yang cantik. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini. Akan tetapi, anda dapat berenang di kolam alami atau laguna yang terbentuk dari gugusan karang.

9. Pantai Siung

Wisata pantai Jogja berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Siung. Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul; jaraknya sekitar 77 Km atau kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan dari kota Jogja.

Pantai Siung menawarkan segudang aktivitas untuk dinikmati oleh pengunjung. Di pantai ini anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang diapit oleh dua bukit karang serta cantiknya pemandangan laut yang bersih dan alami. Pengunjung bisa menjelajahi pantai, berenang, dan bermain pasir di pantai ini. Selain itu, anda juga bisa naik ke atas tebing yang mengapit pantai ini dan menikmati keindahan laut dan pantai dari ketinggian. Bagi para pecinta olahraga panjat tebing, anda juga bisa melakukan olah raga tersebut di pantai ini. Selain itu, anda juga bisa berkemah, menghabiskan malam di Pantai Siung.

5 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja

10. Pantai Goa Cemara

Wisata pantai Jogja selanjutnya yang menarik untuk kamu kunjungi ialah Pantai Goa Cemara. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di barat Pantai Parangtritis yang terkenal.

Di pantai ini terdapat hutan hijau yang luas yang dipenuhi oleh pohon cemara. Lebatnya pohon cemara yang tumbuh di pantai ini membentuk lorong-lorong hijau yang cantik dan cocok untuk dijadikan spot foto. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari atas mercusuar setinggi 40 meter yang terdapat di pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga terdapat berbagai warung makan yang menyajikan berbagai hidangan khas seperti mie lethek ataupun hidangan seafood yang bisa anda nikmati.

11. Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu adalah pantai lain di Bantul yang dipenuhi dengan pohon cemara. Karena banyaknya pohon cemara di pantai ini, maka pantai ini diberi nama Cemoro Sewu. Wisata pantai jogja yang satu ini cocok untuk dikunjungi kalau kamu ingin bersantai dan melepas penat.

Di pantai ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan pantai saja. Pengunjung juga bisa mengelilingi pantai menggunakan delman, ATV, ataupun jeep. Di Pantai Cemoro Sewu juga tersedia berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak seperti perosotan dan kuda-kudaan. Kalau kamu capek, kamu juga bisa menyewa hammock untuk bersantai sembari menikmati suara deburan ombak di pantai.

12. Pantai Depok

Wisata pantai Jogja lainnya yang dapat kamu kunjungi ialah Pantai Depok. Pantai ini terletak di Bantul, tidak jauh dari Pantai Parangtritis.

Pantai Depok terkenal dengan sajian seafood-nya. Pantai ini dipenuhi dengan warung-warung yang menjual seafood. Anda dapat menghabiskan waktu menikmati pemandangan pantai dan laut yang indah sembari menikmati kelezatan berbagai hidangan laut yang disajikan. Selain itu, di wilayah pantai ini juga terdapat gumuk pasir yang sangat luas dan menarik sebagai tempat berfoto.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS